Surga Tersembunyi Di Lampung, Teluk Kiluan Yang Wajib Dikunjungi

Ingat kumpulan lumba – lumba pasti ingat teluk kiluan. Teluk kiluan atu di kenal juga sebagai pulau kiluan terletak di desa kiluan negeri yang berada di kecamatan kelumbayan, tepatnya di kabupaten tanggamus kecamatan lampung di pulau sumatera.

Teluk Kiluan
Source : Yopiefranz.com

Menikamti tarian ratusan lumba – lumba di laut lepas bukan hal mustahil yang akan anda dapatkan sesampai di teluk kiluan. Keindahan biru laut yang di temani pasir putih pantai serta hamparan hijau bukit – bukit yang mengelilinginya akan membuat kita berdetak takjub akan paduan ciptaan Tuhan yang satu ini.

Ada dua species lumba – lumba yang bisa kita nikmati disini, lumba – lumba hidung botol dan lumba – lumba paruh panjang. Lumba – lumba tersebut akan segera menghampiri perahu anda ketika anda mulai memasuki perairan laut teluk kiluan seakan berlomba saling menunjukkan keakrabannya kepada manusia.

teluk kiluan
Source : malahayati.ac.id

Tak hanya pesona dari lautnya, di balik bukit hijau teluk kiluan anda akan menemukan kolam renang alami  yang disebut dengan laguna gayau. Selepas anda menggali penat, anda bisa beristirahat di pulau kelapa yang bisa anda tempuh dengan waktu sekitar seperempat jam dengan menggunakan jukung dari desa kiluan.

Baca juga  Tempat Wisata di Jawa Timur yang Harus Anda Kunjungi

Di pulau kelapa ini pun anda bisa melakukan snorkeling untuk menikmati berbagai macam ikan hias dan bintang laut biru. Dan pada sore hari, silahkan memanjakan diri anda dengan menikmati kehangatan dan keindahan sunset yang di tawarkan oleh teluk kiluan. Masalah tempat bersinggah, anda juga tidak perlu khawatir, di pinggiran pantai telah banyak tempat bersinggah dengan berbagai tipe dan fasilitas.

teluk kiluan
Source: jejakpiknik.com

Lalu bagaimana kita bisa sampai kesana? Sangat mudah sekali, kita hanya perlu pergi ke jakarta tepatnya untuk menuju pelabuhan tanjung perak menuju pelabuhan bahaheuni untuk menyeberangi selat sunda menuju ke lampung.

Anda akan melakukan perjalanan penyeberangan tersebut sekitar 3 hingga 4 jam. Setelah itu bisa anda lanjutkan menuju bandar lampung dan ke desa kiluan. Dari bandar lampung ke desa kiluan anda memerlukan waktu sekitar 5 jam.

teluk kiluan
travel.tribunnews.com

Dari bandar lampung, anda harus berjalan menuju ke arah padang cermin hingga bertemu dengan pangkalan TNI AL yang berada di persimpangan, pilih lah jalur kiri yang menuju ke bumi marinir ( karena kalau anda ke kanan, akan menuju ke arah kedondong). Lanjutkan perjalanan anda hingga ke pasar bawang yang juga memiliki persimpangan.

Baca juga  Menikmati Hawaii-Nya Kota Sabang, Pantai Sumur Tiga

Sekarang ambil lah arah kanan hingga menemui persimpangan yang terakhir dan mengambil arah kiri hingga menemui gapura teluk kiluan. Lanjutkan perjalanan anda menuju kecamatan punduh pidada selama kurang lebih satu jam yang akhirnya menemukan desa bawang. Hati – hati dalam berkendara, karena perjalanan menuju teluk kiluan sedang dalam masa perbaikan. Tanjakan pun lumayan tajam.

teluk kiluan
Source : piknikasik.com

Anda bisa memilih paket 7 orang atau pergi per orangan. Sebelum berangkat saya sarankan anda memakai biro  perjalanan wisata bila anda bukan orang daerah tersebut karena di khawatirkan  akan salah jalan. Selamat berwisata dan tetap waspada terhadap jalan dan cuaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here