Makanan dengan Kandungan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari (1)

Sering kali karena ingin cepat memperoleh makanan, banyak orang yang malah melakukan kesalahan dalam memilih makanan. Mereka justru mengonsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan kolesterol.

Padahal sudah banyak dijelaskan bahwa kolesterol begitu berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Ironisnya, jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol banyak sekali. Dilansir dari beberapa sumber, berikut lima sumber makanan yang mengandung kolesterol tinggi:

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung kolesterol tingkat tinggi karena berisi minyak tak  jenuh ganda sebagai hasil dari hidrogen tambahan pada minyak sayur yang biasanya digunakan untuk memasak Fast food.

Pada tiap 100 mg makanan cepat saji seperti telur, biskuit dan chips mengandung setidaknya 172 mg kolesterol.  Sedang pada 100 mg biskuit memiliki sekitar 246 mg kandungan kolesterol.

2. Gorengan

Waspadalah terhadap makanan yang diproses dengan cara digoreng dengan minyak yang digunakan terus menerus atau menggunakan minyak yang sangat panas. Mengapa? Proses membuat makanan dengan digoreng dengan minyak memiliki dampak pada meningkatnya tingkat kolesterol pada tubuh seseorang.

Satu makanan gorengan bisa meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) disebabkan lemak bawaan yang juga tipe lemak jahat. Kolesterol jahat juga mudah untuk melekat pada dinding vessel darah yang bisa meningkatkan penyakit kardiovaskuler dan stroke orang.

3. Es krim

Es krim adalah salah satu jenis makanan dengan kolesterol tinggi. Dalam satu gelas es krim cukup banyak memiliki kandungan kolesterol dibanding satu porsi hamburger. Pada 10 donat sekalipun, kandungan kolesterol pada es krim lebih tinggi.

es krim

Es krim. (tips.cara.info)

Bila memang ingin makan es krim, disarankan jauhi es krim dengan kolesterol tinggi. Anda bisa mengganti es krim dengan buah-buahan segar ataupun makanan yang sehat lainnya.  Mengonsumsi buah berarti Anda mendapatkan banyak nutrisi berupa serat dan vitamins.

4. Burger keju

Burger keju mengandungan kolesterol tinggi. Satu burger keju ukuran besar memilkiki kandungan kolesterol hingga sekitar 175 mg. Jika Anda makan burger keju, tidak disarankan untuk mengonsumsi  makanan lain yang memiliki kolesterol tinggi seperti kentang goreng, dan susu shakes.

Burger keju_

Burger keju. (tips.cara.info)

Alasannya? Jika digabung dengan mengonsumsi makanan tinggi kolesterol lainnya, asupan kolesterol harian akan naik dan mengurangi asupan harian.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: