Hati-Hati Memilih Kurma. Pilih Kurma Bertekstur Keras

Di pasaran, ada beberapa jenis kurma yang dijual kepada konsumen. Nah, untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kurma, saran yang disampaikan dokter adalah agar Anda teliti memilih jenis kurma yang dibeli.

Diterangkan Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, kurma merupakan salah satu bahan makanan sumber karbohidrat dengan kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kandungan fruktosa baik dikonsumsi mengingat tidak membutuhkan insulin saat digunakan oleh tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi fruktosa bisa memberikan tubuh cadangan energi.

Kalau glukosa membutuhkan insulin untuk bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi glukosa, hormon insulin akan dirangsang keluar. Jika rangsangan terjadi terus-menerus, maka harus hati-hati.

Karena pada akhirnya bisa menimbulkan penyakit diabetes yang disebabkan kelenjar pankreas sebagai penghasil insulin bekerja terlalu keras sehingga kelelahan dan mengalami kondisi turun (drop).

kurma
Kurma. (detik.com)

Jadi menurut Samuel, memilih kurma harus benar dengan mengambil kurma dengan kulit yang masih keras karena kandungan fruktosanya tinggi sementara untuk glukosanya rendah. Kurma dengan tekstur keras juga memiliki kandungan serat tinggi.

Sehingga bisa memberikan manfaat ekstra jika dikonsumsi. Termasuk di antaranya memperlancar buang air besar Manfaat yang diberikan pun jadi ekstra seperti membantu memperlancar buang air besar.

”Hindari memilih kurma berair, lunak serta lembek karena kandungan glukosanya tinggi,” kata Samuel seperti dilansir detikHealth.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*