8 Pilihan Tempat Wisata di Ponorogo yang Harus Ada di List Liburanmu

Tempat Wisata di Ponorogo – Siapa yang tak kenal Ponorogo, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini, sudah terkenal hingga ke seleruh penjuru dunia. Hal ini dikarenakan kesenian khas sini, yaitu Reog Ponorogo. Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara, yang rela ke kabupaten ini hanya untuk melihat pertunjukan reog secara lansung.

Selain kesenian yang sudah terkenal, Ponorogo juga memiliki keindahan alam yang sangat eksotis, serta beberapa tempat wisata yang wajib kamu singgahi segera. Berikut pilihan tempat wisata di ponorogo yang harus kamu tulis di list liburanmu :

  1. Gunung Bayangkaki
tempat wisata di ponorogo
Source: Ratjoen.in

Tempat wisata di ponorogo yang pertama, adalah Gunung Bayangkaki. Destinas wisata ini selalu ramai pengunjung, apalagi saat weekend tiba. Alasan kenapa selalu ramai, karena Gunung Bayangkaki sudah terkenal memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis.

Lokasinya berada di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Gunung Bayangkaki memiliki 4 puncak yang wajib kamu daki, yaitu Puncak Ijo, Tuo, Tumpak, dan Puncak Gentong.

  1. Air Terjun Sunggah
tempat wisata di ponorogo
Source: ponorogohits.com

Air Terjun Sunggah, merupakan destinasi wisata Ponorogo yang berlokasi di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Dulunya air terjun ini belum terurus dan belum banyak yang mengenal. Namun setelah Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengembangkan dan memperkenalkan, Air Terjun Sunggah sudah memiliki banyak pengunjung.

Diapit oleh dua tebing berwarna hijau, air terjun disini menyuguhkan pemandangan yang tak ada duanya. Selain itu, terdapat banyak bebatuan besar yang menjadi tampungan air terjun, yang menambah eksotisnya lokasi ini. Spot batu ini bisa kamu jadikan tempat untuk berfoto, dijamin foto kamu instagramable banget.

  1. Gunung Beruk dan Gunung Bangkong
tempat wisata di ponorogo
Source: tempatwisatakeluarga.com

Kedua gunung eksotis ini, berlokasi di Desa Karang Patihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Pada mulanya kedua gunung ini hanya gunung biasa, namun karena pemerintah yang mengelola dengan apik, saat ini keduanya menjadi tempat wisata yang tak boleh terlewatkan.

Baca juga  5 Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosalam yang Harus Kamu Jajah Segera

Ada satu spot foto yang instagramable banget, yaitu rumah pohon. Spot ini berdiri diatas Perbukitan Bangkong. Dari spot rumah pohon kamu bisa melihat pemandangan kedua gunung yang begitu eksotisnya.

  1. Bukit Watu Semaur
Source: youtube.com

Ingin teriakanmu dijawab oleh alam ? Selain gua yang bisa menggemakan teriakan, Bukit Watu Semaur yang ada di Ponorogo ini juga bisa menggemakan teriakan Lo. Tempat wisata di ponorogo ini berlokasi di Jalan Ngrayun-Jajar, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Pemandangan batuan tebing yang epic, diatas padang rumput yang hijau, membuat wisata kamu disini semakin menyenangkan. Selain berteriak dan menikmati pemandangan, kamu bisa melakukan olahraga panjat tebing. Nah buat kamu yang ingin menikmati suasana malam di Bukit Watu Semaur, kamu bisa berkemah disini.

  1. Bukit Pare
tempat wisata di ponorogo
Source: Youtube.com

Tempat wisata di ponorogo berikutnya, ialah Bukit Pare. Sama dengan Bukit Watu Semaur, bukit ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis. Lokasinya berada di Desa Cepoko. Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Destinasi ini sudah menjadi favorit remaja dan para tracker yang suka berpetualang di alam bebas.

Panorama alam yang dimiliki Bukit Pare masih sangat alami, sehingga berwisata kesini tak akan merugikan. Jika kamu berencana kesini, kamu harus menempuh jarak sekitar 15 Km, dan waktu sekitar 15 menit dari pusat kecamatan.

  1. Tanah Goyang Pudak
tempat wisata di ponorogo
Source: teluklove.com

Pernah kebayang gak berdiri diatas jelly ? Nah destinasi wisata yang satu ini akan memberi pengalaman baru untukmu. Lokasinya berada di Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo. Tanah Goyang Pudak, merupakan tempat wisata di ponorogo yang sangat unik. Diberi nama goyang, karena berdiri disini kamu akan merasakan berdiri diatas jelly, tanahnya bergoyang.

Selain keunikannya, Tanah Goyang Pudak juga memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis. Jika kamu ingin mencoba tanah goyang, kamu harus menempuh jarak sekitar 45 KM dari pusat Kabupaten Ponorogo.

  1. Kedung Kenthus
Baca juga  5 Pantai Tersembunyi Di Malang
tempat wisata di ponorogo
Source: Ksmtours.com

Berlokasi di Desa Jenangan, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Kedung Kenthus merupakan destinasi wisata yang terbilang masih baru. Wisata ini berupa sumber air yang masih alami, karena berdekatan dengan pegunungan, sehingga saat kemaraupun sumber air disini tidak akan kering.

Dari pusat kabupaten kamu memerlukan waktu sekitar 30 menit menuju Kecamatan Sumoroto, selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Sampung. Tak hanya wisata sumber air saja, di Kedung Kenthus kamu bisa singgah di Gowa Lowo.

Di Kedung ini terdapat aliran sungai yang unik, dari ketinggian aliran ini terlihat sempit. Namun aslinya lebar, berbentuk menyerupai gentong yang memiliki panjang sekitar 20 meter. Air aliran yang berwarna hijau, serta bebatuan yang mengelilinginya, membuat Kedung Kenthus semakin eksotis.

  1. Gunung Bedes
tempat wisata di ponorogo
Source: asliponorogo.com

Pilihan tempat wisata di ponorogo yang terakhir, adalah Gunung Bedes. Berlokasi di Dusun Buyut, Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Destinasi ini sedang hits dikalangan remaja. Arti Bedes masih belum banyak yang mengetahui, kemungkinan dulunya banyak binatang bedes atau monyet yang hidup di hutan gunung.

Menjadi tempat wisata favorit, pemandangan alam disini sudah tidak diragukan lagi. Bahkan kamu bisa melihat Gunung Bayangkaki yang sangat eksotis. Sungguh keunikan disini akan membuat kamu kagum tak percaya.

 

Itulah pilihan tempat wisata di ponorogo yang harus kamu tulis di list liburanmu. Segera rencakan, dan susun list destinasi berlibur ke Ponorogo. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here