7 Cara Merawat Anak Kucing Anggora yang Benar

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Cara merawat anak Kucing Anggora – Anak Kucing Anggora tentu saja memiliki perawatan yang berbeda dibandingkan dengan Anggora yang usianya sudah 6 bulan ke atas. Anak Anggora yang daya tahan tubuhnya belum stabil berumur sampai dengan 3 bulan, ketika umur 3 bulan ke atas daya tahan tubuhnya akan berangsur-angsur lebih stabil. Usia 3 bulan adalah usia yang rawan sebab perawatan yang salah bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Bahkan yang lebih parah adalah perawatan yang salah bisa menyebabkan anak Kucing Anggora mengalami kematian. Tentu saja hal tersebut tidak ingin terjadi pada anak Kucing Anggora Anda bukan?, oleh sebab itu simak cara merawat Anak Kucing Anggora berikut ini:

Memberikan Makanan yang Tepat

makanan yang tepat
makanan yang tepat

Cara yang pertama adalah memerikan makanan yang tepat. Makanan ini baru bisa diberikan pada umur 3 sampai dengan 4 minggu. Hal itu dikarenakan anak kucing atau kitten tersebut masih menyusu ke induknya. Dibutuhkan kesabaran yang extra ketika Anda akan memberikan makanan kepada anak Kucing Anggora. Jangan memberikan makanan yang kering untuk anak kucing Anda namun sebaiknya berikanlah makanan yang basah atau wet food agar kandungan air pada wet food tersebut bisa membantu pencernaan kitten atau kucing tersebut. Bisa juga Anda merendamnya menggunakan air hangat terlebih dahulu agar tekstur menjadi lebih lembut. Untuk menyuapinya Anda bisa menggunakan pipet atau sendok teh sebab anak kucing tersebut belum bisa makan memakan makanannya sendiri. Ketika sudah memasuki usia 2 sampai dengan 3 bulan Anda bisa mengurangi kandungan air pada makanan tersebut sebab kemampuan mengunyah kucing akan semakin membaik seiring dengan pertambahan umurnya.

Diimbangi dengan Sayur

kucing dengan sayur
kucing dengan sayur

Cara merawat anak Kucing Anggora selanjutnya adalah dengan mengimbanginya dengan sayur. Memang kucing adalah hewan karnivora yang menyukai berbagai macam makanan yang mengandung protein. Namun agar kebutuhan akan vitamin, mineral dan serat pada tubuh anak kucing menjadi terpenuhi Anda tetap harus memberikannya sayur yang bisa dikombinasikan dengan daging. Jangan memberikannya sayuran mentah, namun berikanlah sayuran yang sudah direbus kemudian Anda bisa menghaluskannya dengan cara ditumbuk kemudian berikan dengan sedikit air. Untuk menyuapi anak kucing tersebut Anda bisa menggunakan pipet atau sendok teh.

Porsi yang Cukup

makanan kucing porsi yang cukup
makanan kucing porsi yang cukup

Anda harus tahu porsi makan anak Kucing Anggora yang tepat. Jangan memberikan porsi makan Anak Kucing Anggora seperti dengan Kucing Anggora dewasa. Meski terlihat sepele, namun porsi makan yang tepat akan mendukung tumbuh dan kembang anak Kucing Anggora yang Anda miliki. Ketika anak kucing sudah disapih yaitu pada umur 4 minggu, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makanannya. Porsi makanan yang tepat sebanyak 6 gram setiap kali makan dan bisa Anda berikan sebanyak 3 kali sampai dengan  4 kali dalam sehari.

Mandikan Secara Teratur

kucing mandi teratur
kucing mandi teratur

Cara merawat anak Kucing Anggora selanjutnya adalah dengan memandikannya secara teratur. Memandikannya secara teratur bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga bulu anak Kucing tersebut. Jika jarang dibersihkan nantinya anak Kucing Anggora tersebut bulunya akan mudah sekali menggumpal sehingga jika dibiarkan terlalu lama akan mengalami kerontokan. Untuk membersihkan badan anak Kucing Anggora ini pun tidak boleh sembarangan, Anda harus menggunakan shampoo khusus anak kucing Anggora dan membersihkannya harus secara hati-hati karena kulit anak kucing masih lembut tergores sedikit saja akan mudah mengalami iritasi.

Waspada Iritasi

Kulit anak kucing lebih lembut dibandingkan dengan kulit Kucing Anggora dewasa. Kulit anak kucing rentan untuk terkena gesekan karena masih sangat sensitif, maka meskipun Anda sudah berhati-hati pasti akan ada kejadian dimana kulit anak kucing tersebut mengalami iritasi. Selain disebabkan oleh gesekan benda kasar, iritasi ini bisa disebabkan oleh kulit yang lembap yang mana bisa menyebabkan anak kucing mengalami infeksi jamur dan juga parasit. Untuk mengatasinya Anda harus melakukan beberapa cara agar anak Kucing Anggora terbebas dari infeksi jamur dan parasit. Caranya adalah dengan rutin membersihkan kandang kucing secara teratur. Selain itu Anda bisa memberikannya obat khusus untuk mengatasi jamur dan parasit tersebut. Obatnya pun harus dikonsultasikan kepada dokter hewan sebab dosis obatnya tidak boleh sembarangan, harus dikonsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Vaksin

Cara merawat anak Kucing Anggora
Cara merawat anak Kucing Anggora

Semakin dini pemberian vaksin maka semakin bagus. Tidak hanya manusia saja yang butuh vaksin namun anak kucing pun membutuhkan vaksin. Vaksin ini berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang anak Kucing Anggora. Vaksin yang diberikan pun beragam ada vaksin untuk mencegah herpes, rabies dan lain-lain. Vaksin ini harus diberikan oleh dokter hewan yang sudah berpengalaman. Mencegah penyakit lebih baik dibandingkan dengan mengobati, selain itu pengobatan anak kucing tersebut akan memakan biaya yang mahal sehingga akan bisa menghemat budget Anda jika anak kucing Anda sudah diberikan vaksin secara lengkap.

Kandang yang Hangat

Perawatan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memberikannya kandang yang hangat. Anak Kucing Anggora yang sudah disapih atau dipisahkan dari induknya membutuhkan kandang yang hangat dikarenakan tubuh mereka yang kecil belum mampu menjaga kestabilan suhu tubuh. Banyak dari anak Kucing Anggora yang saling berpelukan untuk saling menghangatkan tubuh mereka. Selain itu Anda bisa memberikan sinar lampu di kandang anak kucing agar suhu mereka tetap hangat.

Merawat anak Kucing Anggora dan anak kucing lainnya dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran. Hal itu dikarenakan tubuh mereka yang masih kecil membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa bertahan hidup. Cara merawat anak Kucing Anggora yang benar selain bisa menghindarkan dari berbagai macam penyakit juga bisa menghindarkan dari kekerdilan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*