9 Ciri Kucing Anggora Ras Asli yang Wajib Diperhatikan

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Ciri Kucing Anggora ras asli – Banyak yang menyukai memelihara Kucing Anggora hal itu dikarenakan kucing ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Kucing Anggora ini juga memiliki perawatan yang mudah sehingga cocok dijadikan sebagai binatang peliharaan di rumah. Tingkah kucing ini pun menggemaskan dan ramah kepada semua orang sehingga anak-anak pun bisa bermain dengan kucing ini. Kucing Anggora berasal dari Ankara atau Turki dengan bulu yang lembut. Tidak mengherankan jika saat ini Kucing Anggora dijadikan sebagai peliharaan dan juga lahan bisnis. Jika dijadikan sebagai lahan bisnis, sebaiknya Anda menggunakan Anggora ras asli. Anggora ras asli ini merupakan ras yang bagus untuk dijadikan indukan. Agar Anda mengetahui ciri Kucing Anggora ras asli, simak cirinya berikut ini:

Bentuk Kepala

bentuk kepala kucing
bentuk kepala kucing

Ciri yang pertama terlihat dari bentuk kepalanya. Bentuk kepala Kucing Anggora ras asli ini terlihat seperti segitiga terbalik. Bentuk kepala inilah yang menjadi pembeda antara Kucing Anggora dengan kucing persia. Sekilas Kucing Anggora ini sama dengan kepala kucing lokal atau kampung namun yang berbeda adalah kucing lokal sering berbentuk bula namun Anggora berbentuk segitiga terbalik. Di bagian kepala ini, Kucing Anggora juga memiliki bulu yang tidak terlalu panjang dan hal tersebut berbeda dengan kucing persia dimana kucing persia tersebut memiliki long hair di bagian muka.

Telinga

telinga kucing demam
telinga kucing demam

Ciri Kucing Anggora ras asli juga terlihat di bagian telinganya. Hal itu dikarenakan telinga Kucing Anggora ini sangat khas. Telinga Kucing Anggora lumayan lebar terutama di bagian bawah dan juga pada bagian ujungnya mengerucut lancip. Bulu di sekitar telinga Kucing Anggora ini tidak terlalu panjang sehinga telinga kucing Anggora akan mudah sekali terlihat karena tidak tertutupi dengan bulu tebal.

Mengecek Mata

mata kucing anggora
mata kucing anggora

Kucing Anggora memang sering tertukar dengan kucing persia sehingga Anda harus tahu cara membedakannya. Anggora dan persia sama-sama memiliki bulu berwarna putih terutama kucing persia medium banyak didominasi dengan bulu yang putih. Agar tidak tertukar dengan kucing persia medium, Anda bisa melihat matanya. Mata Kucing Anggora ini sangat berbeda dengan kucing persia. Kucing Anggora memiliki mata yang sedikit miring ke bagian atas dan mirip dengan buah lemon.  Mata dari Kucing Anggora ini sangat unik biasanya memiliki bola mata  biru dan kucing ini tidak bisa mendengar. Namun tidak semua kucing Anggora bermata biru namun yang unik adalah bentuk mata dari Kucing Anggora ini yang menyerupai buah lemon.

Hidung yang Mancung

Kucing Anggora memiliki hidung yang mancung, berbeda dengan kucing persia yang memiliki hidung pesek. Yang sekilas mirip dengan Kucing Anggora ini adalah kucing persia medium yang memiliki hidung yang mancung. Oleh sebab itu Anda harus tahu mana Kucing Anggora dan mana kucing persia. Kucing Anggora memiliki hidung yang mancung namun lubang hidungnya menjadi lebih terlihat karena seperti tertarik ke atas.

Tubuh yang Tinggi

Ciri Kucing Anggora ras asli yang berbeda dibandingkan dengan kucing lainnya adalah postur tubuh Kucing Anggora itu sendiri. Kucing Anggora memiliki tubuh yang tinggi dan panjang. Berbeda dengan kucing persia yang memiliki tubuh pendek dan gempal. Tubuh Kucing Anggora ini sama dengan kucing lokal yang posturnya besar dan tinggi. Untuk Anggora jantan, bentuk tubuhnya lebih tinggi dan panjang dibandingkan dengan kucing yang betina. Bentuk tubuh bagian belakang mulai dari leher sampai ekor lebih tinggi dibandingkan dengan bagian kepala.

Kaki Panjang

kaki panjang anggora
kaki panjang anggora

Selain memiliki bulu yang menarik, Kucing Anggora ini juga memiliki kaki yang panjang. Tubuh Kucing Anggora yang tinggi dan panjang ditopang dengan kaki yang tinggi sehingga membuat Kucing Anggora terlihat semakin gagah khususnya bagi kucing jantan.

Ekor

bentuk ekor anggora
bentuk ekor anggora

Yang membedakan Kucing Anggora dengan persia adalah bagian ekornya. Jika kucing persia ada yang memiliki ekor dengan short hair dan long hair, bisa dipastikan jika Kucing Anggora ini memiliki bulu yang lebat dan halus. Ekor Kucing Anggora yang panjang akan tertutupi dengan bulu yang lebat tersebut. Jika diperhatikan dengan saksama, ekor Kucing Anggora mirip dengan ekor musang dan kemoceng.

Tumbuh Sesuai Cuaca

Keunikan dari Kucing Anggora lainnya adalah bulunya akan tumbuh sesuai dengan cuaca di sekitarnya. Sama halnya dengan kucing persia dimana bulu kucing tersebut bisa rontok jika cuaca sedang ekstrem, bulu Kucing Anggora ini bisa mengalami kerontokan dan akan tumbuh sesuai dengan cuaca. Misalnya saja ketika cuaca sedang dingin bulu kucing akan menyesuaikan dengan cuaca tersebut dengan tumbuh lebat dan ketika cuaca panas akan tumbuh pendek. Bulu kucing Anggora sangat berbeda dengan bulu kucing persia yang bulunya lebat di seluruh permukaan tubuhnya.

Harga yang Mahal

Ada harga, ada kualitas. Pepatah tersebut akan terus berlaku sepanjang zaman. Memang untuk produk yang berkualitas Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Sama halnya dengan kucing persia, tidak ada Kucing Anggora yang di banderol dengan harga murah. Rata-rata Kucing Anggora di banderol dengan harga mulai dari 4 juta rupiah. Bahkan satu ekornya paling mahal bisa di banderol sampai puluhan juta rupiah. Anda wajib waspada jika ada Kucing Anggora dijual dengan harga murah, bisa jadi kucing tersebut bukan ras asli namun ras hasil perkawinan dengan kucing lainnya.

Jangan pernah tergiur dengan yang murah sebab Kucing Anggora asli dijual dengan harga yang lumayan mahal. Semoga dengan ciri Kucing Anggora ras asli yang sudah dibahas diatas, Anda bisa membedakan mana kucing Anggora asli dan mana yang palsu

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*