6 Cara Melatih Kucing Anggora Supaya Jinak dan Cerdas

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Cara melatih Kucing Anggora – Pada dasarnya Kucing Anggora adalah kucing yang mudah bergaul, mudah diajak bermain dengan manusia dan pintar. Kepintaran Kucing Anggora ini pun banyak diakui oleh pecinta kucing. Mereka yang sukses melatih kucingnya bisa membentuk Kucing Anggora yang mereka miliki menjadi cerdas, aktif dan juga jinak. Pada dasarnya hewan dengan jenis karnivora memiliki sikap liar di dalam dirinya, namun jika Anda tahu cara menjinakkannya maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Setiap jenis kucing yang cocok dijadikan sebagai peliharaan pasti bisa menjadi jinak terutama kepada orang yang merawatnya dan juga memberinya makanan. Namun kepada orang asing yang belum dikenalnya dan belum pernah dilihat oleh kucing tersebut, kucing bisa menunjukkan sisi liarnya. Agar kucing menjadi cerdas, penurut dan jinak simak cara melatih Kucing Anggora berikut ini:

Melatih Pup Pada Tempatnya

kucing anggora pup
kucing anggora pup

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pecinta kucing adalah Kucing Anggora suka pup tidak pada tempatnya. Akan menjengkelkan jika kucing tersebut membuang kotorannya di sebarang tempat dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu diperlukan cara melatih Kucing Anggora Anda agar mau membuang pup pada tempatnya. Jika rumah Anda sudah tidak ada halaman dari tanah langkah yang bisa Anda lakukan adalah membuat toilet dari pasir. Kucing sangat suka sekali pup di pasir atau di tanah, jika rumah Anda tidak memiliki halaman berpasir atau dari tanah kucing tersebut terpaksa membuang kotorannya di atas batako atau di atas lantai.  Anda bisa meletakkan bak pasir di sekitar rumah, atau sehabis makan Anda bisa meletakkan Kucing Anggora di atas bak pasir agar kucing tidak pup sembarangan.

Membuat Kucing Tidak Pergi dari Rumah

Pernahkah Anda tidak menemukan kucing di dalam rumah?, kucing memang suka berkeliaran di luar rumah. Sama seperti dengan manusia, kucing akan cepat merasakan bosan jika terus berada di dalam rumah. Boleh saja kucing berkeliaran di sekitar rumah atau di lingkungan rumah asalkan tahu kemana di harus pulang dan kapan dia harus pulang. Kucing Anggora yang mahal memang akan lebih baik jika terus berada di dalam rumah, karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan kucing Anda jika berkeliaran di luar rumah.

kucing pergi dari rumah
kucing pergi dari rumah

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat kucing tidak pergi dari rumah ada baiknya Anda tahu apa saja yang bisa menyebabkan kucing Anda menjadi pergi dari rumah. Beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kucing pergi dari rumah adalah kucing merasa kurang diperhatikan dan kurang disayangi oleh majikannya, rumah yang tidak aman dan gangguan dari binatang lain.

Agar kucing betah di rumah ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Jika sudah tidak ada lagi yang menyebabkan kucing merasa terancam di dalam rumah tentu saja kucing tersebut akan betah tinggal di dalam rumah. Sering lah ajak kucing bermain dan eluslah bulunya agar kucing tersebut tahu jika Anda menyayanginya. Berikan makanan secara teratur dam tepat waktu kemudian hindarkan dari hewan peliharaan yang bisa membuat kucing menjadi ketakutan seperti anjing, ular dan lain sebagainya.

Melatih Kucing Agar Tidak Mencakar Perabotan

kucing mencakar perabotan
kucing mencakar perabotan

Kucing memiliki kebiasaan tertentu yang bisa membuat pemiliknya menjadi geleng-geleng kepala. Salah satu kebiasaan yang suit dihilangkan adalah kebiasaan mencakar. Kucing mahal seperti Anggora pun memiliki kebiasaan tersebut. Tentu saja Anda tidak ingin sofa kesayangan Anda terdapat banyak cakaran kucing. Cara melatih Kucing Anggora agar terhindar dari kebiasaan mencakarnya adalah dengan menyediakan tempat khusus untuk digunakan kucing sebagai tempat untuk mencakar. Tempat tersebut bisa terbuat dari kayu yang diikat dengan tali kemudian didirikan seperti batang pohon.  Sifat alamiah kucing berupa mencakar tersebut digunakan untuk menajamkan kuku yang berfungsi untuk mencengkeram mangsa dan perlindungan diri.

Menjinakkan Kucing

Meski Kucing Anggora adalah kucing yang ramah dan bersahabat, bukan berarti kucing tersebut tidak memiliki sifat liar di dalam dirinya. Untuk bisa menjinakkannya Anda harus rajin memberikan makan, ketika memberinya makan panggil dengan sebutan kesayangan atau bisa juga dengan memanggilnya puss.  Meski sudah jinak, jangan pernah menatap matanya sebab ketika kamu menatap matanya Anda sama saja menantangnya dan dia tidak akan pernah jinak dengan Anda.

Menghindari Kebiasaan Mencuri

Tidak hanya kucing liar atau lokal saja yang memiliki kebiasaan mencuri ini, namun kucing dengan harga mahal seperti Anggora pun akan memiliki sifat ini. Agar Kucing Anggora tidak mencuri makanan yang ada di dapur, Anda perlu melatihnya. Kucing akan mengambil makanan di dapur dikarenakan masih lapar dan belum puas dengan porsi makannya. Oleh sebab itu agar kucing tidak mencuri Anda harus memberikannya makanan di waktu yang tepat dengan porsi yang pas. Ketika sudah tidak lapar kucing akan tidur atau bermain dengan mainannya. Ada juga kucing yang bandel dimana masih suka mencuri makanan meskipun sudah kenyang. Untuk menghindarinya Anda bisa tepuk tangan dan mengucapkan kata larangan seperti jangan dan lain sebagainya agar kucing kaget dan mengurungkan niatnya.

Bersalaman

kucing bersalaman
kucing bersalaman

Kucing Anggora adalah kucing yang cerdas yang mana bisa diajarkan untuk membuka pintu lemari, membuka tas dan juga bersalaman. Akan terasa membanggakan jika Kucing Anggora Anda bisa bersalaman. Untuk bisa bersalaman, Anda bisa melatihnya dengan makanan. Caranya adalah Anda harus memberikan makanan dengan agak tinggi, hal tersebut akan membuat kucing fokus pada tangan Anda. Kucing Anda akan menaikkan tangannya dan menggapai tangan Anda dan makanan tersebut. Lakukan terus secara berulang-ulang.

Demikianlah cara melatih Kucing Anggora agar jinak, cerdas dan penurut, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*