Lima Sayuran dengan Manfaat Lebih Besar dari Sayuran Lain (2)

Sayuran memiliki kegunaan yang sehat bagi kesehatan manusia. Kebanyakan sayuran memiliki  kandungan kalori yang rendah namun tinggi kandungan vitamin, mineral dan serat. Namun, beberapa sayuran lebih menonjol dari yang lain dengan terbukti memiliki tambahan manfaat kesehatan seperti kemampuan melawan peradangan atau mengurangi risiko penyakit. Berikut lima sayuran yang memiliki manfaat lebih besar daripada sayuran lain:

1. Wortel

Wortel  adalah sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Dalam satu cangkir wortel ada 428% asupan harian  vitamin A.  Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C dan vitamin K.

Wortel juga mengandung antioksidan beta-karoten yang menghasilkan warna oranye pada sayur yang juga membantu pencegahan penyakit kanker ini.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi setiap porsi wortel, per minggu, akan menurunkan risiko kanker prostat sebesar 5%.

Studi lain menunjukkan bahwa mengonsumsi wortel dapat mengurangi risiko kanker paru orang yang merokok. Dibanding dengan orang yang makan wortel  seminggu sekali, perokok yang tidak makan wortel memiliki risiko tiga kali lebih besar terkena kanker paru-paru.

Wortel

Wortel.

2. Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang banyak mengandung belerang (glucosinolate) serta produk sampingannya, sulforaphane. Sulforaphane telah terbukti membantu melindungi serangan kanker.

Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, sulforaphane mampu mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara sekaligus menghambat pertumbuhan tumor pada tikus.

Mengonsumsi brokoli dapat membantu mencegah jenis penyakit kronis lain. Sebuah penelitian hewan tahun 2010 menemukan fakta dengan mengkonsumsi kecambah brokoli dapat melindungi jantung dari stres oksidatif penyebab penyakit dengan menurunkan kadarnya hingga 116%.

Selain kemampuannya untuk mencegah penyakit, brokoli juga sarat dengan nutrisi. Dalam satu cangkir brokoli mentah (91gram) tersedia 116% kebutuhan harian vitamin K, 135% kebutuhan vitamin C harian dan jumlah folat, mangan dan potasium yang baik.

3. Bawang putih

Memiliki sejarah panjang penggunaannya sebagai tanaman obat sejak jaman Cina kuno dan Mesir. Kandungan utama bawang putih adalah allicin yang membuat bawang putih memiliki banyak  kesehatan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengatur gula darah sekaligus meningkatkan kesehatan jantung. Dalam satu penelitian terhadap tikus diabetes diberi komponen bawang putih berupa minyak bawang putih (diallyl trisulfide).

Kedua senyawa bawang putih tersebut menyebabkan penurunan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Studi lain melibatkan orang yang tidak dan punya penyakit jantung diminta untuk makan bawang putih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol darah, trigliserida dan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kolesterol HDL pada kedua kelompok.

Bawang putih juga punya potensi pencegahan kanker. Satu studi tabung menunjukkan bahwa allicin menginduksi kematian sel pada sel kanker hati manusia.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami potensi efek anti kanker bawang putih.

4. Kubis Brussel

Seperti brokoli, kubis Brussel adalah anggota keluarga sayuran silang dan mengandung senyawa tanaman pendukung kesehatan yang sama.

Kubis Brussel juga mengandung kaempferol, antioksidan yang sangat efektif dalam mencegah kerusakan sel.

Satu penelitian hewan menemukan bahwa kaempferol terlindungi dari radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel dan dapat menyebabkan penyakit kronis.

Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi permen Brussel membantu meningkatkan beberapa enzim spesifik hingga 15-30% mengendalikan detoksifikasi, sehingga bisa menurunkan risiko kanker kolorektal.

Selain itu, kubis Brussel sangat padat nutrisi. Setiap porsi kubis Brussel menyediakan sejumlah vitamin seperti vitamin A, C serta K juga mineral yang folat, mangan dan kalium.

5. Kangkung

Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kangkung terkenal memiliki manfaat kesehatan yang tinggi karena kandungan nutrisi dan antioksidan. Antioksidan pada kangkung berguna meningkatkan kesehatan jantung.

Kangkung

Kangkung.

Secangkir (67 gram) kangkung mentah mengandung banyak vitamin A,B,C serta K juga  potassium, kalsium dan tembaga.

Penelitian tahun 2008,  32 pria dengan kolesterol tinggi minum 150 ml jus kale setiap hari selama 12 minggu. Pada akhir penelitian, kolesterol HDL meningkat sebesar 27%, kolesterol LDL menurun sebesar 10% dan aktivitas antioksidan meningkat (22).

Studi lain menunjukkan bahwa minum jus kangkng dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat dalam mengurangi kolesterol darah dan gula darah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: