Menikmati Eksotisme Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air terjun tumpak sewu Lumajang? Mungkin terdengar asing di telinga anda. Tapi kalau coban sewu Lumajang mungkin sudah tidak asing lagi. Air terjun tumpak sewu atau yang di kenal dengan nama coban sewu adalah sebuah wisata baru yang terletak di desa Sidomulyo kecamatan Pronojiwo yang masuk di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Source : sagitariustours.com

Eksotisme dan keindahan air terjun tumpak sewu ini cukup menarik banyak wisatawan lokal maupun asing, terbukti dari semakin banyaknya yang mencoba untuk berkunjung kesana walau harus menghadapi perjalanan yang lumayan ekstream.

Tetapi setelah sampai ke tempat tujuan, rasa lelah anda akan terbayar dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dengan air yang jernih dan keasrian yang masih suci terjaga, cocok sekali bagi anda yang hobi fotografi maupun selfie.

Bila air terjun lainnya terdapat satu aliran kebawah, disini anda akan menemukan banyak air terjun yang mengalir dari tempat yang sangat amat tinggi hingga mungkin anda tidak bisa berkata apa – apa untuk menunjukkan kekaguman anda.

Karena banyaknya air terjun yang turun itu lah tempat tersebut di namakan tumpak sewu, sewu yang berarti seribu, melambangkan banyaknya air terjun yang ada di air terjun tumpak sewu. Disinipun anda bisa menikmati air terjun dalam dua sudut pandang yaitu sudut pandang dari atas air terjun dan dari bawah air terjun.

Baca juga  Pantai Lagundri dan Sorake, surga surfing Indonesia
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Source : Berkeliling.com

Untuk menuju ke air terjun tumpak sewu anda perlu menuju ke arah lumajang dahulu, kalau dari malang anda bisa melewati kecamatan bululawang, kecamatan turen, kecamatan dampit dan akhirnya sampai di perbatasan Malang – Lumajang. Di perbatasan Malang – Lumajang anda akan menemukan tugu perbatasan, dari situ anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar 100 meter dari tugu hingga menemukan sebuah gang turun di sebelah kanan.

Lanjutkan perjalanan anda memasuki gang tersebut hingga bertemu dengan sungai. Dari sini anda harus berhenti, kendaraan bisa anda titipkan di penambangan pasir dan melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki sekitar 200 meter menyusuri air sungai.

Rute tersebut adalah untuk melihat air terjun dari atas, kalau anda ingin melihat air terjun dari bawah anda harus menuju ke goa tetes terlebih dahulu kemudian menyusuri jalanan sungai yang lumayan licin.

Baca juga  Sungai Pekalen Probolinggo: Arena arung jeram nan menantang
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Source : sagitariustours.com

Air terjun tumpak sewu Lumajang ini tergolong dalam wisata yang termasuk memiliki medan yang ekstream, banyak tanjakan naik turun dan penyusuran jalanan air sungai yang deras dan licin.

Untuk itu sangat disarankan bagi anda yang berwisata kesana untuk membawa sendal atau sepatu anti licin agar tidak terpeleset, sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide karena di takutkan akan melewati jalan yang salah, amankan barang elektronik anda karena anda memasuki kawasan wisata air, bawalah tali lebih aman bila anda berwisata secara rombongan, makanan dan minuman secukupnya saja agar anda tidak berat di jalan, serta yang tak kalah penting adalah memperkiakan waktu dan cuaca, jangan sampai anda kemalaman di tengah jalan atau melakukan penyusuran di tengah hujan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here