Lima Cara untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Diet

Selalu menggunakan diet dengan cara konvensional atau rencana latihan bisa jadi menyulitkan  bagi pelaku diet. Betapa tidak, Jika Anda menjalankan program diet untuk mengurangi berat badan secara konvensional, terlalu banyak hal yang harus dipatuhi untuk dilaksanakan.

Padahal sebenarnya, ada beberapa tips yang telah terbukti bisa membantu Anda “tak berfikir sama sekali” makan calori lebih sedikit. Ada beberapa tips sebagai jalan efektif untuk mengurangi berat badan Anda, sebaik untuk melindungi penambahan berat badan di masa mendatang.

Berikut lima cara untuk mengurangi berat badan tanpa diet atau latihan seperti yang dilansir dari authoritynutrition.com

1.Kunyah makanan dengan baik dan pelan-pelan

Otak Anda membutuhkan waktu memproses situasi Anda telah cukup untuk makan. Mengunyak makanan Anda dengan baik membuat Anda makan lebih pelan, yang artinya mengurangi asupan makanan, meningkatkan rasa kenyang serta makan dengan porsi kecil.

Berapa cepat Anda menyelesaikan makanan Anda juga berdampak pada berat badan. Pembahasan sebanyak 23 studi bersyfat observasi  terbaru melaporkan bahwa orang yang makan dengan cepat lebih bisa memperoleh penambahan berat badan ketimbang orang yang makan pelan.

Selain itu, orang yang makan dengan cepat lebih bisa terkena kegemukan. Agar bisa memiliki kebiasaan makan lebih lambat, mungkin sangat membantu bila Anda menghitung berapa lama waktu Anda mengunyah pada setiap gigitan makanan yang Anda makan.

Kunyah makanan

Kunyah makanan. (soloraya.com)

2. Gunakan Tempat Makan yang Lebih Kecil untuk Makanan yang Tidak Sehat

Model tempat makan sekarang lebih luas ketimbang yang pernah ada dalam beberapa dekade terakhir. Sayangnya, sejak menggunakan tempat makan yang lebih kecil, membantu Anda makan lebih sedikit dengan membuat porsi terlihat lebih luas.

Pada saat yang bersama, tempat makan yang lebih besar dapat membuat makanan terlihat lebih kecil,membuat Anda untuk menambah makanan lagi.Anda bisa menggunakan tempat makan yang lebih besar untuk makanan sehat dan piring ukuran kecil untuk makanan yang kurang sehat.

Piring besar

Piring besar. (Faychanger.com)

3. Makan banyak protein

Protein memiliki efek luar biasa untuk makanan penutup. Ia dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lapar dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Ini mungkin karena proten berdampak pada beberapa hormon yang memainkan peran dalam rasa lapar dan kenyang termasuk hormon rasa lapar (ghrelin) dan obat diabetes tipe 2 (GLP-1)

Sebuah studi menemukan fakta bahwa asupan proten dari 15% sampai 30% calori membantu partisipan studi makan 441 kalori lebih rendah tiap hari dan kehilangan 11 pound atau (5kg) dalam 12 Minggu, tanpa harus membatasi makanan.

4. Simpan Makanan Tidak Sehat Jauh dari Pandangan

Simpan makanan tidak sehat  di tempat dimana Anda bisa melihatnya memungkinkan peningkatan rasa lapar dan sangat ingin memakannya, menyebabkan Anda makan lebih banyak. Hal ini juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Studi terbaru menemukan bahwa makanan tinggi kalori lebih terlihat didalam rumah. Sehingga jika itu dimakan, penghuni rumah akan bisa mendapatkan berat badan yang lebih, dibandingkan dengan orang yang tetap memperlihatkan satu tempat buah di rumah.

Simpan makanan tidak sehat jauh dari pandangan, seperti di kamar mandi, atau lemari, sehingga mereka tidak tertangkap mata Anda saat Anda lapar. Selain itu, simpan makanan sehat terlihat diatas konter Anda dan tempatkan mereka didepan dan tengah kulkas Anda.

5. Makan makanan penuh serat

Memakan makanan yang banyak serat akan meningkatkan kekenyangan, membantu Anda merasa lebih kenyang dalam waktu lama. Studi mengindikasikan bahwa serat jenis istimewa, dinamai dengan serat kental, sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain itu juga bisa meningkatkan rasa kenyang serta mengurangi asupan makanan. Serat kental  akan berbentuk gel saat bersentuhan dengan air. Gel ini meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pengosongan lambung.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: