Pesona Tempat Wisata Owabong Purbalingga yang Harus Kamu Jamah Segera

Tempat Wisata Owabong Purbalingga – Merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Purbalingga masih belum menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan. Namun ternyata di kabupaten ini terdapat satu lokasi wisata yang sangat recommended, untuk dikunjungi bersama keluarga. Yap Wisata Owabong lah yang dimaksud.

Owabong atau Objek Wisata Air Bojongsari, merupakan salah satu tempat wisata di Purbalingga, yang sudah ada sejak jaman Belanda. Wisata ini menawarkan wahana bermain air, yang bisa dinikmati oleh semua kalangan usia, cocok juga untuk berpiknik bersama keluarga besar.

Tempat Wisata Owabong Purbalingga
Souce: idtempatwisata.com
  1. Sejarah Owabong

Pada awalnya wisata ini merupakan sebuah kolam renang pribadi milik warga Belanda, yang dibangun pada tahun 1946. Namun setelah Belanda sudah tidak ada di Indonesia, kolam renang pribadi ini diambil alih oleh warga Tionghoa, Kwi Sing.

Di Tahun 2004, kolam renang pribadi ini dibeli oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga, dan dijadikan sebagai tempat wisata air keluarga. Awal dibuka luas lahan wisata hanya 1 Ha saja, namun seiring berjalannya waktu luas lahan bertambah menjadi 4,8 Ha. Pada tanggal 1 maret 2005. Tempat wisata owabong purbalingga resmi dibuka untuk wisata umum.

  1. Fasilitas Owabong
Tempat Wisata Owabong Purbalingga
Source: wiratourjogja.com

Tempat wisata owabong purbalingga memiliki keunikan sendiri, dalam pembagian zona atau wilayah wahananya. Berikut pembagian zona wahana yang ada di Objek Wisata Air Bojongsari :

  • Zona Waterpark Utama : Di zona ini kamu dan keluarga bisa bersantai, sambil bermain wahana air di owabong. Zona Waterpark Utama memiliki beberapa macam kolam renang, yaitu Kolam Ombak Segara, Kolam Sesat, dan Kolam Olympic yang sudah berstandart internasional.
Baca juga  Serunya Bermain di Tempat Wisata Hawai Malang yang Gak Boleh Terlewatkan
Tempat Wisata Owabong Purbalingga
Source: oknusantara.com

Selain itu disini anak-anak juga bisa bermain di waterboom yang berketinggian sekitar 13 meter, dan merupakan waterboom tertinggi di Jawa Tengah. Di zona Waterpark Utama juga terdapat pantai bebas tsunami, Kanal Arum, Kolam Air Hangat, Kolam Akhir, Kolam Terapi Ikan, dan Kolam Ember Tumpah.

  • Zona Sanggaluri : Untuk di zona ini wisatawan bisa bermain di wahana permainan yang seru. Disini kamu akan menemukan Taman Kelinci, Labirin, Rumah Kaca, dan Rumah Gempa.
  • Zona Usman Janatin : Sama dengan Sanggaluri, di zona ini banyak wahan bermain yang bisa kamu nikmati. Seperti Bombom Car, dan kereta mini untuk anak-anak.
  • Zona Cottage : Berbeda dengan ketiga zona sebelumnya, Zona Cottage lebih menawarkan wisata berpaket. Ada paket fun game menginap, Outbond menginap, pelajar, dan paket body rafting yang cukup murah.

Tak hanya memiliki zona bermain yang seru, tempat wisata owabong purbalingga juga sudah dilengkapi fasilitas – fasilitas umum, mulai restoran, kamar mandi, kamar bilas, kamar ganti, dan toilet yang nyaman dan bersih.

Tempat Wisata Owabong Purbalingga
Source: wartanasional.com
  1. Alamat dan Akses Menuju Owabong

Untuk kamu yang sudah berencana menghabiskan liburanmu bersama keluarga di tempat wisata ini, kamu bisa langsung meluncur ke Desa Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Lokasi ini sangat mudah ditemukan, karena berada di jalur yang sangat startegis.

Akses menuju Owabong juga sudah tersedia dengan baik, jalannya sudah beraspal mulus, dan sudah terdapat papan-papan penunjuk arah menuju tempat wisata owabong purbalingga ini.

  1. Harga Tiket Masuk dan Wahana Wisata
Baca juga  8 Pilihan Tempat Wisata di Ambarawa yang Harus Kamu Kunjungi Segera

Nah selain harus tahu lokasinya, kamu juga harus tahu berapa harga tiket masuknya. Biar kamu bisa mempersiapkan sebelum berangkat. Untuk tiket masuk Owabong, pada hari senin sampai jumat sekitar Rp. 15.000/orang, sedangkan hari sabtu, minggu, dan hari libur sekitar Rp. 25.000/orang.

Namun jika ingin menikmati wahana-wahana di tempat wisata owabong purbalingga, kamu harus merogoh kocek kembali. Berikut wahana bertarif yang ada di owabong :

  • Flying Fox sekitar Rp. 15.000/orang
  • Pesawat Fokker sekitar Rp. 7.000/orang
  • Teater 4 dimensi sekitar Rp. 20.000/orang
  • Kolam Terapi Ikan dan Kolam Air Hangat sekitar Rp. 15.000/orang
  • Buggykart sekitar Rp. 50.000/orang
  • Jet Coaster sekitar Rp. 10.000/orang
  • Gokart sekitar Rp. 50.000/orang
  • Jet Sky sekitar Rp. 15.000/orang
  • Dan Pelamung Ring sekitar Rp. 15.000/orang

Jika kamu ingin lebih hemat lagi, Owabong juga menawarkan Paket Outbond. Harganya sekitar Rp. 150.000 – Rp. 350.000/orang. Paket ini sudah termasuk makan dan snack. Dengan paket ini kamu sudah bisa bermain di wahana Owabong sepuasnya.

 

Udah gak penasaran lagi kan sama tempat wisata owabong purbalingga ? Segera susun rencana liburan kamu, dan jangan lupa untuk masukkan Owabong ke list liburanmu. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here