Calon Perorangan Dinilai Sulit Bersaing di Pilkada Karanganyar 2018

Pengamat politik menilai peluang calon perseorangan bisa dikatakan hampir mustahil bisa memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar 2018 mendatang.

Alasannya, calon perseorangan selalu kesulitan memperoleh suara masyarakat mengingat benturan dengan militansi kader dan sukarelawan dalam memperjuangkan ideologi partai politik (parpol).

Pengamat politik asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto menjelaskan memperhatikan nasib calon perseorangan dalam sejumlah Pilkada Serentak yang telah berlangsung, calon perorangan terlihat tidak bisa memperoleh banyak suara.

Di politik itu dibutuhkan jaringan, modal sosial yang menyangkut bisnis, jaringan intelektual. Demikian pula dengan militansi ideologi yang dimiliki parpol. Itulah sistem yang terjadi saat ini.

“Jika memang di Karanganyar nanti akan muncul calon perseoulrangan, tentu masih sulit [untuk menang],” kata Agus Riewanto seperti dilansir Solopos akhir Mei lalu.

Agus Riewanto mengaku potensi munculnya calon perseorangan pada Pilkada Karanganyar 2018 sangat besar. Namun demikian, calon perseorangan itu diyakini akan kalah bersaing dengan calon yang diusung parpol.

Pasangan Yuro

Pasangan Yuliatmono-Rohadi Widodo

Apalagi saat ini, pasangan petahana juga sudah menyatakan turut bertarung dalam pilkada Karanganyar 2018 mendatang. Secara teori, ketika petahana ikut bertarung, pasangan tersebut yang diuntungkan karena cenderung sudah dapat dinilai masyarakat.

“Calon perseorangan itu cenderung bertarung sendirian, Tentu saja kondisi ini akan menyulitkan calon perorangan,” kata Agus Riewanto.

Agus menambahkan, untuk bisa dijadikan perhatian, masyarakat saat ini cenderung kritis dan melankonis. Biasanya, mudah tergelincir dengan calon baru. Setiap pasangan yang akan bertarung ke depan perlu menjalin komunikasi dan jaringan yang baik dengan siapa pun. (joe)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: