Cara Mengatur Metabolisme Tubuh Agar Lancar (1)

Perlu ada proses metabolisme dalam tubuh manusia untuk menjadikan makanan yang dikonsumsi menjadi tenaga. Sebagian orang memiliki proses metabolisme tubuh yang cepat. Sementara bagi sebagian yang lain, metabolisme tubuhnya tidak secepat yang lain. Metabolisme tubuh mulai mengalami perlambatan terus menerus setelah usia 40.

Namun demikian, ada banyak  usaha untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut adalah lima (5) cara mengatur metabolisme tubuh menjadi lancar:

1.Membentuk otot

Tubuh Anda terus-menerus membakar kalori, bahkan ketika Anda tidak sedang melakukan aktifitas apa-apa.Rata-rata metabolisme tubuh (RMR) orang yang istirahat jauh lebih rendah ketimbang orang dengan aktifitas lebih banyak apalagi dengan otot tubuh.

Misalnya olahraga gym di tempat fitnes. Setelah sesi latihan kekuatan, otot mengalami masa aktif di seluruh tubuh Anda dan bisa meningkatkan tingkat metabolisme rata-rata harian Anda.

Air putih

Air putih. (pixabay)

2. Memperbanyak minum air putih

Tubuh Anda membutuhkan air untuk memproses kalori. Jika Anda mengalami sedikit dehidrasi saja, metabolisme Anda dapat melambat. Sebuah penelitian menyebutkan, orang dewasa yang minum delapan gelas air putih atau lebih dalam satu hari bisa membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang minum empat kali.

3. Konsumsi Minuman Energi

Beberapa bahan dalam minuman energi dapat mendukung peningkatan metabolisme tubuh. Bahan-bahan tersebut mengandung kafein yang bisa meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Minuman energi menyimpan taurin dan asam amino yang antara lain dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh serta dapat membantu pembakaran lemak.

4. Konsumsi makanan ringan dengan cerdas

Makan dengan intensitas sering dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Ketika Anda makan makanan besar dalam banyak waktu, metabolisme Anda melambat di antara waktu makan. Memiliki makanan kecil atau camilan setiap 3 sampai 4 jam terus menerus akan membantu metabolisme tubuh Anda, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori selama sehari.

Cabe pedas

Cabe pedas. (pixabay)

5. Konsumsi makanan pedas

Makanan pedas memiliki bahan kimia alami yang dapat mempercepat proses metabolisme tubuh Anda. Memasak makanan dengan satu sendok makan cabai merah cincang atau hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: