12 Cara Menemukan Kucing Hilang dan Kabur dari Rumah

….Kategori Hobi Kucing ini adalah kolaborasi antara SoloRaya.Com dengan website sukakucing.com. Daftar artikel hobi kucing, cek di sini.

Cara menemukan kucing hilang – Ketika kucing hilang tentu pemiliknya akan merasa cemas dan khawatir. Terutama jika kucing tersebut memiliki harga yang mahal seperti Persia ras asli dan Anggora ras asli.  Meskipun kucing sudah rumahan namun tidak menutup kemungkinan kucing tersebut kabur dan pergi dari rumah. Ada juga kucing yang bersembunyi di sekitar rumah namun tidak mau merespons panggilan majikannya. Kucing yang sudah jinak dan kenal dengan suara majikannya ketika dipanggil akan meresponsnya dengan cara mengeong. Penyebab kucing pergi dari dalam rumah kebanyakan disebabkan karena dirinya merasa tidak nyaman dan sudah tidak diperhatikan.  Simak cara menemukan kucing hilang berikut ini:

Segera Lakukan Pencarian

kucing dan majikan
kucing dan majikan

Ketika Anda merasa kucing Anda tidak berada di tempatnya, segeralah melakukan pencarian. Jika belum lama hilang besar kemungkinannya kucing tersebut masih berada di sekitar rumah. Akan menjadi berbeda jika Anda meninggalkan kucing berjam-jam lamanya, kemungkinan kucing sudah berada jauh dari lingkungan rumah. Disarankan bagi Anda yang akan pergi ke luar rumah atau bepergian selalu kurung kucing Anda di dalam kandang. Barulah ketika pulang Anda bisa melepaskannya dari kandang dan mengajaknya bermain di luar kandang. Ketika Anda meninggalkannya terlalu lama ajaklah kucing Anda berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah agar rasa jenuh dan penat ketika berada di dalam kandang menjadi hilang. Rasa jenuh dan bosan yang terjadi terus menerus bisa menjadi penyebab kucing pergi meninggalkan rumah.

Saat kucing hilang bersikaplah tenang dan jangan panik sebab panik tersebut tidak akan membantu apapun. Jika Anda baru saja pindah rumah yang mana jarak rumahnya tidak terlalu jauh pergilah ke rumah lama Anda dan lakukan pencarian di sana. Namun jika jarak rumah baru dengan rumah lama jauh Anda bisa bertanya kepada teman, keluarga atau tetangga yang ada di sekitar rumah baru Anda yang mungkin saja melihat keberadaan kucing Anda tersebut.

Senter

Cara menemukan kucing hilang
Cara menemukan kucing hilang

Meski Anda melakukan pencarian ketika siang hari, Anda bisa membawa alat bantu berupa senter untuk penerangan. Kucing suka bersembunyi di kolong-kolong yang gelap. Dengan bantuan senter, Anda akan lebih mudah menangkap pantulan mata kucing yang kebanyakan akan mengkilap ketika terkena cahaya.

Memanggil Panggilannya

Cara menemukan kucing hilang
Cara menemukan kucing hilang

Cara menemukan kucing hilang yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanggil nama kesayangannya. Panggillah nama kesayangannya dengan lembut dan hindari memanggil dengan intonasi yang kasar sebab kucing akan semakin merasa ketakutan ketika mendengarkan panggilan dengan suara yang keras.

Menghindarkan dari Binatang Lain

Kucing yang tersesat dan tidak tahu jalan pulang biasanya dalam kondisi ketakutan. Ketika ketakutan jangan membuat kucing tersebut semakin takut. Hindarkan kucing dari anjing atau kucing lain yang bisa membuatnya ketakutan. Mencari kucing Anda menggunakan anjing atau kucing lain bukanlah cara yang tepat untuk menemukan kucing yang hilang.

Membawa Mainan Kesukaan

mainan kesukaan kucing
mainan kesukaan kucing

Cara menemukan kucing hilang yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa mainan kesukaannya. Selama ini kucing suka bermain menggunakan mainan dari plastik maupun  karet. Anda bisa menggunakan mainan tersebut untuk bisa menemukan keberadaannya. Kucing yang bersembunyi pun bisa muncul ketika melihat mainannya berada di dekatnya. Membawa mainan kesukaannya membuat rasa takut kucing hilang karena seolah-olah Anda akan mengajak kucing tersebut bermain.

Bantuan Teman dan Tetangga

Untuk menemukan kucing yang hilang atau bersembunyi Anda bisa meminta bantuan dari teman atau tetangga Anda. Anda juga bisa memperingatkan orang yang ikut bersama Anda untuk bersikap tenang dan tidak membuat gerakan tiba-tiba. Kegaduhan dan gerakan yang tiba-tiba bisa membuat kucing berpindah dari tempatnya semula karena ketakutan. Berpencarlah untuk mencari kucing secara efektif. Pastikan Anda memiliki nomor kontak semua orang yang ikut dalam pencarian agar ketika ada salah satu diantara kalian yang menemukannya bisa langsung memberikan informasi.

Tempat Persembunyian

tempat bersembunyi kucing
tempat bersembunyi kucing

Cara mencari kucing yang hilang adalah mengetahui tempat-tempat persembunyian kucing. Saat kucing berlari ketakutan dia akan bersembunyi di dedaunan atau semak yang lebat, di bawah kolong, garasi dan gudang. Periksalah tempat-tempa tersebut selama pencarian. Anda juga bisa memperluas pencarian ke saluran pembuangan, di dalam pipa, ventilasi maupun di daerah lainnya.

Jarak Lima Rumah

Paling jauh kucing akan pergi dengan jarak lima rumah dari rumah Anda. Kucing tersebut akan berada di sana dan tetap diam selama berhari-hari sampai Anda menemukannya.

Tempat yang Tinggi

tempat yang tinggi
tempat yang tinggi

Kucing juga menyukai tempat-tempat yang tinggi. Meski Anda sudah menumpulkan cakarnya, kucing akan tetap bisa memanjat terutama ketika kucing tersebut sedang ketakutan. Oleh sebab itu carilah di tempat yang tinggi misalnya saja di atas pohon, atap maupun celah antara atap dan juga dinding. Kucing akan suka melingkarkan tubuhnya ketika berada di tempat yang tinggi tersebut.

Tempat yang Hangat

Ketika cuaca sedang dingin, kucing akan bersembunyi di tempat yang hangat. Carilah di belakang pemanas ruangan, ventilasi pemanas atau yang paling sering adalah berada di bawah mesin mobil yang hangat.

Rumah dan Halaman Tetangga

habitat kucing
habitat kucing

Anda bisa mencari kucing yang hilang di rumah maupun di toko yang jaraknya dekat dengan rumah Anda. Mintalah izin kepada tetangga untuk mengecek semua tempat di bangunan mereka atau mencari di sekitar halaman rumah. Pusatkan pada semua tempat persembunyian yang bisa saja digunakan oleh kucing bersembunyi misalnya saja di celah bangunan, di kolong rumah dan lain sebagainya. Meski terlihat tidak sopan namun cara ini cukup efektif untuk bisa menemukan kucing Anda kembali.

Kucing Terjebak

Kucing yang hilang bisa saja dikarenakan terjebak pada satu tempat atau lokasi. Bisa saja kucing Anda terjebak pada lubang, puing maupun alat-alat bangunan di rumah atau bangunan yang sedang dibangun. Kucing bisa saja terkunci di dalam garasi milik tetangga. Dan yang terakhir adalah kucing terbawa ke dalam mobil atau truck khususnya bagi kucing yang memiliki kebiasaan tidur atau bermain di dalam mobil.

Demikianlah beberapa cara menemukan kucing hilang yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*