10 Tempat Wisata di Karanganyar yang Recommended Untuk Segera Dikunjungi

Tempat Wisata di Karanganyar – Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah, jaraknya sekitar 14 Km dari Solo atau Surakarta. Karena jaraknya yang cukup dekat dengan Solo, banyak wisatawan yang mengira Karanganyar adalah bagian dari Solo.

Tempat usaha Anda belum tercatat di web ini? Hubungi kami di sini.

Hampir semua bagian Karanganyar berada di lereng pegunungan, membuat kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata yang menyuguhkan eksotisnya pesona alam.  Udaranya yang sejuk serta warganya yang ramah, membuat kamu tenang berada disini. Nah berikut tempat wisata di karanganyar yang recommended untuk segera dikunjungi :

  1. Air Terjun Jumog
tempat wisata di karanganyar
Source : Piknikasik.com

Air Terjun Jumog merupakan salah satu tempat wisata di karanganyar yang recommended untuk dikunjungi segera. Meskipun hanya berketinggian sekitar 30 meter, keindahan alam di Jumog tak kalah eksotis dengan air terjun karanganyar lainnya. Disini kamu bisa melihat pelangi, jika kamu berkunjung sekitar pukul 10 pagi.

Karena memiliki banyak keindahan alam yang memukau, Air Terjun Jumog mempunyai julukan The Lost Paradise atau Surga yang Hilang. Untuk bisa sampai di air terjun, kamu harus menaiki anak tangga sebanyak 116 saja. Berlokasi di Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Air Terjun Jumog merupakan tempat wisata yang murah. Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu sekitar Rp. 5.000/orang. Jumog dibuka setiap hari, mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore.

  1. Grojogan Sewu
tempat wisata di karanganyar
Source: blog.reservasi.com

Rekomendasi berikutnya adalah Grojogan Sewu, yang berlokasi di Lereng Gunung Lawu. Atau tepatnya di Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Karena letaknya berada di ketinggian, untuk bisa sampai di grojogan kamu harus menaiki anak tangga sebanyak 1.250 buah. Melelahkan ? pastinya, tetapi semua akan dibayar dengan pemandangan alam yang sangat eksotis.

Meskipun memiliki keindahan alam yang eksotis, Grojogan Sewu dipercaya sebagai tempat yang sangat angker. Disana terdapat sebuah jembatan yang sering dijadikan sebagai spot untuk berfoto, namun banyak mitos yang menyatakan bahwa jika sepasang kekasih melewati jembatan itu, maka hubungan mereka akan putus ditengah jalan. Jembatan tersebut bernama kretek pegat. Di Grojogan Sewu kamu akan menjumpai banyak kera yang bergelantungan di pohon-pohon sekitar. Tingkah lucu mereka menambah keindahan wisata ini.

Grojogan Sewu dibuka untuk umum setiap hari, mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Tiket masuknya berkisar Rp. 18.000/orang. Meskipun harga masuknya cukup mahal, namun fasilitas disini sudah lengkap.

  1. Candi Cetho
tempat wisata di karanganyar
Source: Piknikasik.com

Masih berada di Lereng Gunung Lawu, tempat wisata di karanganyar berikutnya adalah Candi Cetho. Lokasinya berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Candi ini memiliki panjang 190 meter, lebar 30 meter, dan terletak di ketinggian 1496 mdpl.

Karena berada di dataran tinggi, membuat udara di sekitar candi sangat sejuk, ditambah banyak pepohonan rindang disekelilingnya. Selain suasananya, gaya arsitektur bangunannya juga menjadi incaran para wisatawan. Banyak spot instagramable disini. Candi Cetho sampai saat ini masih sering dijadikan tempat beribadah umat hindu, jadi jangan heran kalau banyak sajen disana. Nah pensarankan dengan candi ini ? Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 7.000/orang untuk menikmatinya.

  1. Puncak Gunung Lawu
Baca juga  Tempat Menarik Menikmati Tahun Baru di Solo Yang Paling Recomended dan Harus Dikunjungi
tempat wisata di karanganyar
Source: bolehtanya.com

Hobi mendaki gunung ? Atau ingin sesekali mencobanya ? Berlibur ke Karanganyar, kamu bisa mencoba salah satu destinasi yang cukup ekstrem, yaitu mendaki puncak Gunung Lawu. Gunung ini terletak diantara perbatasan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Untuk bisa melakukan pendakian, kamu harus melatih fisik terlebih dahulu. Serta menyiapkan segala keperluannya. Perjalanan menuju puncak Gunung Lawu, diawali dari pos Cemoro Sewu, dan berakhir di pos Cemoro Kandang. Disetiap posnya, banyak warung-warung penjual makanan. Disini kamu bisa memulihkan energimu kembali.

Setelah energimu pulih, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak. Nah ada satu keunikan sebelum menuju puncak, yaitu terdapat sebuah warung yang bernama Warung Mbok Yem. Warung ini letaknya berbeda dengan warung lainnya. Jadi kamu bisa menambah energi kembali, sebelum sampai di puncak.

  1. Goa Tlorong
tempat wisata di karanganyar
Source: Jalanwisata.id

Tempat wisata di karanganyar yang recommended berikutnya, adalah Goa Tlorong. Terletak di Desa Lempong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Goa ini terbentuk secara alami, dan memiliki ukuran mulut 2 x 1,5 meter, dan panjang sekitar 200 meter. Goa Tlorong juga memiliki latar belakang pemandangan yang sangat eksotis, yaitu pemandangan Gunung Kembar.

Selain Gunung Kembar, pemandangan di dalam goa tak kalah indahnya. Untuk menyusuri goa, disarankan kamu memakai sandal yang tebal, karena batuan stalagtit disana cukup licin. Sampai saat ini Goa Tlorong masih jarang diketahui oleh wisatawan, oleh sebab itu kondisi disana masih sepi.

  1. Bukit Paralayang
tempat wisata di karanganyar
Source : Thetraveljunkie.com

Selain Batu, Kabupaten Karanganyar juga memiliki Bkit Paralayang yang tak kalah eksotis. Lokasinya berada di Segoro Gunung, atau selatan Candi Cetho, dan sebelahnya Kebun Teh Kemuning. Berwisata kesini cocok saat kondisi cuaca sedang cerah, karena ketika matahari terbenam kamu akan memperoleh pemandangan yang tak ada duanya. Siapkan kamera dan cai angel yang pas, dijamin foto kamu akan instagramable banget.

  1. Kampung Halloween Bukit Sekipan
tempat wisata di karanganyar
Source: Bakpiamutiarajogja.com

Kampung Halloween merupakan salah satu tempat wisata di karanganyar yang sangat recommended, apalagi buat pecinta film horor. Lokasinya berada di Bukit Sekipan, Desa Kalisoro, Tawangmangu. Destinasi ini masih tergolong baru, diresmikannya pada juli tahun 2015.

Meski demikian, Kampung Halloween menjadi tempat nongkrong favorit anak muda di Karanganyar. Selain melihat berbagai jenis hantu, disini kamu bisa memancing, melakukan outbond, berenang, dan lain sebagainya. Kampung ini dibuka setiap hari, mulai pagi hingga jam 10 malam.

  1. Tahura Ngargoyoso
Baca juga  Menikmati Keindahan 7 Tempat Wisata Solo Yang Wajib Anda Kunjungi
tempat wisata di karanganyar
Source: coupletraveller.com

Bosan dengan suasana yang ramai, kamu bisa singgah di Tahura Ngargoyoso. Tahura merupakan singkatan dari Taman Hutan Raya, destinasi ini berlokasi di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Tahura ini sebenarnya bernama asli Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I.

Berada di tahura ini, kamu bisa melepas penat setelah lelah beraktivitas. Pepohonan yang tumbuh, akan menambah suasana tenang dan sejuk disini. Selain sebagai tempat wisata, Tahura Ngargoyoso juga dijadikan tempat penelitian.

  1. Taman Ria Balekambang
tempat wisata di karanganyar
Source: jejakpiknik.com

Kalau di Malang Balekambang adalah pantai, di Karanganyar Balekambang adalah sebuah taman. Lokasinya berada didekat area parkir Grojogan Sewu. Taman Ria Balekambang bukan sekedar taman pada umumnya lo, taman ini memiliki keunikan yang sama dengan Merapi Park Kaliurang.

Banyak miniatur objek yang berada di seluruh dunia disini, seperti Bukit Hollywood (Amerika), Tembok Besar (China), Menara Eiffel dan Gerbang Arch de Triomphe (Paris), Candi Borobudur (Indonesia), Piramid dan Sphinx (Mesir), Patung Merlion (Singapura), dan Menara Pisa (Italia).

Meskipun hanya sebuah miniatur, namun bangunan di taman ini sering dijadikan objek foto para wisatawan. Hampir setiap hari banyak pengunjung yang datang. Untuk tiket masuknya, dibanderol sekitar Rp. 12.000/orang.

  1. Goasari Ngargoyoso
tempat wisata di karanganyar
Source: frontonecabinsolo.com

Sudah pernah mencoba tubing di Goa Pindul Yogyakarta ? Nah jika kamu berencana berlibur di Karanganyar, kamu harus melist Goasari Ngargoyoso di agenda liburanmu. Disini kamu bisa melakukan hal yang sama dengan di Goa Pindul, yaitu tubing.

Pada dasarnya Tubing adalah kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban, serta peralatan keamanan lainnya, seperti helm dan pelampung.

Tubing di Goasari terletak di Banyu Bening yang terletak di Desa Puthukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Selama perjalanan tubing, kamu akan disuguhkan pemandangan sekitar yang sangat indah, dan jernihnya air sungai. Selain tubing di Banyu Biru kamu bisa menikmati berbagai permainan outdoor.

Nah jika kamu berencana ke Goasari, sebaiknya beramai-ramai karena akan lebih seru. Untuk tiket sekali tripnya, kamu harus rela mengeluarkan uang sekitar Rp. 20.000 saja. Disini juga terdapat resto yang siap menjamu kamu setelah lelah menyusuri sungai.

Itulah tempat wisata di karanganyar yang recommended untuk segera dikunjungi. Gimana sudah berencana liburan ke Karanganyar ? Jangan lupa siapkan segala peralatan dan budgetnya ya. Selamat berlibur semoga menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here