5 Fakta Kucing Anggora Hitam dan Cara Merawatnya

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Kucing Anggora Hitam masih tergolong langka. Memang Kucing Anggora didominasi dengan bulunya yang putih. Meski begitu animo masyarakat terhadap Kucing Anggora dengan bulu hitam ini masih besar. Selain lucu, Anggora Hitam tersebut memiliki keunikan tersendiri. Bulunya yang halus dan berwarna hitam seolah menjadi daya magis tersendiri bagi kucing tersebut. Selain bulunya yang berbeda, ternyata perawatan Kucing Anggora dengan warna hitam tersebut berbeda jika dibandingkan dengan kucing dengan bulu lainnya seperti warna cokelat maupun putih. Hal itu dikarenakan salah perawatan bisa menyebabkan pigmen bulu tersebut menjadi berubah. Sebelum mengetahui cara perawatannya, simak fakta tentang Kucing Anggora Hitam berikut ini:

Bersahabat

Kucing Anggora Hitam
Kucing Anggora Hitam

Fakta Kucing Anggora Hitam yang pertama adalah kucing tersebut mampu bersahabat dengan manusia. Memang pada dasarnya Kucing Anggora adalah kucing yang bisa bersahabat dengan manusia hal itu dikarenakan sifatnya ramah dan mudah bergaul dengan manusia. Ada kucing yang sikapnya tertutup sehingga dia tidak bisa bermain dengan manusia. Berbeda dengan bulu yang putih, Anggora Hitam ini adalah kucing yang penurut dan baik. Jika Anda bisa memperlakukannya dengan baik maka kucing tersebut bisa menjadi teman Anda yang baik dan juga menyenangkan.

Mendatangkan Keberuntungan

Fakta menyenangkan dari Kucing Anggora dengan bulu hitam ini adalah dianggap sebagai kucing pembawa keberuntungan. Di wilayah Asia dan Inggris kucing dengan warna hitam tersebut dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Maka tidak mengherankan jika di kedua wilayah tersebut banyak yang memelihara Kucing Anggora dan kucing lainnya dengan warna hitam.

Warna Kombinasi

kucing warna kombinasi
kucing warna kombinasi

Jarang ada Kucing Anggora yang warnanya hitam murni, namun hitam tersebut biasanya dipadukan dengan warna yang lainnya misalnya saja adalah cokelat, putih dan juga merah. Pada bagian perut sampai dengan bagian kaki kucing tersebut berwarna putih sedangkan pada bagian muka, leher sampai dengan punggungnya kucing tersebut memiliki bulu hitam.

Banyak Peminat

Kucing Anggora maupun kucing lainnya yang berwarna hitam selalu banyak diminati. Banyaknya peminat tersebut membuat kucing dengan bulu hitam tersebut di banderol dengan harga yang cukup tinggi. Semakin banyak warna hitam pada kucing tersebut maka semakin mahal pula harganya. Misalnya Kucing Anggora dengan dominasi warna hitam seluruhnya harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan Kucing Anggora yang memiliki kombinasi warna hitam putih, hitam cokelat, hitam merah dan sebagainya.

Nilai Magis

kucing anggora hitam nilai magis
kucing anggora hitam nilai magis

Jika diperhatikan dengan saksama, Kucing Anggora dengan bulu hitam tersebut memiliki nilai magis tersendiri. Tatapannya yang tajam dengan bulu hitam mengkilap membuat kucing ini dianggap memiliki nilai magis. Nilai magis yang ada pada Kucing Anggora bulu hitam tersebut membuatnya terlihat mengagumkan dan berkelas, meski tidak jarang ada yang takut jika melihat kucing yang berbulu hitam tersebut.

Cara Merawat Kucing Anggora Hitam

kucing anggora loreng
kucing anggora loreng

Kucing Anggora Hitam membutuhkan perawatan tersendiri agar bulunya tidak berubah warna menjadi cokelat atau putih. Bulu kucing yang berubah warna dan juga yang mengalami kerontokan disebabkan oleh perawatan yang salah. Selain kucing dengan warna hitam, mungkin perawatan yang salah hanya akan menimbulkan kerontokan bulu namun tidak bagi kucing dengan warna hitam ini dimana selain rontok kucing hitam ini akan mengalami perubahan warna bulu atau warna yang pudar. Simak cara merawatnya berikut ini:

Menggunakan Shampoo Khusus

Cara merawat yang pertama adalah Anda bisa menggunakan shampoo khusus. Shampoo tersebut berguna untuk menjaga kesehatan bulu kucing terutama yang hitam menjadi lebih sehat, berkilau dan tentunya warnanya tidak menjadi pudar. Anda bisa membelinya di Pet Shop dan bertanya manakah shampoo yang cocok untuk Kucing Anda. Yang harus diperhatikan di sini adalah jangan sekali-kali menggunakan shampoo manusia untuk membersihkan bulu kucing tersebut karena shampoo kucing dan shampoo manusia memiliki Ph yang berbeda.

Memberikan Asupan Makanan yang Tepat

Cara merawat Kucing Anggora yang kedua adalah dengan memberikan asupan makanan yang tepat. Makanan inilah yang berperan penting untuk kesehatan Kucing Anggora tersebut. Makanan Kucing Anggora dibagi menjadi dua macam yaitu makanan dry food atau wet food. Anda juga bisa memberikannya makanan yang mengandung protein tinggi yang bakterinya sudah dihilangkan. Jika ingin memberikan makanan kemasan untuk Kucing Anggora bulu hitam sebaiknya Anda test alergi kucing Anda terlebih dahulu. Cobalah untuk memberikan makanan tertentu, jika kucing tersebut tidak memberikan reaksi apa-apa seperti sesak napas atau gatal-gatal, Anda bisa memberikan makanan tersebut. Agar tidak cepat bosan, Anda juga bisa memberinya makanan yang lebih variatif misalnya hari ini memberikan jenis dry food, kemudian hari berikutnya diberikan wet food dan lusa diberikan makanan yang mengandung protein tinggi. Kucing juga memiliki makanan favorit masing-masing, oleh sebab itu sesuaikanlah dengan selera kucing Anda.

Bersihkan Kandang Kucing

Merawat Kucing Anggora selanjutnya adalah dengan membersihkan kandang kucing secara teratur. Kandang kucing yang kotor bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada kucing tersebut. Bersihkanlah kotoran kucing sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore. Cucilah kandang kucing sebanyak satu kali dalam seminggu, kemudian jemur kandang kucing setelah kering semprot dengan cairan desinfektan yang terbukti bisa membunuh kuman dan penyakit.

Menjemur Kucing

Berjemur di pagi hari tidak hanya bagus untuk kesehatan manusia saja, namun kucing pun akan merasakan manfaat dari berjemur tersebut. Vitamin D pada sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi kucing sehingga kucing akan menjadi sehat selalu. Kucing yang rutin dijemur maksimal 20 menit setiap paginya akan lebih lincah dibandingkan dengan kucing yang tidak pernah dijemur.

Demikianlah fakta Kucing Anggora Hitam dan perawatannya, semoga informasi ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*