6 Cara Merawat Kucing Persia Pignose dan Makanannya yang Tepat

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Kucing Persia Pignose banyak diminati oleh pecinta kucing. Hal itu dikarenakan kucing ini memiliki bentuk wajah yang lucu, hidung yang pesek dan pipi yang tembem.

Ketika ada perlombaan kucing ini memiliki popularitas yang tinggi dibandingkan dengan kucing persia yang lainnya. Pignose disebut juga dengan Peaknose.

Selain tinggi peminat, kucing ini pun dinobatkan sebagai salah satu jenis kucing persia termahal. Semakin pesek hidung dari kucing ini maka harganya semakin mahal, karena semakin pesek mukanya semakin lucu sehingga harga beli dan jualnya juga tinggi. Berikut ini adalah beberapa infomasi tentang kucing Persia Pignose yang wajib untuk Anda ketahui:

Perawatan Kucing Persia Pignose

Persia Pignose
Persia Pignose

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang kucing Persia Pignose adalah perawatannya. Setiap jenis kucing persia memiliki perawatannya masing-masing. Berikut ini adalah cara perawatan kucing persia jenis Pignose yang benar:

Menyisir Bulu Kucing

Perawatan pertama yang harus sering Anda lakukan adalah sering menyisir bulu kucing. Kucing yang sehat bisa terlihat dari bulunya. Semakin sering rontok bulu kucing tersebut maka kondisi kesehatannya menurun dan sedang tidak baik. Kucing yang tidak terlalu sering disisir bisa membuat bulu kucing menggumpal. Semakin sering bulu kucing tersebut menggumpal maka kerontokan bisa mudah terjadi. Kerontokan bulu kucing tidak hanya diakibatkan oleh penyakit namun juga disebabkan oleh frekuensi penyisiran yang kurang.

Perhatikan Kuping Kucing dengan Baik

Cara merawat kucing selanjutnya adalah dengan memperhatikan kuping kucingnya Membersihkan kuping kucing ini harus dilakukan secara berkala jangan sampai kuping kucing kotor dan menyebabkan penyakit. Untuk membersihkan kuping kucing ini pun cukup mudah yaitu Anda harus menyiapkan cotton bud yang lembut kemudian masukkan cotton bud tersebut ke dalam kuping kucing dengan perlahan-lahan. Hindari mengorek kuping kucing dengan kasar sebab bisa menimbulkan lecet dan terluka. Jika Anda kesulitan untuk melakukan cara ini bisa dengan membeli cairan khusus pembersih telinga kucing di pet shop khusus.

Kuku Kucing

Perawatan yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kuku kucing. Jangan biarkan kuku kucing terlau panjang sebab bisa melukai orang lain dengan kukunya tersebut. Agar kuku kucing sehat Anda harus memotong kukunya ketika sudah memanjang. Selain menyehatkan, kuku kucing yang pendek justru akan terlihat cantik. Kuku kucing yang panjang menjadi sarang kuman dan penyakit. Pemotongan kuku kucing ini bisa menggunakan alat potong kuku khusus hewan.

Vitamin

Pemberian vitamin secara berkala sangat dibutuhkan untuk kesehatan kucing Persia Pignose. Vitamin yang diberikan akan bermanfaat untuk menjaga kesehatannya, menjaga kecantikan bulunya dan juga menjaga nafsu makannya.  Untuk bisa mendapatkan vitamin khusus tersebut Anda bisa mendapatkannya di klinik hewan atau di Pet shop.

Treatment Jamur

Selain melakukan perawatan harian yang bisa dilakukan di rumah perawatan kucing Pignose juga bisa dilakukan di klinik hewan. Kucing jenis Pignose ini adalah kucing yang mudah sekali terkena jamur. Jika terkena jamur Anda harus melakukan perawatan di klinik hewan sebab harus ada treatment yang harus dilakukan. Treatment yang dilakukan untuk menghilangkan jamur salah satunya adalah dengan mandi khusus jamur.

Check Up Kesehatan

Hal yang tidak boleh dilupakan ketika merawat kucing adalah dengan melakukan check up kesehatan rutin. Meski kucing terlihat biasa-biasa tetap lakukanlah check up ini selama 3 bulan sekali. Hal tersebut berguna untuk mendeteksi penyakit yang tidak terlihat oleh mata.

Makanan Kucing Pignose

proplan untuk kucing
proplan untuk kucing

Agar kucing menjadi cepat gemuk dan bertambah lucu, Anda harus memperhatikan asupan makanannya. Jangan memberikan makanan yang sembarangan sebab bisa menyebabkan kucing menjadi sakit-sakitan. Ada beberapa makanan yang disarankan untuk Kucing Pignose ini yaitu sebagai berikut ini:

Makanan Kaleng

Makanan kaleng adalah makanan yang paling populer dan banyak diminati karena simple dan praktis. Meski harganya lumayan mahal, namun banyak masyarakat yang suka memberikan kucingnya makanan kaleng. Pilihlah makanan  kaleng yang kaya akan nutrisi dan gizi misalnya saja adalah Royal Canin, Proplan, Frieskies, Whiskas dan Me-O. Kandungan gizi dan nutrisi yang dimilikinya tersebut sudah teruji secara klinis.

Makanan Kucing Mentah

Salah satu makanan yang bisa diberikan kepada kucing Persia jenis Pignose adalah makanan mentah. Kucing adalah hewan karnivora yang menyukai makanan  mentah. Sayangnya Anda tidak boleh terlalu sering memberikan makanan mentah ini sebab kucing rentan untuk terkena bakteri. Bakteri tersebut melekat pada ikan dan daging mentah.

Kombinasi

Kucing akan mudah merasakan bosan jika mengonsumsi makanan yang sama terus menerus, oleh sebab itu lakukanlah kombinasi terhadap makanan yang akan diberikan. Misalnya saja adalah sayuran yang dikombinasikan dengan daging atau bisa juga dengan keju. Jika terus-terusan diberikan makanan kaleng tentu saja kucing cepat merasakan bosan

Harga

Kucing Persia Pignose memiliki harga yang bervariasi tergantung dengan umur, vaksinasi dan jenisnya. Salah satu jenis Pignose yang paling banyak diminati adalah Pignose extreme. Harga kucing Persia Pignose extreme ini bervariasi, paling murah di banderol dengan harga muai dari 1,5 juta rupiah an paling mahal bisa mencapai 10 juta rupiah.

Kucing Persia Pignose
Kucing Persia Pignose

Ketika akan merawat dan memelihara kucing, Anda harus benar-benar menyayanginya. Kucing adalah makhluk hidup yang harus diperlakukan dan dirawat dengan baik. Banyak yang hobi mengoleksi kucing berharga mahal, namun mereka malas mengurusnya akibatnya kucing menjadi sakit-sakitan. Salah satu kucing yang membutuhkan perawatan khusus adalah kucing persia jenis Pignose. Bagi yang berniat ingin memelihara kucing Persia Pignose ada baiknya jika Anda mengetahui semua informasi tentang kucing tersebut agar nantinya Anda bisa merawatnya dengan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*