Konsumsi Garam Berlebihan Potensi Picu Serangan Jantung pada Remaja

Serangan jantung dan stroke sering dialami orang tua dan bukan orang muda.. Tapi kini sudah menjadi penyakit yang dipicu gaya hidup kaum muda. Laporan NDTV Food, konsumsi garam berlebih membawa risiko stroke pada remaja.

Peneliti dari Cincinmati Children’s Hospital telah membuktikan bahwa konsumsi garam yang tinggi di kalangan anak muda meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular serta serangan jantung dan stroke di masa depan.

Penelitian dilakukan oleh tim ahli dengan meneliti 775 remaja yang diukur pembuluh darah lengan atas atau elastisitas arteri brachial (BranchD), kecepatan gelombang denyut nadi (PWV) serta aliran darah dari arteri karotid pada leher serta arteri femoralis pada selangkangan.

Selain itu juga diukur tingkat konsumsi sodium para remaja itu dengan cara melaporkan makanan yang mereka makan selama 3 hari. Hasilnya menunjukkan makin tinggi konsumsi rata-rata sodium ada kaitannya dngan BrachID yang rendah, atau pembuluh arteri makin kaku dan PWV lebih tinggi.

Peneliti juga mempertimbangkan faktor umur, ras, jenis kelamin, indeks massa tubuh dan tingkat elektrolit darah yang bisa mempengaruhi hasil. Menurut peneliti, kekakuan pembuluh darah arteri menunjukkan faktor risiko serangan jantung yang mengakibatkan stroke pada orang dewasa.

Hal ini bisa dideteksi dengan menempatkan monitor pada kulit di dekat arteri besar di lengan, leher dan daerah selangkangan.

Asupan garam

Ilustrasi. (viva.co.id

Direktur Preventive Cardiology di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, Elaine M Urbina mengatakan, kedua hasil itu menunjukkan tingkat kekakuan yang lebih tinggi pada arteri perifer di ekstremitas, dan juga pada arteri sentral.

Banyak orang dewasa mengonsumsi garam lebih dari asupan maksimum yang dianjurkan WHO yaitu 2 gram per hari. Diperkirakan terjadi 1,6 juta kematian akibat penyakit jantung di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: