Di Solo bingung mau jalan ke mana? Nih rekomendasinya…

Kalau Anda bingung mau jalan-jalan ke mana saat berada di Solo, nih ada beberapa tempat yang rekomended untuk Anda. Ada wisata kuliner, ada obyek untuk belanja, ada juga yang cocok banget untuk nongkrong.

Pura Mangkunegaran Surakarta

Pura mangkunegaran surakarta sebagai destinasi wisata di solo via maeshare.blogspot.com

Pura Mangkunegaran Surakarta biasa disebut Museum Rekso Pustaka, merupakan salah satu destinasi wisata di Solo, di tempat ini kita bisa melihat sejarah tentang abdi dalem Keraton Surakarta dari zamannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyawa. Terdiri dari dua bagian utama pendopo dan dalem, yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Abdi dalem Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu kerajaan yang berada di Pulau Jawa. Dengan gaya arsitektur bergaya Jawa dan Eropa membungkus Keraton Surakarta Hadiningrat, dipenuhi patung para dewa dewi yang bertebaran disetiap sisi ruangan. Di sebelah bangunan utama berdiri sebuah museum yang berisikan pusaka kerajaan, tempat penyimpanan kereta kuda dan kusirnya, senjata kuno, keris dan benda antik lainnya. Tempat ini merupakan destinasi wisata di Solo yang setiap harinya selalu ada pengunjung

Car Free Day

JIBI/Solopos/Ivanovich Aldino

Kamu harus mengunjungi car free day di kota Solo jika kamu berkunjung dan melewati minggu pagi. Car free day ini sudah menjadi tempat wisata di Solo yang menjadi ajang unjuk kreativitas warga Solo. Kamu bisa melihat wajah ramah penduduk Solo, bahkan terkadang walikota dan wakilnya ikut car free day berbaur dengan masyarakat Solo.

Pasar Tiban Manahan

wisata kota solo pedagang sunday market manahan via joglosemar.co

Pasar tiban manahan hanya ada setiap minggu pagi sampai pukul 11 siang. Buat kamu yang datang untuk wisata di Solo kamu bisa mengikuti Car Free Day terlebih dahulu baru setelahnya mengunjungi Pasar Tiban Manahan. Jarak cuma 1 km.

Baca juga  Obyek pilihan wisata Sragen ala "Tempat Wisata Indonesia"

Pasar Klewer

Untuk kamu yang berniat memberikan oleh-oleh baju atau batik kamu bisa datang ke Pasar klewer, yang merupakan destinasi wisata di Solo, terletak berdekatan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. Untuk harga relatif murah tergantung apakah kamu pintar menawar atau tidak.

Bank Indonesia Solo

wisata tempat nongkrong anak muda solo via solopos.com

Merupakan tempat nongkrong asik buat kawula muda, meski begitu banyak orang luar Solo yang ikut nongkrong sekalian mereka berwisata di Solo. Disini tempatnya bakso bakar dan bakso goreng lapis telur yang akan menggoyang lidahmu, tersedia rasa manis sampai yang pedas.

Galabo Solo

wisata di galabo solo via meiraquw.wordpress.com

Terletak disebelah timur bundaran gladag, tempat ini ketika siang merupakan jalan raya dan menjadi tempat wisata kuliner ketika malam hari. banyak wisatawan yang datang ke Solo meyempatkan mampir kesini. Menjadi pusatnya kuliner Solo pada malam hari.

Taman Balekambang

festival payung yang menjadi daya tarik solo via /www.klikhotel.com

Tempat yang harus dikunjungi ketika berwisata di Solo. Tempat ini merupakan taman kota dan menjadi ruang publik bagi warga Solo. Mempunyai luas hampir 10 hektar dan dibangun sudah sejak 1921 oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VII untuk putri-putri tercintanya. Dan direvitalisasi total pada tahun 2008.

Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari

Wisatawan mengantri di depan gerbang masuk thr via www.solopos.com

Terletak di jantung kota dan menjadi tujuan wisata di Solo, merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai, baik untuk warga Solo sendiri maupun mereka yang datang dari luar kota. THR sriwedari tidak dikhususkan untuk anak-anak saja. Terdapat banyak wahana bermain disini.

Baca juga  POP Hotel: Profil 10 hotel pilihan di Solo (3)

Kampung Batik

wisata solo ke kampung batik laweyan via rentalhiacedijogja.com

Banyak turis mancanegara yang berwisata di Solo untuk sekedar mengunjungi kampung batik, terdapat dua kampung batik di Solo, Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Yang menjadi pusat industri batik dan merupakan cagar budaya nasional.

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)

Wisatawan melihat-lihat hewan awetandi tempat wisata solo TSTJ via beritadaerah.co.id

Taman Satwa Taru Jurug menjadi satu-satunya kebun binatang yang berada di Solo dan sekitarnya, karenanya merupakan destinasi wisata di Solo, tempatnya bersebelahan dengan kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), di timur kota Solo. Dulunya menjadi primadona pariwisata di Solo.

Ngarsopuro Night Market

Wisata Ngarsopuro Night Market di Solo via klikhotel.com

Menjadi destinasi wisata di Solo bagi wisatawan yang mencari sesuatu yang unik dari kota Solo, Pasalnya disini tempat penjualan barang kerajinan dan oleh-oleh khas Solo, beserta wisata kuliner sekaligus. Dan hanya buka pada Hari Sabtu dan Minggu malam saja.

Museum Batik Danar Hadi

WIsata Museum Batik Danar Hadi di Solo via travellers.web.id

Museum Batik Danar Hadi, atau biasa disebut House of Danar Hadi, didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi pada tahun 2008. Mungkin tempat ini menjadi museum batik terbaik di dunia lantaran mempunyai lebih dari sepuluh ribu helai kain batik dari Solo sejak zaman penjajahan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat tujuan wisata di Solo.

Solo Paragon Mall

image via youngnesia.com

Solo Square

image via jalansolo.com

Markobar, Solo

foto dari @zanadp_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here