Pesona Alami Tempat Wisata Kopeng Magelang yang Menyejukkan Hati

Tempat Wisata Kopeng Magelang – Hal apa yang pertama terlintas di pikiranmu, tentang Jawa Tengah ? Yap pasti tentang wisatanya. Propinsi ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu pilih, untuk menghabiskan akhir pekan.

Salah satu lokasi wisata yang saat ini sedang ramai dibicarakan, ialah Salatiga. Di Kota ini ada satu destinasi yang harus kamu kunjungi segera, Wisata Kopeng. Wisata ini berada di ketinggian 1. 450 mdpl, dan tepat dibawah lereng Gunung Merbabu.

Meskipun secara administrasi tempat wisata kopeng magelang berada di Kabupaten Jawa Tengah, namun karena jaraknya yang sekitar 14 Km dari Salatiga, maka banyak wisatawan mengira destinasi ini berada di Kota Salatiga.

Berada di bawah lereng gunung, membuat Wisata Kopeng memiliki nuansa yang alami, dan udara yang sangat sejuk. Kopeng merupakan tempat berlibur yang cocok bersama keluarga atau teman-teman terdekatmu. Apalagi jika kamu suka dengan wisata yang berbau alam.

Selain udara yang sejuk, Wisata Kopeng juga memiliki beberapa spot menarik, dan pastinya sangat instagramable. Berikut 4 spot terinstagramable di tempat wisata kopeng Magelang :

tempat wisata kopeng magelang
Source: infokopeng.blogspot.com
  • Taman Wisata Kopeng : Spot pertama yang ada di Wisata Kopeng, yaitu Taman Wisata Kopeng. Di taman wisata ini, kamu bisa mencoba berbagai wahana seru, seperti waterpark, playground, camping, serta outbond. Disini juga tersedia beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati. Mulai dari billiard, restoran, resort, dan karaoke.

Jika kamu ingin menguji nyali, kamu bisa mencoba flying fox setinggi 12 meter. Atau yang lebih menantang lagi, yaitu spider jumper setinggi 20 meter. Untuk tiket masuk ke spot ini, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp. 10.000/orang, dan itu belum termasuk tiket wahana yang ada.

  • Air Terjun Umbul Songo : Karena berlokasi di bawah lereng pegunungan, spot yang satu ini sudah pasti ada. Air Terjun Umbul, lokasinya tak jauh dari Taman Wisata Kopeng, hanya berjarak sekitar 550 meter. Menurut cerita masyarakat sekitar, air terjun ini pertama kali ditemukan oleh para wali, saat masa Kerajaan Demak.
Baca juga  Jejak peradaban purba itu ada di Sangiran

Sesuai namanya Umbul Songo, air terjun ini memiliki 9 mata air yang berketinggian sekitar 15 meter. Curah airnya juga sangat deras, apalagi saat musim hujan tiba. Dinding air terjun yang terbentuk dari bebatuan, serta rindangnya pepohonan sekeliling menambah nuansa alami Air Terjun Umbul Songo.

tempat wisata kopeng magelang
Source: infokopeng.blogspot.com

Untuk bisa ke air terjun, kamu membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Akses jalannya cukup licin, jadi kamu harus berhati-hati. Tiket masuk wisata alam yang jarang terjamah ini, tidak terlalu merogoh kocek, hanya sekitar Rp. 5.000/orang . Meskipun belum terjamah wisatawan, air terjun ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, mulai kamar mandi bahkan hotel juga tersedia disini.

tempat wisata kopeng magelang
Source : ngetripyuk.com
  • Gunung Merbabu : Nah spot yang satu ini cocok buat kamu yang suka hiking atau camping. Gunung Merbabu merupakan destinasi favorit wisatawan, selain pemandangan alam yang eksotis, disini terdapat savana dan tanaman edelweis yang sangat indah.

Ada banyak jalur pendakian di Merbabu, nah jika kamu lewat Wisata Kopeng maka jalur pendakianmu lewat Desa Cunthel atau Thakelan. Mendaki gunung ini membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam, oleh sebab itu sebaiknya kamu berkemah disana. Suasana malam khas pegunungan, serta pemandangan golden sunrise di spot tertentu, menjadi alasan banyak wisatawan yang bermalam disini.

Gunung Merbabu sendiri memiliki 3 puncak, yaitu Ketheng Songo, Trianggulasi, dan Syarif. Ketiganya memiliki pemandangan yang sangt epic, bahkan saat kemarau tiba kamu bisa melihat samudra diatas awan.  Untuk spot satu ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 15.000/orang agar bisa mendapat fasilitas di base camp, dan untuk parkir kendaraan.

Baca juga  Jelajah Pantai Pacitan, Pantai Srau
tempat wisata kopeng magelang
Source: infokopeng.blogspot.com
  • Kopeng Treetop Adventure Park : Suka menguji adrenalin ? Yap spot Kopeng Treetop Adventure Park bisa menjadi tujuan wisata kamu di liburan ini. Spot ini sudah tersebar diselutuh dunia, ada sekitar 350 jaringan. Untuk spot satu ini baru diresmikan pada bulan mei tahun lalu.

Berada di lahan seluas 7 hektar, Kopeng Treetop Adventure Park memiliki 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox, dan giant tarzan jump. Wahana inilah yang siap sebagai penguji nyali para wisatawan. Dirancang dengan keamanan yang terjamin, spot ini sukses menguji kekompakan pengunjungnya.

Untuk tiket masuk spot ini memang lebih mahal dari ketiga spot sebelumnya, yaitu sekitar Rp. 110.000 untuk anak-anak, dan Rp. 160.000 untuk dewasa.

Tempat wisata kopeng magelang berlokasi di Jalan Raya Salatiga-Magelang, Kopeng, Getasan, Semarang. Jika kamu berada di pusat Kota Yogyakarta, jarak yang kamu tempuh sekitar 88 Km. Kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena transportasi umum disini masih terbatas. Wisata ini dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 16.30.

Nah gimana sudah berencana berlibur ke tempat wisata kopeng magelang ? Waktu yang cocok untuk berlibur kesini ialah saat musim kemarau, karena saat hujan sebagian wilayahnya tertutup kabut, dan banyak wisata outbond yang ditutup. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here