Kilas Balik Pilkada 2013: Pasangan Yuro Pecundangi Pasangan dari PDIP

Seperti setelah diketahui, pasan gan Cabup dan Cawabup yang diusung Partai Golkar, PAN serta PKS, Yuliatmono dan Rohadi Widodo (Yuro) berhasil memenangi Pilkada Karanganyar 2013.

Pasangan Yuro meraih kemenangan cukup meyakinkan Pilbup Karanganyar 2013 lalu itu dengan memperoleh suara hingga lebih  50 persen. Pasangan Yuro mengungguli kandidat kuat bupati dan wakil bupati yang diusung PDIP dan Partai Demokrat,  pasangan ‘Pasti’ yaitu Paryono dan Dyah Sintawati.

Juga mengalahkan pasangan Aris Wuryanto-Wagino Ahmad Nugroho (Ayo) yang diusung beberapa partai kecil yang ada di Karanganyar.  Pada Pilkada Karanganyar 2013, pasangan Yuro yang memperoleh nomer urut tiga menang di 11 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Intanpari itu.

Sedangkan pasangan Paryono-Dyah Shintawati (Pasti) menang di enam kecamatan di Karanganyar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang ketika itu dilangsungkan di Ruang Paripurna Gedung DPRD Karanganyar, Jumat (27/9/2013), pasangan Yuro memenangi Pilkada Karanganyar 2013 dengan memperoleh suara terbanyak mencapai 243.168 suara atau bila diprosentase mencapai 52,06 persen.

Kemudian disusul pasangan Paryono-Dyah Shintawati (Pasti) dengan meraih suara sebanyak 197.316 suara atau 41,74 persen. sedang pasangan Aris Wuryanto-Wagiyo (Ayo) mendapat 32.212 suara atau 6,81 persen.

11 kecamatan yang menjadi lumbung suara pasangan Yuro adalah Jumapolo, Jaten, Jenawi, Kebakkramat, Karangpandan, Karanganyar, Kerjo, Matesih, Mojogedang, Ngargoyoso, dan Tasikmadu.

Sedang enam kecamatan lainnya menjadi lumbung suara pasangan Pasti yaitu kecamatan Colomadu, Gondangrejo, Jumantono, Jatiyoso, Jatipuro serta Tawangmangu.

Sri Handoko Budi Nugroho, Ketua  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar dalam rapat hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten menjelaskan pasangan Yuro memenangkan Pilkada Karanganyar  karena mampu meraih suara terbanyak berdasarkan  rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dilakukan pada Sabtu (28/9/2013) dan langsung diberikan kepada DPRD Karanganyar bila tidak ada keberatan dari pihak pasangan yang kalah. (Sumber: Solopos.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: