Berikut Manfaat Kurma untuk Orang Berpuasa

Mengonsumsi kurma di saat bulan puasa, memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah mungil nan manis ini, kerap jadi pilihan saat berbuka puasa. Buah asli Arab ini bisa membantu menjaga kadar kolesterol tubuh serta mampu menurunkan berat badan. Selain itu juga memiliki rasa yang cukup manis dan legit saat dimakan.

Manisnya tak sekadar enak tetapi juga bermanfaat meningkatkan energi dalam waktu singkat. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah kurma.

Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang berkhasiat memasok energi sesaat setelah berbuka. Sebutir kurma mengandung 23 kalori. Sementara untuk 100 gram kurma (sekitar 8-10 butir) mengandung karbohidrat 73,5 gr, serat 7,5 gr, gula 66 gr, protein 2 gr dan lemak 0,45 gr.

Kurma juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Seperti kalsium 32 mg, magnesium 35 mg, selenium 1,9 gr, fosfor 40 mg dan potassium 652 gr.

Disarankan mengonsumsi 1-3 butir kurma saat berbuka. Mengonsumsi kurma secara rutin, termasuk saat puasa, bisa membantu menjaga kadar kolesterol tubuh. Bahkan bisa membantu penurunan berat badan.

Manfaat-Kurma
Kurma. (lagizi)

Tingginya kandungan protein pada kurma membuat tubuh fit seharian. Protein juga menjaga otot-otot tetap kuat. Adalah mineral seperti selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang membuat konsumsi kurma bermanfaat sehatkan tulang. Bahkan bisa menghindarkan seseorang dari risiko osteoporosis.

Kandungan serat pada kurma membuat pencernaan bisa lebih sehat jika mengonsumsinya rutin. Saat sembelit, konsumsi kurma juga bisa bantu mengatasinya. Vitamin C dan D pada kurma menjaga elastisitas kulit sekaligus membuatnya lembut. Kurma juga berkhasiat mencegah penuaan dan penumpukan melanin pada tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*