10 Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Disinggahi Segera

Tempat Wisata di Lombok- Nah buat kamu yang sudah bosan dengan Pulau Bali, kamu bisa mendarat ke sebelah barat. Disana ada satu pulau yang tak kalah eksotisnya, yaitu Pulau Lombok. Lombok merupakan pulau yang berada di Kepulauan Sunda Kecil, yang terpisahkan oleh 2 selat.

Tempat usaha Anda belum tercatat di web ini? Hubungi kami di sini.

Sama dengan Bali, pulau ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Lombok yang wajib kamu singgahi segera :

  1. Taman Wisata Pusuk Sembalun
tempat wisata di Lombok
Source:backpackerjakarta.com

Nah buat kamu yang ingin melihat pemandangan kabut dan awan khas Gunung Rinjani tanpa mendaki, kamu bisa mengunjungi Taman Wisata Pusuk Sembalun. Lokasinya berada di Jalan Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur.

Berada di ketinggian sekitar 1.250 mdpl, untuk bisa menuju ke Pusuk Sembalun kamu tetap harus berjalan kaki. Tenang saja, selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat menarik, mulai perbukitan hingga kebun strawberry. Sampai di Pusuk, pemandangan eksotis Gunung Rinjani akan kamu peroleh. Buat kamu yang membawa makanan, berhati-hatilah karena banyak monyet jail yang berkeliaran.

  1. Gua Bangkang
tempat wisata di Lombok
Source : firstlomboktour.com

Pernah melihat film Indiana Jones ? Di film tersebut ada satu spot gua yang sangat eksotis. Sama dengan di film, di Lombok juga terdapat gua yang sangat menarik. Namanya Gua Bangkang, yang berada di Desa Bangkang, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Meskipun sudah berusia ratusan tahun, namun keeksotisan Gua Bangkang wajib kamu jamah. Selain sebagai tempat wisata, gua ini juga dijadikan rumah oleh kelelawar.Nah jika kamu berencana kesini, sebaiknya sebelum matahari terbenam. Karena pemandangan spektakuler akan kamu peroleh.

  1. Bukit Pergasingan
tempat wisata di Lombok
Source: liburmulu.com

Bukit Pergasingan merupakan tempat wisata di Lombok yang wajib kamu jamah, lokasinya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Bukit ini termasuk destinasi favorit wisatawan yang berlibur ke Lombok. Pemandangan warna-warni persawahan, dan sekilas kemegahan Gunung Rinjani adalah suguhan terbaik Pergasingan.

Bukit Pergasingan merupakan jalan alternatif untuk mendaki Gunung Rinjani, dengan ketinggian 1.700 mdpl. Untuk bisa mencapai bukit, kamu harus mendaki sekitar 600 meter, dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Berlibur ke bukit ini, kamu disarankan untuk bermalam. Agar kamu bisa melihat keindahan sunrise di Pulau Lombok. Untuk tiket masuknya, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000/orang.

  1. Pantai Semeti
tempat wisata di Lombok
Source: lombokbulamadu.com

Ingin singgah ke Planet Krypton ? Nah jika pengen, kamu bisa mengunjungi Pantai Semeti yang berlokasi di Prabu, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Atau sekitar 5 Km kearah timur Pantai Selong Belanak.

Baca juga  Candi Sukuh, Erotisme The Last Temple dari Karanganyar

Pemandangan batuan karang di Semeti menyerupai kristal yang ada di Planet Krypton, selain itu tepat ditengah laut ada batuan karang yang membentuk piramida. Untuk menikmati keindahan Pantai Semeti, kamu membutuhkan perjuangan yang ekstra, karena kamu harus melewati jalanan berbatu kasar. Bahkan kamu harus memanjat sekitar 20 meter untuk bisa ke sisi lain karang, disitulah pemandangan khas Semeti akan ditemukan.

  1. Air Terjun Tiu Kelep
tempat wisata di Lombok
Source: dilombok.com

Wisata di lombok berikutnya berada di tempat terpencil dan tersembunyi, yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Lokasinya berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara atau sekitar 3 jam dari Kota Mataram. Untuk bisa sampai di lokasi, kamu harus menyusuri hutan lebat. Nah agar tidak tersesat, kamu bisa meminta warga sekitar untuk menemani perjalananmu.

Selama perjalanan kamu harus menaiki ribuan anak tangga, dan melewati jematan beton. Saat berada di jembatan, kamu harus berhati-hati karena pegangannya hanya ada satu dan itupun sudah ditumbuhi lumut.

Air Terjun Tiu Kelep, memiliki ketinggian air sekitar 45 meter, dan tepat dibawahnya juga terdapat kolam yang berair jernih. Disini kamu bisa berenang sepuasnya, dan konon berenang di kolam ini bisa membuat kamu awet muda.

  1. Tanjung Poki
tempat wisata di Lombok
Source: upiono.blogspot.com

Ingin melihat gelombang besar yang bisa mencapai tsunami sekitar 10 meter ? Berkunjung saja ke Tanjung Poki, yang berlokasi di Sekaroh, Lombok Timur. Berwisata ke destinasi wisata di lombok ini, kamu bisa menikmati keindahan alam ditemani ombak yang sangat besar.

Kamu harus berhati-hati, karena gelombang besar ini sangat berbahaya. Sayangnya berlibur kesini, kamu tidak diperbolehkan berenang, tetapi kamu bisa memancing sepuasnya. Bahkan setiap minggunya, ada perlombaan memancing disini. Jangan lupa membawa kamera, untuk mengambil foto dengan background gelombang besar.

  1. Pantai Jagog Dalem
tempat wisata di Lombok
Source: upiono.blogspot.com

Untuk destinasi yang satu ini tergolong sepi, karena belum banyak wisatawan yang menjamahnya. Pantai Jagog Dalem merupakan pantai unik yang memiliki perpaduan antara karang dan bukit, lokasinya berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

Pantai ini memiliki ciri khas yang mencolok, yaitu terdapat batuan tajam yang menjulang di tepi pantai. Garis Pantai Jagog Dalem sangat pendek dan arusnya cukup besar, sehingga wisatawan tidak disarankan untuk berenang.

Meskipun tidak bisa berenang, namun kamu bisa jacuzzi di kolam alam yang berada disini. Berendam di kolam air laut yang bening, dan tak begitu dalam akan membuat wisata di pantai ini semakin menyenangkan. Jika kamu berencana mengunjungi Pantai Jagog Dalem, kamu harus membawa kendaraan sendiri, karena disekitar pantai tidak ada angkutan umum.

  1. Tanjung Bloam
Baca juga  Segera Kunjungi 10 Pilihan Wisata di Bogor yang Instagramable Sekali
tempat wisata di Lombok
Source: wisatadilombok.com

Berlokasi di Jalan Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Destinasi wisata di lombok ini tidak banyak yang tahu, bahkan diharaukan. Tanjung Bloam, merupakan tempat wisata yang memiliki pesona alam bak surga dunia.

Point of view di tanjung ini yaitu pesona tebing yang mengapit, dan batuan karang yang berada diluar garis pantai. Selain itu Tanjung Bloam juga merupakan kawasan konservasi binatang penyu. Selain pemandangan, suguhan lain dari pantai ini adalah ombak yang menantang. Buat kamu yang hobi berselancar, bisa memuaskan hobimu di pantai ini. Atau kamu bisa berenang bersama penyu-penyu yang lucu.

Namun untuk akses jalannya, kamu membutuhkan tenaga yang lebih. Kamu harus membawa bekal makanan, memakai tas anti air, dan sepatu yang tahan licin.

  1. Pantai Antak-Antak
tempat wisata di Lombok
Source: tripcanvas.com

Tahu Pantai Pink ? Nah satu lokasi dengan pantai tersebut, terdapat satu pantai yang masih perawan. Yaitu Pantai Antak-Antak. Berada di Desa Sekaroh, Kabupaten Jerowaru, Lombok Timur.

Pantai perawan ini wajib masuk di list liburan Lombok kamu, kenapa ? Karena keindahan pantainya tak ada yang menyaingi. Di pantai ini terdapat banyak kolam renang alami yang terbentuk oleh batuan karang, dan cukup besar. Buat kamu yang punya adrenalin besar, bisa melompat dari batu karang.

  1. Taman Wisata Sesaot
tempat wisata di Lombok
Source: apwtour.com

Rekomendasi tempat wisata di Lombok yang terakhir, ialah Taman Wisata Sesaot. Kawasan ini merupakan hutan lindung yang sebagian masih sangat alami, bahkan ada sekitar 40 mata air yang mengalir dari Pegunungan Rinjani. Air sungai disini dipercaya masyarakat sasak sangat skaral.

Hutan lindung di Sesaot dibagi menjadi 3, Hutan Primer, Sekunder, dan Budidaya. Selain berjalan-jalan di hutan, kamu bisa berkemah di tengah-tengah hutan. Ditemani ribuan burung yang akan menyambut pagimu dengan kicauannya.

Selain itu kawasan wisata ini juga terdapat tumbuhan durian yang usianya sudah ratusan tahun lho. Di Taman Wisata Sesaot, kamu gak usah khawatir kelaparan, karena banyak warung-warung makanan khas Lombok yang enak dan murah meriah.

 

Gimana masih gak yakin mau berlibur ke Lombok ? Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Lombok yang wajib kamu singgahi segera. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here