Tempat Wisata di Jawa Timur yang Harus Anda Kunjungi

Mengisi waktu liburan dengan berwisata adalah salah satu cara untuk membangun keluarga kecil anda lebih bahagia. Namun tak jarang juga bila anda kesulitan mencari tempat wisata karena dirasa semua sudah pernah anda kunjungi bukan?

Bagi anda yang di jawa timur bahkan di luar jawa timur, bisa melihat daftar kawasan wisata apa saja sih yang bisa anda kunjungi ketika liburan tiba di bawah ini.

Jawa timur memiliki kawasan wisata lengkap mulai dari daratan, lautan hingga pegunungan. Dari medan paling ekstream hingga yang biasa saja. Dari wisata alam hingga wisata modern. Semua terangkum jelas dibawah ini dan akan membantu anda dalam menentukan pilihan.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Jawa Timur :

Jawa Timur Park Group.

Mengapa kita sebut Jawa Timur Park Group? Yang kita tahu selama ini adalah Jawa Timur Park 1, Jatim Park 2 saja. Padahal bila di telusuri lebih dalam lagi, Jawa Timur Park Group memiliki sekitar 12 tempat wisata yang disuguhkan untuk anda. Namun dari ke 12 tempat wisata tersebut, ini dia yang paling terkenal.

  • Jawa Timur Park 1
tempat wisata di Jawa Timur
Source: wisatapedi.com

Jatim Park 1 adalah yang paling kita kenal karena jatim park 1 sudah dari dulu berdiri dan tetap menjadi favorit ketika anda berkunjung ke Batu. Sangat mudah untuk menuju tempat ini, dari kota Malang anda harus menuju ke arah kota Batu, sesampai di kota Batu akan sangat mudah menemukannya karena banyak plang informasi yang menunjuk ke tempat tersebut, anda hanya tinggal mengikutinya saja. Jatim park 1 menonjol dengan wahana belajarnya.

Di jatimpark 1 akan ada banyak pelajaran untuk anak mulai dari rumah adat seluruh Indonesia dan pengenalan budaya – budaya lainnya hingga edukasi dari kimia hingga fisika. Tidak hanya itu, wahana bermain yang cukup ekstream juga tersedia untuk me refresh otak anda mulai dari rollescoaster hingga bom bom car bahkan rumah hantu dan rumah – rumah wahana lainnya. Bagi yang lelah bermain juga tersedia kolam renang yang cukup luas.

Masalah tempat berteduh, konsumsi dan tempat oleh – oleh, anda tidak perlu khawatir, karena jatimpark 1 menyediakan itu semua untuk anda. Tarif weekday (senin – kamis) adalah 60.000 rupiah. Sedangkan untuk weekend anda harus membeli tiket seharga 80.000. harga tiket tersebut sudah membayar semua wahana yang ada di jatimpark 1. Anda dapat menikmati bermain dan belajar di jatimpark 1 mulai pukul 10.00 hingga 16.00

  • Jawa Timur Park 2
tempat wisata di Jawa Timur
Source: dolandolen.com

Selanjutnya dari Jawa Timur Park Group adalah Jatimpark 2. Letaknya tidak jauh dari jatimpark 1, bahkan bisa dibilang ini terletak di belakang jatimpark 1. Wahana yang menonjol di jatimpark 2 adalah satwa. Satwa lengkap disajikan disini mulai dari yang masih hidup sampai yang sudah meninggal dan di awetkan.

Museum satwa Internasional dan Batu Secreet Zoo bisa anda temukan ketika memasuki jatimpark 2. Yang paling seru lagi, sekarang ada kereta yang siap mengantar anda keliling untuk berkunjung di hewan jinak alam bebas untuk memberinya makan layaknya di taman safari.

Wahana – wahana pendukung lain juga tersedia disini mulai dari wahana bermain hingga rumah hantu. Untuk dapat menikmati semua itu anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 75.000 pada weekend dan 105.000 pada weekday. Jam buka jatimpark 2 adalah mulai pukul 10.00 hingga 16.00 wib.

  • BNS (Batu Night Spectacular)
tempat wisata di Jawa Timur
Source: wisatajatim.info

BNS terletak tidak jauh dari Jatimpark 2. BNS juga termasuk salah satu dari anggota Jawa Timur Park Group. Wahana yang ditawarkan untuk anda disini antara lain adalah lampion garden, mini marry gorund, fountain, art trick, graviton, dan wahana – wahana lainnya. Yang paling asik disini adalah naik sepeda udara, karena anda bisa melihat indahnya kota Batu pada malam hari dengan bersepda di atas. Pada weekday anda membeli tiket seharga 20.000 saja, sedangkan weekend seharga 30.000. BNS buka mulai pukul 15.00 hingga 23.00.

  • Eco Green Park
tempat wisata di Jawa Timur
Source: jejakpiknik.com

Eco green park juga terletak di sekitar kawasan jatimpark. Eco green park terkenal dengan jargonnya yaitu fun and study. Pengunjung bisa mempelajari banyak hal disana dengan suasana yang menyenangkan seperti bermain.

Baca juga  Borobudur, Candi Megah Penuh Nilai Sejarah

Banyak wahana yang bsia dinikmati seperti  dunia ayam,  pengolahan sampah, rumah jamur dan wahana – wahana air. Untuk harga tiket masuknya adalah 40.000 pada weekday dan 60.000 pada weekend.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

tempat wisata di Jawa Timur
Source: bromotenggersemeru.org

Yang satu ini akan mengajak anda berwisata ke alam terlebih untuk melihat sunset. Yang paling fenomenal di tempat ini adalah penanjakan dan ranu kumbolo. Namun banyak sekali sebenarnya wahana yang di tawarkan. Ada pasir berbisik, bukit teletubbies hingga air terjun madakaripuro.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di 4 Kabupaten yaitu kabupaten Malang, kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan kabupaten Lumajang. Rute paling asik untuk menuju Taman Nasional ini adalah melalui kabupaten Malang menuju kecamatan Tumpang. Bahkan bila anda beruntung anda bisa melihat deretan kebun edelweis, si bunga yang konon tak bisa mati.

Upacara adat kasodo juga kerap terlihat di gunung tengger. Jadi bila anda ingin menikmati keindahan matahari anda bisa menuju ke Bromo, kalau anda ingin menikmati acara – acara adat, anda bisa langsung menuju ke tengger. Dan bila anda suka berpetualang terutama pendakian, anda bisa langsung menuju ke semeru.

Tentunya harga tiket masuk bervariasi. Saya sarankan untuk booking online saja dahulu karena kuota pengunjung setiap hari di batasi untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

  • Kawah ijen
tempat wisata di Jawa Timur
Source: wisatalova.com

Kawah ijen terletak di kabupaten banyuwangi jawa timur. Walaupun wisata ini akan membuat kita takjub, tapi dimohon wisatawan untuk berhati – hati karena kawah ijen merupakan kawah yang memiliki tingkat keasaman paling tinggi sehingga untuk melarutkan tubuh manusia hanya memerlukan waktu yang sebentar saja.

Kawah ijen merupakan danau luas dengan warna hijau dan bau belerang yang eksotis. Bunga edelweis dan pohon cemara akan seiring menemani wisata anda kesana. Yang tak harus anda lewatkan adalah si api biru yang muncul ketika malam hingga dini hari di kawah ijen.

Untuk menuju kesana, anda harus menuju kota banyuwangi terlebih dahulu, kemudian menuju daerah licin sampai pal tuding. Setelah pal tuding anda akan menemukan ijen.

Pantai laut selatan

tempat wisata di Jawa Timur
Source: tempo.co

Pantai laut selatan di jawa timur termasuk pantai – pantai eksotis yang menggugah hati para wisatawan. Terutama di kabupaten Malang, yang paling populer sekarang adalah pantai 3 warna. Disebut pantai 3 warna karena memang dilihat dari kejauhan akan menampilkan 3 warna di bagian pantai hingga lautnya. Bahkan bila beruntung anda kaan melewati kawasan penyu yang sedang bertelur.

Pantai laut selatan memang ombaknya sangat menggugah karena berhadapan langsung dengan samudra hindia. Sehingga pantai – pantai di jawa timur khususnya pantai laut selatan seakan berlomba menunjukkan keindahannya masing – masing walau dengan ciri khas yang sama yaitu ombak yang cukup tajam.

Pantai Sipelot, lenggoksono dan banyu anjlok adalah pantai – pantai terkenal di tirtoyudho hingga lumajang. Di kabupaten malang ada pantai sendang biru, bajul mati, tiga warna, bale kambang, ngliyep, kondang merak, go china, tamban dan banyak pantai lainnya. Tanjung papuma dan watu ulo ada di jember, teluk ijo, sukamade dan pulau merah ada di banyuwangi, dan masih banyak lagi lainnya.

Air terjun

tempat wisata di Jawa Timur
Source: traveller-post.com

Air terjun merupakan wisata yang terhitung tidak berbahaya untuk di kunjungi. Beberapa daerah menyuguhkan air terjun yang sangat menggoda. 3 kabupaten di jawa timur ini yang paling bisa menggugah hati para wisatawan dalam hal air terjun. Pertama adalah kabupaten malang, di kota batu, terdapat air terjun coban talun, coban rondo, dan coban rais.

Coban talun terletak di jalan menuju pemandian cangar, coban rais ada di balik bukit panderman, sedangkan coban rondo terletak di arah menuju Jombang via kota batu. Kabupaten lumajang menyuguhkan coban sewu yang memiliki ciri khas air terjun yang banyak tidak seperti coban – coban lain pada umumnya. Kabupaten pasuruan menyuguhkan air terjun Nyonya dan Air terjun Kakek Bondo.

Baca juga  Swiss-Belinn Saripetojo: Profil 10 hotel pilihan di Solo (4)

Candi

Sebagai provinsi tempat wisata di Jawa Timur, tentunya jawa timur juga menyuguhkan wisata budaya bagi anda semua, salah satunya adalah candi. Tahukan anda candi – candi apa saja yang bisa anda nikmati di Jawa Timur?

  • Candi Jago Malang
tempat wisata di Jawa Timur
Source: dictio.id

Candi jago terletak di kecamatan tumpang, tepatnya di desa jago. Sering disebut sebagai candi tumpang. Walaupun candi ini masih berupa reruntuhan dan belum sempat di pugar sepenuhnya, namun boleh lah kalau sekedar di pakai tempat wisata berfoto. Arca berupa kepala raksasa setinggi 1 meter kerap di jadikan objec foto yang menarik.

  • Candi Panataran Blitar
tempat wisata di Jawa Timur
Source: nnoart.com

Kalau candi jago terletak di malang, berbeda dengan candi panataran. Candi panataran terletak di kaki gunung kelud kabupaten blitar. Di desa panataran kecamatan nglenggok. Gerbang terletak di bagian barat.

Di susul dengan elataran depan, pelataran tengah, pelataran dalam. Disini terdapat kolam pemujaan dan kolam untuk mandi yang cukup luas, yang konono katanya memiliki mistis yang cukup kuat.

  • Candi Singasari Malang
tempat wisata di Jawa Timur
Source: wikipedia.org

Seperti namanya, candi Singasari terletak di kecamatan singasari kota Malang. Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota malang. Candi cangkup dan candi menara adalah sebutan lain dari candi singasari. Candi ini terbentuk dari legenda dinasti singasari.

Museum kerap menjadi salah satu tempat wisata edukasi. Bila di hitung – hitung ada 21 museum di jawa timur. Dari 21 museum tersebut, ada salah satu museum yang lumayan melirik mata, yaitu museum loka jala crana Surabaya.

Museum ini terletak di AAL Surabaya. Koleksi dan fasilitasnya cenderung ke bagian laut dan perbintangan. Bahkan ada fasilitas planetarium yang akan memanjakan mata seakan kita sedang berada di malam gelap tepat di bawah bintang – bintang yang indah.

Kebun teh Wonosari Malang

tempat wisata di Jawa Timur
Source: photomalang.com

Tidak hanya Bandung, Jawa Timue pun juga punya yang dinamakan kebun teh. Salah satunya adalah Kebun Teh Wonosari. Kebun teh Wonosari terletak di kaki gunung Arjuna kecamatan Lawang Kabupaten Jawa Timur.

Dari arah kota malang, anda hanya harus melanjutkan perjalanan ke arah kota surabaya. Lawang terletak setelah kecamatan singosari. Tidak hanya kebun teh saja, ternyata ada wisata keluarga yang terdiri dari permainan anak, kolam renang, tour lahan, dan lain – lain. Masalah tempat singgah dan konsumsi? Anda tidak perlu khawatir, sangat terjamin adanya dua hal tersebut.

Taman Nasional Baluran Situbondo

tempat wisata di Jawa Timur
Source: paketwisata.id

Taman nasional baluran letaknya di kabupaten Situbondo. Harga masuk kesini terhitung murah. Cukup 2.500 untuk dalam negeri, dan 20.000 untuk wisatawan luar negeri. Apa saja yang di tawarkan baluran untuk wisatawan? Dengan luas wilayah yang berhektar- hektar, padang savana bekol menjadi salah satu icon terkemuka yang dimiliki baluran.

Disini terdapat padang tanaman yang luas dengan beberapa hewan yang menghuni dengan bebas. Ketika lelah mulai menghampiri, pantai Bama menjadi pantai paling eksotis di taman nasional baluran. Tidak hanya itu, anda bisa menikmati salah satu hewan yang cukup langka sekarang, yaitu merak.

Masjid Tiban Turen, Malang

tempat wisata di Jawa Timur
Source: oknusantara.com

Masjid Tiban sering disebut sebagai masjid ajaib dan masjid jin. Masjid tiban terletak di kecamatan Turen kabupaten malang, tepatnya di desa Sanan. Masjid ini sangat megah dan besar. Konon pembangunan masjid ini juga mengikutsertakan mistis dari Nyi Roro Kidul. Memasuki masjid Tiban tidak di pungut biaya sedikitpun. Dari kota Malang, anda harus menuju ke arah kecamatan Turen.

Sampai desa Kedok, anda akan menemukan pertigaan untuk menuju masjid Tiban. Dari pertigaan tersebut hanya berjarak kurang lebih 1.5 km.  Selain sebagai tempat wisata religi, ternyata anda juga bisa menginap secara Cuma – Cuma disana. Tempat berburu oleh – oleh dan makanan sekedar di konsumsi pun banyak di sediakan dengan harga yang sangat murah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here