7 Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Tidak Rontok dan Tumbuh Lebat

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Merawat bulu kucing persia agar tidak rontok – Kucing Persia adalah salah satu  jenis kucing yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan  sifatnya yang lucu dan mukanya yang menggemaskan. Harganya yang mahal membuat kucing ini butuh perawatan khusus agar selalu terjaga kesehatannya dan kebersihannya.

Salah satu hal yang sering dialami oleh kucing persia adalah bulu rontok. Bulu yang rontok ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, selain penyakit dan jamur, bulu yang rontok disebabkan oleh iklim dan cuaca yang panas. Setiap pecinta kucing pasti tidak ingin jika kucingnya tersebut mengalami kerontokan sebab bulu kucing bisa botak dan mudah berceceran dimana. Oleh sebab itu bagi pecinta kucing persia yang tidak ingin bulunya rontok, simak cara merawat bulu kucing persia agar tidak rontok berikut ini:

Sering Memandikan Kucing

cara mandikan kucing
cara mandikan kucing

Cara merawat bulu kucing persia agar tidak rontok yang pertama adalah dengan sering memandikan kucing. Memang Anda tidak harus memandikan kucing tersebut setiap hari namun usahakan ketika kucing terlihat kotor harus segera memandikannya. Bersihkan kucing atau mandikan kucing selama 2 kali dalam seminggu agar tubuh dan bulunya selalu sehat. Bisa juga Anda membawanya ke Pet Shop untuk dimandikan secara khusus. Di sana Pet Shop akan tahu shampoo apa yang terbaik untuk kucing Anda sehingga meminimalisir kerontokan. Jika ingin memandikan sendiri di rumah, Anda harus membuat kucing tersebut nyaman, caranya adalah dengan mengusap pada bagian punggung kucing terlebih dahulu supaya kucing terasa nyaman. Jika kucing sudah nyaman maka kucing tidak akan banyak berontak.

Menggunakan Shampoo yang Tepat

pilih shampoo yang tepat
pilih shampoo yang tepat

Jika Anda ingin memandikan kucing Anda sendiri di rumah, Anda harus memilih shampoo yang benar-benar cocok untuk kucing Anda. Shampoo adalah faktor dominan bagi kesehatan bulu kucing. Jangan sampai menggunakan shampoo yang salah sebab bisa menyebabkan kerontokan semakin parah. Cara merawat bulu kucing persia agar lebat salah satunya adalah dengan menggunakan shampoo yang tepat. Sebelum membeli shampoo ada  baiknya jika Anda membaca komposisi kandungan dalam shampoo tersebut jangan sampai ada kandungan yang berbahaya untuk kesehatan bulu kucing. Hindari shampoo dengan kandungan pewarna buatan, paraben, sodium laureth sulfat atau petrochemicals sebab selain berdampak buruk untuk kesehatan juga berdampak pada kesehatan bulu kucing tersebut.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

pilih sesuai kebutuhan
pilih sesuai kebutuhan

Memilih shampoo ini harus disesuaikan dengan kebutuhan kucing Anda. Kucing yang sehat dengan kucing yang bulunya rontok membutuhkan perawatan yang berbeda. Ketika kucing Anda mengalami kerontokan Anda harus menggunakan shampoo untuk mengurangi kerontokan. Jika kucing Anda sudah memiliki bulu yang sehat Anda harus menggunakan shampoo untuk mencegah kerontokan. Begitu pula jika kucing Anda memiliki kutu maka pilihlah shampoo yang digunakan untuk menghilangkan kutu kucing tersebut. Kutu ini harus segera dihilangkan, hal itu dikarenakan kutu yang terlalu banyak bisa menyebabkan bulu kucing menjadi rontok.

Menggunakan Bedak Khusus

bedak khusus kucing
bedak khusus kucing

Perawatan kulit harus extra agar kucing bisa terhindar dari kerontokan. Kulit ini berkaitan langsung dengan bulu kucing sehingga perawatan kulit pun harus benar-benar tepat. Salah satu cara untuk menyehatkan kulit kucing adalah dengan menggunakan bedak khusus kucing. Bedak ini juga berfungsi sebagai penghilang kutu kucing. Pilihlah bedak khusus kucing yang dijual di pet shop. Kotoran dan lemak yang menempel pada permukaan kulit kucing pun akan hilang setelah penggunaan bedak

Memberikan Vitamin

memberikan vitamin
memberikan vitamin

Merawat bulu kucing persia agar tidak rontok adalah dengan cara memberikan vitamin. Vitamin ini tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh saja namun juga berguna untuk menjaga kesehatan bulu kucing persia yang Anda miliki. Pemberian vitamin ini harus sesuai dengan dosisnya. Tanyakan kepada dokter hewan dosis yang bisa diberikan kepada kucing Anda tersebut. Jika terlalu berlebihan nantinya kucing Anda akan over dosis vitamin.

Menyisir dengan Benar

Bulu rontok tidak diakibatkan dari perawatan yang salah saja namun juga bisa disebabkan oleh cara menyisirnya yang salah. Agar bulu tidak banyak yang rontok sebaiknya Anda menyisirnya di saat bulu kucing setengah kering. Jangan menyisirnya saat basah atau sudah benar-benar kering. Bulu kucing yang menggumpal sehabis mandi akan mudah sekali rontok jika  di sisir dalam kondisi yang basah. Begitu pula ketika sudah benar-benar kering bulu yang menggumpal akan lebih susah lagi untuk dipisahkan. Sehingga cara tepat untuk menyisirnya adalah di saat bulunya setengah kering.

menyisir bulu kucing yang benar
menyisir bulu kucing yang benar

Cara menyisir bulu kucing yang benar adalah dengan menyisir bulu di bagian perut dan kaki terlebih dahulu. Buatlah kucing menjadi nyaman ketika berada di dekat Anda. Setelah Anda menyisir di bagian perut dan kaki, Anda bisa beralih ke kepala kucing. Sisir lah mulai dari atas kepala sampai di bagian ekor. Sisirlah dengan lembut dan perlahan agar kucing merasakan nyaman. Jika kucing Anda kutuan, Anda bisa menggunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu pada kucing Anda.

Makanan yang Tepat

Kerontokan bulu juga bisa disebabkan oleh faktor makanan. Kucing yang sensitif dan terkena alergi akan mudah sekali mengalami reaksi terhadap makanan yang salah di konsumsinya tersebut. Jika kucing mengalami alergi kemudian mengonsumsi makanan yang membuatnya alergi maka akan menimbulkan beberapa macam reaksi salah satunya adalah mengalami kerontokan bulu. Oleh sebab itu telitilah sebelum memberikan makanan kepada kucing, baca komposisi bahannya apakah di dalamnya ada bahan yang bisa membuat kucing Anda menjadi alergi.

makanan yang sehat untuk kucing
makanan yang sehat untuk kucing

Demikianlah beberapa cara merawat bulu kucing persia agar tidak rontok dan bertambah lebat, semoga informasi ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*