Menikmati Keindahan 7 Tempat Wisata Solo Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata Solo – Solo merupakan salah satu kota yang berada di Jawa tengah yang merupakan ibukota dari jawa tengah. Solo terkenal dengan salah satu makanannya yaitu bakso solo.

Tempat usaha Anda belum tercatat di web ini? Hubungi kami di sini.

Statisun balapan juga berada di kota Solo yang terangkum dalam sebuah lagu yang dinyanyikan oleh salah satu penyanyi legendaris. Berkunjung ke kota Solo, tak lengkap rasanya apabila kita tidak berkunjung ke tempat wisata solo.

Beberapa yang baru berkunjung ke Solo mungkin bingung kira – kira ada apa saja ya di Solo? Mari simak tempat wisata solo dibawah ini.

  1. Grojogan Sewu Tawangmangu
Tempat Wisata Solo
Source: wisatasolo.id

Grogan dalam bahasa jawa artinya siraman air. Salah  satu tempat wisata solo yang patut dicoba untuk melepas penat adalah grojogan sewu tawangmangu. Tempat wisata solo yang terletak 37 km menuju timur dari kota solo ini berada di kabupaten karanganyar. Air terjun grojogan sewu tingginya 80 meter dengan banyak anak air terjun. Anda bisa memilih salah satu pintu masuk yang disediakan.

Pintu masuk atas, anda akan menuruni ribuan anak tangga dikelilingi bukit nan indah dan menyegarkan. Apabila lewat pintu bawah, anda akan melewati jembatan dengan mitos jembatan cinta. Selain air terjun, di tempat wisata solo ini juga disediakan beberapa fasilitas seperti : tempat makan, tempat parker, penginapan, flying fox, kolam renang, kamar mandi dan area bermain anak. Tak jarang beberapa kera yang ada di alam bebas akan menemani perjalanan anda dari pintu masuk hingga ke air terjun.

Rute : dari arah semarang – solo – palur – karangayar kota – terminal tawangmangu – grojogan sewu. Ikuti petunjuk jalan.

HTM : 15.000 / orang

Jam Buka : 07.00 pagi hingga 05.00 sore setiap hari

Jangan lupa membawa baju ganti dan jangan membuang sampah sembarangan. Sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi terutama motor karena jalanan menanjak dan berkelok yang cukup sempit.

 

  1. Pandawa Water World Solo Baru
Pandawa Water World Solo Baru
Source: hargatiketmasuk.info

Pandawa water world solo baru merupakan salah satu wisata air di solo. Tempat wisata solo ini terletak di salah satu kompleks Pandawa solo baru, Grogol, tepatnya di kabupaten sukoharjo.

Baca juga  8 Pilihan Tempat Wisata murah di Jabodetabek yang Harus di Kunjungi

Dengan tetap berkonsep kepada cerita pewayangan berpadu desain kolam berkelas internasional, tempat wisata solo ini membagi wahana kedalam beebrapa bagian seperi Bima Side, Gatotkaca Bungy Tower,kresna wave pool, dan beberapa wahana menarik lainnya. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari food court, kolam khusus, area bermain anak, kamar mandi, bahkan ada dokter jaga yang selalu siap sedia setiap saat.

Rute : 4 kilometer kea rah selaan kota solo – jalan tanjung anom, lanjutkan kea rah selatan, sudah terlihat petunjuk jalan.

Jam Operatioanal : weekdays (10.00 – 18.00), weekend (08.00 – 18.00)

HTM : Weekdays (80.000), weekend (100.000)

Telp : (0271) 626955

  1. Taman Sriwedari
tempat wisata solo
Source: pergimulu.com

Di kecamatan Lawiyan kota Solo, ada sebuah taman nan indah yang sangat cocok dijadikan salah satu destinasi ketika berkunjung ke kota Solo.

Tempat wisata Solo ini biasanya digunakan sebagai tempat diselenggarakannya pertunjukan tradisional sebagai hiburan. Selain menjadi taman rekreasi, tempat wisata solo ini juga memiliki beberapa wahana untuk anak kecil maupun dewasa, tempat makan, toilet dan beberapa stand untuk snack dan souvenir.

HTM : 3000 rupiah

Jam operasional : setiap hari dari jam 10 pagi hingga 10 malam..

 

  1. Kampong Batik Kauman Solo
tempat wisata solo
Source: wisatasolo.id

Lelah berkeliling tempat wisata solo, tidak lengkap rasanya apabila tidak membawa oleh – oleh. Kampong batik kauman solo merupakan sebuah area petakan yang sangat luas. Terdiri dari sekitar 67 pertokoan batik, bahkan ada 14 toko fashionista, 28 tempat kuliner, dan 32 pertokoan lainnya. Untuk turis jangan khawatir, ada setidaknya 5 tempat penukaran uang disana.

Jalur dan rute : jalan alun – alun utara menuju arah barat, belok kanan pada pertigaan ketiga menuju jalan wijaya kusuma, menuju jalan cakra.

HTM : gratis

Karena area cukup luas, siapkan stamina. Dan harap diperhatikan, di dalam setiap took tidak boleh memotret.

 

  1. Kebun Binatang Taru Jurug
tempat wisata solo
Source: lihat.co.id

Tempat wisata solo yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.  Tidak hanya kumpulan binatang, beberapa jenis tumbuhan juga ikut andil untuk memeriahkan kebun binatang taru jurug.

Baca juga  Semarak festival seni sakral Hindu

Untuk fasilitas, tidak perlu khawatir karena di tempat wisata solo ini disediakan wahana untuk anak yang tentunya aman, selain itu kios makanan, kamar mandi sampai kereta mini ada di kebun binatang taru jurug. Bahkan bagi yang ingin menyewa kuda atau gajah.

Akses : jalan Ir Sutami no 40 Kentingan Jebres, Surakarta. Tepat di sebelah universitas sebelas maret.

HTM : 6000 rupiah untuk hari biasa, 7000 rupiah untuk hari libur.

 

  1. Galabo Solo
tempat wisata solo
Source: ipliqedo.blogspot.com

Galabo singkatan dari Gladag Langen Bogan. Tempat wisata solo ini merupakan wisata kuliner yang terletak di pusat kota. Hanya sekitar 10 menit dari stasiun balapan solo, sehingga anda akan sangat mudah untuk menemukanannya. Galabo terletak persis di depan Pusat Grosir Solo.

Buka dari sekitar jam 4 sore hingga tengah malam. Jalanan akan di tutup dan disulap menjadi jalan panjang penuh stand makanan yang berkisat 100 stand. Tidak hanya itu, music jazz maupun keroncongan akan menemani waktu lelah anda setelah seharian berwisata dan mencari oleh – oleh, tentunya dengan sajian – sajian dari yang khas hingga modern dengan konsep tradisional sampai yang fenomenal. Tiekt masuknya gratis saja.

 

  1. Museum Manusia Purba Sangiran
tempat wisata solo
Source: margaapsari.com

Tidak ada salahnya apabila kita berwisata ke tempat wisata solo yang bernuansa edukasi khususnya mempelajari tentang purbakala. Tempat wisata solo ini menyajikan sekitar 13 ribu koleksi fosil, mulai dari fosil manusia hingga fosil binatang. Walaupun museum ini menyajikan tentang purbakala, tetapi tempat wisata solo tersebut didesain dengan konsep modern dan megah.

Akses : dari kota solo – kecamatan kalijambe – sangiran.

HTM : 5000 rupiah untuk tiket masuk

Operasional : setiap hari

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here