8 Cara Menggemukkan Kucing Persia Paling Efektif

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Cara menggemukkan kucing persia – Kucing persia adalah salah satu kucing yang diminati oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan tingkahnya yang lucu dan mukanya yang menggemaskan. Semakin pesek kucing persia maka semakin mahal harga kucing tersebut. Hal itu dikarenakan masyarakat lebih menyukai kucing persia dengan hidung yang pesek dibandingkan dengan kucing persia yang hidungnya mancung. Hidung pesek itulah yang menjadi keunikan tersendiri kucing persia tersebut karena muka kucing persia terlihat seperti tertekuk ke dalam dan saat itulah mukanya semakin lucu. Sayangnya kelucuan kucing persia akan berkurang ketika tubuhnya kurus. Agar tubuh kucing persia menjadi gemuk, simak cara menggemukkan kucing persia berikut ini:

Suplemen Penambah Nafsu Makan

suplemen kucing persia
suplemen kucing persia

Cara yang pertama adalah menggunakan suplemen penambah nafsu makan. Makanan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menggemukkan badan kucing. Jika tidak nafsu makan kucing akan mudah sekali kurus karena tidak ada asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Anda juga harus mengetahui penyebab apa saja yang bisa menyebabkan kucing ini menjadi tidak nafsu makan. Ada beberapa penyebab mengapa kucing persia ini tidak nafsu makan misalnya saja menu makanan yang tidak cocok, mengalami masalah dengan gangguan pencernaan, mengalami penyakit tertentu dan lain sebagainya.

Makanan Kaya Protein

Cara menggemukkan kucing persia selanjutnya adalah memberinya makanan yang kaya akan protein. Makanan yang kaya akan protein ini adalah salah satu kunci sukses membuat kucing persia Anda menjadi cepat gemuk. Jika memang Anda ingin memberikan makanan yang kemasan telitiah kadar protein di dalam makanan kemasan tersebut apakah tinggi protein atau tidak. Anda juga bisa membeli raw food ayam atau ikan sebagai makanan utama. Jangan memberinya secara mentah sebab daging atau ayam yang diberikan makanan mentah rentan terkena bakteri dimana bakteri tersebut bisa menular ke manusia. Rebuslah dulu daging atau ikan tersebut agar menjadi lebih steril. Tidak perlu terlalu matang yang penting bakteri pada ikan maupun daging tersebut menjadi mati.

makanan protein tinggi
makanan protein tinggi

Makanan  tinggi protein lainnya adalah kuning telur. Kuning telur yang tinggi protein adalah kuning telur pada telur puyuh. Selain mengandung protein tinggi kuning telur puyuh tersebut juga tinggi akan kolesterol. Makanan tinggi kolesterol adalah makanan yang manjur untuk meningkatkan berat badan kucing persia. Jangan setiap hari memberikan kuning telur tersebut namun berikanlah cukup dua kali atau tiga kali dalam seminggu. Protein yang berlebihan bisa menyebabkan kucing menjadi over weight dan menjadikannya obesitas.  Wet food adalah makanan  terbaik untuk kucing persia Anda, namun jika Anda hanya memiliki dry food boleh saja diberikan namun hanya dijadikan sebagai camilan saja. Pilihlah dry food yang mengandung tinggi protein dan jangan memilih dry food yang kaya akan pewarna sebab pewarna tersebut berbahaya untuk ginjal.

Menu Makanan Variatif

Cara menggemukkan kucing persia selanjutnya adalah menyusun makanan yang lebih variatif.  Menu makanan  ini bisa menyebabkan Anda mengetahui mana menu makanan yang kucing Anda sukai dan yang dia tidak sukai. Cara untuk membuat menu makanan yang variatif ini adalah dengan mengambil beberapa sampel makanan, cobalah untuk memberikan ya satu persatu dan mana yang kucing Anda pilih. Jika kucing memilih dan melahap makanan tersebut itu tandanya kucing menyukai makanan tersebut. Meski harus menyiapkan menu yang variatif Anda tidak boleh memberikan makanan pantangan bagi kucing persia.

Vitamin

vitamin kucing
vitamin kucing

Kucing yang sehat adalah yang vitaminnya terjaga. Vitamin adalah salah satu kunci sukses agar kucing persia menjadi gemuk. Selain suplemen penambah nafsu makan ada baiknya Anda memberikan vitamin yang cocok dan sesuai dengan kucing Anda. Anda bisa mencampurkan vitamin tersebut dengan suplemen penambah nafsu makan. Ada juga suplemen nafsu makan yang di dalamnya sudah ada vitaminnya. Ada suplemen dan vitamin yang langsung diminumkan ke kucing tersebut namun ada juga yang dicampurkan dengan makanan.

Vaksin

vaksin kucing
vaksin kucing

Kucing gemuk dan sehat adalah impian bagi setiap pecinta kucing. Oleh sebab itu jangan hanya dijadikan gemuk saja namun juga harus sehat. Kucing yang sehat adalah kucing yang di vaksin. Jika kucing sakit-sakitan berat badan kucing tersebut akan mudah sekali menurun. Oleh sebab itu untuk menghindari penyakit vaksinlah kucing tersebut. Ketika kucing sehat, kucing tersebut akan memiliki nafsu makan yang baik begitu pula sebaliknya jika kucing tidak sehat maka nafsu makannya akan buruk.

Menjaga Mood Kucing

Kucing adalah hewan yang suka dengan kenyamanan. Kenyamanan tersebut bisa membuat mood kucing menjadi baik. Jika moodnya baik maka nafsu makan kucing akan baik. Jangan biarkan kucing hanya berada di dalam kandang, namun biarkanlah dia juga bermain di luar kandang. Jika kucing suka bermain maka belikanlah dia beberapa mainan yang bisa membuatnya senang. Hindari kucing menjadi stres, kenali juga beberapa penyebab mengapa kucing tersebut menjadi stres. Ketika stres kucing akan susah naik berat badannya.

Makan Teratur

Jika dirasa kucing sudah memiliki mood yang baik segeralah ajak kucing untuk makan. Mengatur jadwal makan kucing menjadi lebih teratur bisa membuat kucing menjadi lebih gemuk. Tidak harus banyak makan, namun usahakanlah untuk makan lebih sering dan teratur.

Cuaca yang Dingin

Untuk bisa menggemukkan badan kucing persia caranya adalah menggunakan cuaca yang dingin. Cuaca yang dingin tersebut akan membuat nafsu makan menjadi meningkat. Sama halnya dengan manusia, saat cuaca dingin keinginan  untuk mengemil dan makan lebih besar dibandingkan cuaca yang panas. Cuaca dingin bisa diciptakan menggunakan AC.

Makanan adalah nutrisi yang terpenting bagi kucing. Jika makanan kucing tidak terjaga dengan baik, kucing bisa mengalami berbagai macam masalah penyakit serius dan berat badan pun akan menjadi menurun. Jika badan kucing persia Anda di bawah standar, Anda bisa melakukan cara menggemukkan kucing persia yang telah disebutkan di atas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*