5 Cara Mengatasi Kucing Anggora Demam Paling Efektif

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Cara mengatasi Kucing Anggora demam – Salah satu penyakit yang bisa menyerang kucing anggora adalah demam. Demam ini bukanlah penyakit namun gejala dari penyakit. Ketika kucing anggora demam Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Setidaknya sebelum membawanya ke dokter hewan, Anda sudah harus tahu bagaimana cara mengatasi demam pada kucing anggora Anda. Jika demam tidak kunjung sembuh, barulah Anda bisa membawanya ke dokter hewan. Suhu tubuh kucing yang tinggi ini bisa diukur menggunakan termometer, jika suhu tubuhnya lebih dari 40 derajat celcius Anda bisa langsung membawanya ke doter hewan, namun jika suhunya masih berkisar 38 sampai dengan 39 derajat celcius Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi Kucing Anggora demam berikut ini:

Air Putih yang Cukup

minum cukup air
minum cukup air

Cara mengatasi Kucing Anggora demam yang pertama adalah dengan memberikan air putih yang cukup. Ketika demam kucing tidak boleh dehidrasi dikarenakan kucing bisa kekurangan cairan. Ketika sudah kekurangan cairan kucing harus di opname dan diberikan cairan tambahan seperti infus. Coba amati perubahan suhu tubuh Kucing Anggora Anda apakah panasnya sudah berkurang atau masih stabil. Coba terus berikan air putih yang cukup selama satu hari tersebut, jika esoknya kucing masih demam Anda bisa mencoba membawanya ke dokter hewan.

Suplemen Energi dan Vitamin B

suplemen vitamin B bagi kucing
suplemen vitamin B bagi kucing

Suplemen energi dan vitamin sangat dibutuhkan ketika kucing sedang sakit. Suplemen dan vitamin itu bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin memberikan kucing Anda obat-obatan. Saat sakit Kucing Anggora maupun kucing lainnya sedang sakit nafsu makannya menjadi berkurang. Padahal makanan menjadi salah satu hal yang penting bagi kesehatan kucing. Ketika tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh akibatnya adalah Kucing Anggora akan menjadi lemas dan bisa mudah terkena komplikasi. Oleh sebab itulah dibutuhkan suplemen yang bisa digunakan untuk menambah nafsu makan bagi kucing Anggora Anda. Vitamin B juga perlu diberikan kepada kucing Anggora ini dikarenakan vitamin tersebut tidak akan bisa didapatkan dari makanan kucing lainnya.

Mendinginkan Suhu Tubuh Kucing

cara mendinginkan suhu tubuh kucing
cara mendinginkan suhu tubuh kucing

Cara mengatasi Kucing Anggora demam selanjutnya adalah dengan mendinginkan tubuh kucing. Mendinginkan tubuh kucing yang terkena demam adalah salah satu cara efektif untuk membuat suhu tubuh kucing menjadi lebih stabil. Ketika kucing demam tidak disarankan untuk memberikan selimut atau memberikan kucing pakaian yang tebal. Untuk bisa mendapatkan suhu yang stabil Anda bisa membawa kucing ke tempat yang sejuk atau bisa juga dengan menjaga suhu rumah Anda lebih dingin dengan kipas angin atau AC.

Obat Anti Demam

Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan obat anti demam yang aman. Saat ini ada beberapa obat anti demam khusus kucing yang dijual di toko obat. Selektiflah dalam memilih obat. Teliti apakah Kucing Anggora yang Anda pelihara mengalami alergi obat atau tidak. Obat anti demam yang bisa Anda pilih misalnya saja adalah tolfenamic acid. Obat ini merupakan obat paling efektif dan aman untuk mengatasi demam Kucing Anggora Anda. Tidak hanya demam saja, namun obat tersebut bisa digunakan untuk mengatasi infeksi, tumor, trauma dan beberapa penyakit lainnya. Jika memang demam yang Kucing Anggora Anda derita disebabkan oleh infeksi obat ini bisa meredakan demam dan mengobati infeksinya.

Meloxicam

beri kucing meloxam
beri kucing meloxam

Selain obat tersebut, obat yang bisa digunakan untuk mengobati demam kucing adalah Meloxicam. Tidak hanya kucing saja namun untuk anjing pun bisa menggunakan obat ini. Cara mengobati demam Kucing Anggora dengan cara ini adalah memberikannya sebanyak 1,5 mg/ml setelah makan. Harus diberikan sesuai dengan aturan agar tidak menjadi over dosis.

Ciri Kucing Demam

Ada pecinta kucing yang tidak tahu seperti apakah kucing yang sedang demam tersebut. Jika tidak diukur suhu tubuhnya dengan termometer, Anda bisa mengenali ciri-ciri kucing yang sedang demam. Jika ciri-cirinya dikenali lebih dini, Anda bisa memberikan pengobatan yang tepat untuk kucing Anda. Berikut ini adalah ciri-ciri Kucing Anggora yang demam:

Suhu Tubuh Meningkat

Ciri yang pertama tentu saja adalah suhu tubuhnya meningkat. Ketika menyentuh Kucing Anggora Anda, suhunya menjadi tidak biasa. Meskipun tertutupi dengan bulu yang lebat namun ketika ada suhu tubuh yang tidak normal maka tetap saja akan terasa. Untuk mengecek suhu tubuhnya Anda bisa mengukurnya menggunakan termometer.

Terlihat Lesu

Ciri Kucing Anggora demam selanjutnya adalah tubuhnya terlihat lesu. Kucing Anggora dikenal sebagai kucing yang agresif dan suka bermain, namun ketika demam melandanya kucing tersebut akan lesu dan tidak bernafsu untuk bergerak. Dia suka tiduran dan melingkarkan tubuhnya. Jika Anda menjumpai kucing Anda tidak seperti biasanya Anda harus mulai curiga jika kucing Anda sedang tidak sehat.

Tidak Nafsu Makan

Demam akan menyebabkan nafsu makan kucing Anggora menjadi menurun. Hal itu dikarenakan ketika demam terjadi biasanya lidah kucing menjadi pahit dan semua makanan  yang masuk ke dalam tubuhnya menjadi terasa hambar dan tidak enak. Oleh sebab itu dibutuhkan vitamin dan suplemen penambah nafsu makan agar nafsu makan kucing Angora menjadi membaik.

Diare

Demam juga bisa disertai dengan diare. Hal itu bisa terjadi jika kucing yang demam disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengganggu saluran pencernaannya. Ketika kucing diare berikan asupan air yang cukup agar kucing tidak menjadi dehidrasi. Dehidrasi ini sangat berbahaya sebab bisa menyebabkan darah kucing mengalami kekentalan sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Demikianlah ciri-ciri dan cara mengatasi kucing Anggora demam, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*