Ini dia tempat piknik asyik di Karanganyar

Karanganyar jelas menyimpan sejuta pesona wisata. Baik dari sisi panorama alam, budaya maupun kulinernya. Nah apa saja obyek wisata di sana yang wajib ditengok? Berikut adalah katalog wisata Karanganyar Jawa Tengah yang disajikan oleh tempatwisatakeluarga.com dan mytrip123.com.

Tempat usaha Anda belum tercatat di web ini? Hubungi kami di sini.

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu bisa dibilang sebagai tempat liburan di Karanganyar yang paling terkenal dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu ini, berada di Kalisoro, Tawangmangu. Untuk sampai ke lokasi, para pengunjung harus melewati tangga sebanyak 1.250 buah.

Sepertinya anak tangganya sangat banyak dan terdengar melelahkan, namun sebenarnya tidak semengerikan itu.

 tempat liburan di Karanganyar
foto dari @kevin_bagaskara31

Karena suasana di sekitar yang hijau ditambah kera-kera yang berkeliaran dengan bermacam tingkah lakunya membuat rasa lelah terlupakan begitu saja.

Di samping keindahan alamnya yang memukau, Grojogan Sewu juga terkenal sebagai tempat wisata angker di Karanganyar. Di sana terdapat sebuah jembatan kayu bernama kretek pegat yang sebenarnya sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

Akan tetapi, menurut mitos yang beredar, apabila sepasang kekasih melewatinya, maka hubungan mereka akan berakhir di tengah jalan.

Menurut beberapa tokoh spiritual, ini dikarenakan jembatan itu memiliki aura pegat sihatau perpisahan. Dan ketika sore, akan terlihat sosok kakek-kakek yang konon merupakan abdi setia penunggu Grojogan Sewu, melewati kabut di sekitar jembatan.

2. Air Terjun Jumog

Tempat wisata alam Karanganyar
foto dari @reyzhawahyupermadi

Tempat wisata alam Karanganyar ini letaknya tidak jauh dari Grojogan Sewu dengan akses yang kurang lebih sama. Meskipun begitu, Air Terjun Jumog bisa dibilang kalah tenar dan belum banyak didatangi pelancong jika dibandingkan dengan Grojogan Sewu.

Padahal untuk sampai ke air terjunnya, wisatawan tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh. Dan tidak perlu melewati hingga seribu anak tangga.

Namun memang untuk debit air lebih kecil daripada Grojogan Sewu dan di Jumog juga jarang ada kera yang berkeliaran.

Suasana yang disajikan kurang lebih sama, hanya saja karena lebih sepi dari pengunjung membuat Air Terjun Jumog terasa lebih menenangkan.

3. Air Terjun Pringgodani

tempat berfoto di Karanganyar
foto dari @alwinanda_

Satu lagi air terjun yang bisa menjadi tempat berfoto di Karanganyar, Air Terjun Pringgodani. Lokasi wisata ini terletak di kakai Gunung Lawu, tepatnya di Kelurahan Blumbang, sekitar 4 Km dari terminal bus Tawangmangu.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter dan memiliki dua tingkat, air terjun ini terlihat sangat spektakuler. Sayangnya akses menuju ke sana sangat sulit dengan medan yang cukup berat, sehingga hanya bisa dilihat dari kejauhan.

Biasanya wisatawan menikmati keindahan air terjun tersebut di Sendang Pengantin di atas air terjun yang terdiri dari tujuh kucuran air.

4. Agrowisata Amanah

tempat wisata amanah Karanganyar
foto dari @fitriachahya31

Lokasi outbound yang biasa disebut tempat wisata amanah Karanganyar ini merupakan tempat rekreasi buatan yang tertata sangat rapi.

Di sini tersedia area outbound, tempat makan, dan penginapan yang saling berkesinambungan. Area yang dibangun di atas tanah seluas kira-kira 9 hektar ini ditanami beragam sayur dan buah untuk kebutuhan restorannya.

Tidak hanya itu, di sini juga merupakan salah satu tempat bermain anak di Karanganyar yang bisa membuat si kecil betah.

Karena Agrowisata Amanah memiliki beragam wahana outbound menarik dilengkapi karyawan-karyawan yang secara profesional akan membantu buah hati Anda selama kegiatan.

Beberapa arena bermain yag bisa dilakukan adalah budidaya ikan, praktik beternak dan juga berkebun. Sehingga selain bersenang-senang, anak Anda juga sekaligus mendapat edukasi yang baik bagi tumbuh kembang mereka.

5. Telaga Madirda

Tempat wisata di Karanganyar Telaga Madirda
foto dari @khori_ila

Tempat wisata di Karanganyar, Telaga Madirda merupakan salah satu dari sekian banyak keindahan alam yang tersembunyi di Kabupaten ini. L

okasinya terletak di Ngargoyoso, tidak jauh dari air terjun Jumog, tetapi hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Mungkin itu yang membuat tempat ini belum terlalu banyak dibicarakan dan dipilih untuk tempat rekreasi sebagai pelepas lelah.

Padahal suasana yang diberikan sangat sejuk dan mampu merefresh segala kepenatan dari rutinitas harian yang menimbulkan kejenuhan.

Pemandangan yang hijau dilengkapi dengan telaga berisi air bersih membuat waktu berjalan sangat cepat ketika berada di sana.

Ada sedikit cerita menarik di Telaga Madirda yang merupakan obyek wisata di karanganyar jawa tengah ini. Konon sebuah batu yang terdapat di sana merupakan batu tempat Retno Anjani bertapa dan melahirkan Anoman.

Hingga saat ini batu tersebut dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, dan telaga ini juga dijadikan ritual kegamaan oleh umat Hindu.

6. Astana Giribangun

tempat menarik di Karanganyar
foto dari @oktiyana

Selain wisata alam, tempat menarik di Karanganyar yang harus dikunjungi untuk membuat kita lebih mengenal sejarah adalah makam Pak Suharto.

Sebagai presiden kedua dan terlama di Indonesia, sudah pasti jasa-jasa beliau begitu banyak bagi kemajuan negara ini. Untuk itu tidak ada salahnya mengunjungi tempat peristirahatan terakhir beliau yang terletak di Kabupaten Karanganyar.

Dalam kompleks pemakaman yang dinamai Astana Giribangun ini juga terdapat makam Ibu Tin Soeharto serta beberapa keluarga beliau yang lain.

7. Perkebunan Teh Kemuning

Tempat rekreasi di Karanganyar
foto dari @dzikraimron

Tempat rekreasi di Karanganyar yang tidak boleh dilewatkan lagi adalah Perkebunan Teh Kemuning. Yang berada tidak jauh dari Air Terjun Jumog.

Lokasinya yang berada di ketinggian menjadikan udaranya terasa sejuk dengan pemandangan yang sangat memanjakan indra penglihatan. Pengunjung juga bisa membeli teh hasil panen di sana yang banyak di jual oleh pedagang di sekitar kebun teh.

Selain menikmati teh hangat untuk mengusir rasa dingin yang menusuk tulang. Disediakan juga daun teh kering yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Di area ini juga terdapat tempat asik yang sedang hits di kalangan anak muda Karanganyar yaitu Rumah Teh Ndoro Donker. Dengan bangunan unik bergaya Belanda membuat banyak orang menajadikannya sebagai objek foto.

Di sana tersedia beragam jenis teh dan makanan serta cemilan yang dijual dengan harga cukup terjangkau.

8. Agrowisata Sondokoro

wisata keluarga di Karanganyar
foto dari @cuphe_syifha

Agrowisata Sondokoro merupakan wisata keluarga di Karanganyar yang terletak di sekitar Parik Gula Tasikmadu.

Pabrik gula ini berada di bawah naungan PTPN IX Jawa Tengah yang merupakan salah satu pabrik peninggalan Belanda. Di area ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh keluarga, seperti flying fox, waterboom, dan masih banyak permainan lainnya.

Baca juga  The Heritage Palace: Satu lagi arena selfie unggulan

Apabila lelah berkeliling, Anda bisa menaiki kereta tua yang unik dan antik yang akan mengantarkan Anda memutari area Sondokoro.

Selain lokasi outbound dengan banyak wahana permainan, di Agrowisata Sondokoro ini juga terdapat beberapa hewan langka yang dipelihara di sana. Pemandangannya juga bagus untuk dijadikan tempat hunting di Karanganyar.

Jadi Anda tidak perlu khawatir merasa bosan ketika sedang mengantar si kecil rekreasi ke Agrowisata Sondokoro.

9. Candi Cetho

Tempat wisata candi di Karanganyar
foto dari @dhia_ar

Tempat wisata candi di Karanganyar yang cukup populer adalah Candi Cetho yang merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit.

Candi ini terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Di kompleks Candi Cetho ini juga terdapat petilasan Ki Ageng Krincingwesi, beliau adalah leluhur Dusun Cetho.

Candi ini dibangun di atas tanah berundak dengan sebelas teras yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Tempat bersejarah ini cukup sering didatangi oleh pemburu keindahan senja dari ketinggian karena memberikan pemandangan yang sangat apik.

10. Candi Sukuh

Tempat wisata indah di Karanganyar
foto dari @farizqomarul

Tidak jauh dari Candi Cetho, terdapat sebuah candi yang cukup unik. Karena strukturnya lebih mirip bangunan Suku Maya, Meksico atau Suku Inca Peru.

Candi yang bisa dibilang berbeda jika dibandingkan dengan candi-candi lain di Indonesia tersebut bernama Candi Sukuh. Di candi ini juga terdapat banyak patung erotis yang menurut beberapa literatur merupakan lambang kesuburan.

Tempat wisata indah di Karanganyar ini menjadi salah satu lokasi yang wajib Anda kunjungi mengingat keunikan yang ditawarkannya.

11. Pemandian Sapta Tirta Pablengan

objek wisata murah di Karanganyar
image via TOCONFP.org

Pemandian Sapta Tirta Pablengan merupakan objek wisata murah di Karanganyar tetapi memberi kesan yang luar biasa.

Dengan harga tiket yang hanya sebesar Rp.3.000 Anda bisa menikmati suasana yang amat menyenyangkan. Merujuk dari namanya, tempat ini memiliki tujuh buah sumber mata air yang memiliki rasa berbeda, padahal terletak di satu area.

Tujuh mata air tersebut adalah, yang pertama Sumber Air Bleng yang digunakan sebagai bahan pembatan kerupuk atau karak. Yang kedua Sumber Air Kesakten yang dipercaya mampu mensucikan badan serta menambah kekuatan.

Mata air ketiga adalah Sumber Air Mati yang jumlahnya tidak bertambah atau berkurang. Namun konon tidak boleh digunakan untuk mandi maupun minum.

Sumber Air Urus-Urus merupakan mata air keempat yang biasa digunakan untuk memperlancar buang air besar. Sedangkan Sumber Air Hangat, yang merupakan mata air kelima dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit, gatal-gatal, dan rematik.

Untuk sumber air keenam, konon mampu membuat awet muda apabila digunakan untuk mencuci wajah. Mata air ini disebut Sumber Air Hidup.

Dan sumber air ketujuh, Sumber Air Soda, yang mengandung soda alami. Bisa mengobati berbagai penyakit organ dalam, seperti ginjal, TBC, liver, serta diabetes.

Tempat wisata air di Karanganyar ini bisa Anda kunjungi jika sudah jenuh dengan waterboom. Atau kolam renang yang ada di perkotaan.

12. Alun-Alun Karanganyar

tempat hiburan malam di Karanganyar
foto dari @ibnufatur

Alun-Alun Karanganyar seringkali dijadikan tujuan sebagai tempat hiburan malam di Karanganyar. Saat ini alun-alun Karanganyar sudah cukup ramai karena terdapat beberapa wahana wisata yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Di sana terdapat sepeda hias dengan biaya sewa lima belas hingga dua puluh ribu rupiah. Kemudian ada juga motor mini elektrik untuk anak usia di bawah sepuluh tahun. Dengan biaya sewa sepuluh ribu untuk penggunaan selama lima belas menit.

Dan yang paling menarik adalah Taman Air Mancur di Taman Gajah yang menghadirkan pancaran air mancur warna-warni.

Air mancur ini diiringi musik campursari dengan kontrol menggunakan sistem komputerisasi yang canggih. Sehingga tidak heran jika objek wisata baru di Karanganyar ini selalu ramai dikunjungi.

13. Bukit Paralayang

tempat wisata paling bagus di Karanganyar
image via karanganyarkab.go.id

Bukit Paralayang bisa dikatakan sebagai tempat wisata paling bagus di Karanganyar untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Meskipun bagus atau cantik itu relatif, tetapi sepertinya belum ada yang kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan di sini. Tempat ini berada di Desa Segoro Gunung, yaitu di selatan komplek Candi Cetho dan bersebelahan dengan Kebun Teh Kemuning.

Jika sedang beruntung datang ketika langit dalam kondisi yang cerah, Anda bisa menikmati pemandangan senja yang sangat menakjubkan.

Pancaran matahari yang memerah dengan bentuk bulat sempurna dapat dipotret dengan sangat baik dari Bukit Paralayang ini.

14. Waduk Lalung

tempat wisata alam Karanganyar
foto dari @pradanabagusk

Selain Bukit Paralayang, tempat wisata alam Karanganyar yang bisa Anda kunjungi untuk mengabadikan momen pergantian hari adalah Waduk Lalung.

Waduk ini terletak di Desa Lalung, Karanganyar. Namanya memang belum cukup banyak dibicarakan, tetapi pemandangan disana tidak perlu disangsikan lagi.

Waduk ini merupakan sumber mata air yang biasa digunakan sebagai irigasi dan menjadi tempat mancing favorit di Kabupaten Karanganyar.

15. Kampung Halloween Bukit Sekipan

tempat nongkrong di Karanganyar
image via siscasolo.blogspot.co.id

Jika Anda merupakan penyuka film horror, cobalah mampir ke Kampung Halloween di Bukit Sekipan, Desa Kalisoro, Tawangmangu.

Dari luar mungkin tampak biasa saja, tetapi di dalamnya terdapat banyak hantu-hantuan yang bisa diajak berselfie ria. Area yang dibuka sejak Juli 2015 oleh Bapak Joko Sutrisno ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Karanganyar.

Selain menawarkan keunikan berupa hantu-hantu, di sana juga tersedia arena outbound. Pemancingan, kolam renang, taman bermain, dan restoran.

16. Taman Ria Balekambang

foto dari @artodywiseto

Taman Ria Balekambang menjadi pilihan tempat rekreasi keluarga lainnya yang bisa dikunjungi. Masih berada di sekitar lokasi grojogan sewu, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang begitu asri.

Pepohonan pinus menjadi salah satu ciri khas dari wisata alam balekambang ini. Udaranya begitu sejuk, menenangkan pikiran siapapun yang datang mengunjunginya.

Jika kamu dan keluarga merasa betah dan ingin lebih berlama-lama lagi menikmati taman ini, kamu bisa menyewa penginapan. Kawasan wisata ini dilengkapi fasilitas penginapan untuk pengunjungnya.

Selain itu, fasilitas lainnya pun cukup lengkap. Meskipun tempat ini sudah lama didirikan, namun taman ini merupakan salah satu wisata alam baru. Karena pada 2016 pemiliknya membuat banyak perubahan.

Baca juga  Resto dengan pelayanan santun, ramah, tanpa kepura-puraan

17. Telaga Sarangan

foto dari @kurnianoen

Seperti namanya, tempat wisata Tawangmangu Sarangan ini merupakan hamparan telaga yang luas dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati.

Salah satu yang menjadi andalannya adalah wisata perahu cepat atau speedboat. Dengan kecepatan tinggi, perahu cepat tersebut bermanuver membuat gelombang-gelombang besar di telaga.

Kamu yang sedang menaiki speedboat ini akan terus berteriak-teriak karena tikungan-tikungan tajam yang dilakukan pengendara.

Tapi jangan khawatir mengenai keamanannya, karena pengendara speedboat ini sudah sangat terlatih, sehingga liukan perahu yang dilakukan pun tetap aman.

Dari telaga sarangan ini, kamu juga bisa melihat pemandangan gunung lawu dengan jelas. Karena letaknya di lereng gunung lawu sebelah timur, udara di tempat ini pun sangat sejuk.

Tempat ini juga dilengkapi dengan para penjual cinderamata, sehingga kamu bisa membeli sesuatu untuk dijadikan kenang-kenangan. Tidak mau bukan jika kunjungan kamu terlewati begitu saja tanpa kenang-kenangan?

18. Bumi Perkemahan Sekipan

foto dari @johankusumotret

Perkemahan yang terletak di Dukuh Sekarjinggo, Desa Kalisoro ini merupakan tempat iburan di Tawangmangu yang banyak diminati. Salah satu perkemahan yang paling terkenal ini menyajikan pemandangan pohon pinus yang menyejukkan.

Disini juga terdapat ragam tanaman hutan, sehingga sering dijadikan sebagai objek penelitian. Fasilitas di perkemahan ini juga terbilang lengkap, sehingga perkemahan ini menjadi tempat camping andalan berbagai kalangan.

Bumi perkemahan Sekipan tidak hanya dijadikan tempat favorit bagi para mahasiswa dalam mengadakan kegiatan kampus, tetapi juga untuk acara lainnya.

Salah satunya yaitu acara pernikahan yang mengusungkan tema outdoor. Bagi kamu yang ingin melepas penat, perkemahan ini juga bisa kamu jadikan tempat liburan di Tawangmangu.

 19. Museum Purbakala Dayu

foto dari @timlo.net

Tempat wisata menarik di Tawangmangu yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan anak-anak. Purbakala Dayu merupakan sebuah museum yang menyajikan replika berbagai makhluk purba.

Makhluk purba yang dipamerkan di tempat ini khususnya adaah manusia jawa pada jaman dahulu. Selain terdapat replika, pastinya juga dilengkapi dengan keterangan mengenai bendanya.

Museum purbakala dayu ini sangat cocok dikunjungi rombongan anak sekolah. Dengan mengunjungi museum ini anak-anak akan belajar mengenai sejarah dengan metode yang berbeda.

Pastinya mereka akan lebih tertarik bukan jika melihat berbagai replika makhluk purba secara langsung. Bagi yang berminat belajar ilmu sejarah sambil berlibur, bisa mengunjungi wisata ini di Desa Dayu, Kecamatan Kendangrejo Karanganyar.

20. Air Terjun Parang Ijo

foto dari @guf_roni

Air terjun yang satu ini digadang gadang akan menjadi destinasi wisata favorit Tawangmangu lainnya. Wisata alam terbaru ini mempunyai keindahan alam yang sangat elok.

Lokasinya yang berada di lereng gunung lawu, dan di tengah perkebunan dan pertanian. Membuat pemandangan air terjun Parang Ijo begitu memesona.

Sadar akan potensi wisata alamnya, pemerintah setempat pun membangun berbagai fasilitas untuk mendukung kemajuan Air Terjun Parang Ijo.

Ketinggian air terjun parang ijo yaitu 50 meter. Tempat wisata parang ijo ini etaknya masih satu kecamatan dengan air terjun jumog. Yaitu tepatnya di Desa Girimulyo.

Pemerintah setempat sangat mendukung perkembangan wisata alam mereka, sehingga bukan hanya membangun fasilitasnya saja, tapi juga memperbaiki akses jalannya. Jadi, tidak perlu khawatir akan medan perjalanan yang terjal.

21. Agrowisata Desa Nglurah

image via alvina05 – WordPress.com

Salah satu desa di Karanganyar yang satu ini sangat terkenal sebagai pusat tanaman hias dan tanaman obat. Jika berkeliling ke rumah penduduk, kamu akan menemukan tanaman hias di setiap rumah.

Ada yang ditanam secara langsung, ada pula di masih diletakkan di pot. Sepanjang perjalanan berkeliling Desa Nglurah, mata kamu akan dimanjakan dengan serba serbi tanaman hias yang cantik.

Rupanya, tanaman hias di desa ini memiliki kualitas yang sangat baik loh, buktinya sudah sampai menembus pasar internasional.

Tanaman yang dijual oeh warga Desa Nglurah sudah sampai ke negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura. Wisata alam Desa Nglurah ini juga sering digunakan sebagai jalur hiking karena keindahan pemandangannya.

22. Wisata Alam Gunung Lawu

foto dari @jengbalqis

Jika pada tempat wisata sebelumnya, kamu hanya melihat keindahan gunung lawu dari kejauhan, maka lengkapi liburanmu dengan menikmatinya secara langsung.

Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl akan memberikan suasana alam secara menyeluruh. Ketika berada di puncaknya, maka kamu berada di negeri di atas awan.

Jika cuaca sedang cerah, kamu akan melihat pemandangan kota sekitar dengan sangat jelas. Dan lagi, jika kamu bisa sampai di puncak saat matahari terbit, maka siapkan diri menghadapi ciptaan Tuhan yang begitu indah.

Keindahan pemandangan alam dari puncak gunung memang tidak lagi diragukan. Tapi untuk mendakinya, tentu kamu harus menyiapkan stamina yang kuat.

Akan sangat berbahaya pastinya jika kamu mendaki gunung tanpa persiapan apapun. Jangan lupa juga, banyak hal yang harus diperhatikan dalam pendakian.

Karena biasanya, sebuah gunung sangat erat dengan kegiatan spiritualnya, begitupun juga dengan Gunung Lawu. Tapi, yakin deh keindahan tak ternilai puncak gunung akan menghapus semua lelah dan susah yang kamu lalui.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar Tawangmangu. Meskipun masih daerah pegunungan, tapi akses jalan menuju wisata Tawangmangu sangat mudah dan kondisinya dalam keadaan baik.

23. Puncak Gunung Lawu

objek wisata baru di Karanganyar
foto dari @luthfanaji

Apabila di kaki Gunung Lawu saja sudah memberikan sajian pemandangan yang sangat menakjubkan, apalagi jika mendaki sampai ke puncak.

Jalur pendakian ini terletak di perbatasan Karanganyar, Jawa Tengah, dengan Magetan, Jawa Timur. Biasanya para pendaki akan memulai pendakian dari Cemoro Sewu ketika malam hari dan berakhir di Cemoro Kandang.

Ketika pagi hari, diharapkan sudah sampai di puncak Lawu Hargo Dumilah untuk menikmati matahari terbit.

Namun jangan lupa untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan didampingi oleh pendaki yang sudah berpengalaman. Mengingat aktifitas pendakian bukanlah kegiatan biasa namun memerlukan standar keselamatan yang cukup baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here