Empat Hal yang Harus Diketahui tentang Minuman Berenergi

Minuman berenergi begitu disukai setiap kalangan, terutama kalangan anak muda dan dewasa. Dengan mengonsumsi minuman berenergi, orang bisa bersemangat kembali untuk beraktifitas.

Namun demikian, disarankan untuk mengonsumsi minuman berenergi secukupnya saja sera terukur agar tidak memunculkan risiko buruk terhadap kesehatan tubuh. Berikut empat (4) hal yang harus dipahami tentang minuman berenergi bagi kesehatan tubuh:

 1. Meningkatkan fungsi otak

Orang mengonsumsi minuman berenergi untuk beberapa alasan. Salah satu alasan paling populer adalah untuk meningkatkan mental dengan cara meningkatkan fungsi otak. Tapi apakah penelitian benar-benar menunjukkan bahwa minuman berenergi bisa meningkatkan fungsi otak?

Sejumlah studi mengonfirmasi bahwa minuman berenergi memang dapat meningkatkan kemampuan fungsi otak seperti memori, konsentrasi, dan waktu reaksi, dan juga mengurangi lemah mental.

Kenyataannya, sebuah study, dalam beberapa hal, memperlihatkan bahwa meminum antara 4-8 ons (500ml) minuman berenergi Red Bull dapat meningkatkan baik konsentrasi maupun memori sekitar 24%.

Banyak peneliti mempercayai peningkatan fungsi otak ini dapat dikaitkan semata-mata dengan kafein. Sementara peneliti yang lain memiliki spekulasi bahwa kombinasi kafein dan gula yang ada didalam minuman berenergi.

2. Membantu menghilangkan letih

Alasan lainnya orang mengonsumsi minuman berenergi adalah untuk membantu fungsi mereka saat mereka tidur   atau lelah. Pengemudi yang sedang berada dalam perjalanan tengah malam yang panjang, sering menggunakan minuman berenergi untuk membantu mereka tetap waspada saat mereka berada di belakang kemudi.

Banyak studi menggunakan simulasi berkendara berkesimpulan bahwa meminum minuman energi dapat meningkatkan kualitas mengemudi dan mengurangi rasa kantuk,  bahkan untuk pengemudi yang kurang tidur.

Hampir sama, banyak pekerja malam menggunakan minuman berenergi untuk membantu mereka memenuhi kewajiban bekerja selama beberapa jam saat kebanyakan orang sedang tidur. Meski minuman berenergi ini membantu pekerja malam tetap semangat dan terbangun, setidaknya salah satu penelitian telah menyarankan Bahwa penggunaan minuman berenergi dapat berdampak negatif berupa kualitas tidur mengingat pekerjaan malam yang dilakukannya.

Minuman berenergi

Minuman berenergi. (unhas.ac.id)

3. Minuman Berenergi dapat menyebabkan masalah jantung

Penelitian sepertinya memperlihatkan bahwa minuman energi dapat meningkatkan fungsi otak dan membantu Anda tetap terjaga saat Anda lelah. Namun begitu, ada juga masalah bahwa minuman berenergi berkontribusi pada masalah jantung.

Ada salah satu pembahasan menemukan bahwa setidaknya 17 orang mengalami perkembangan masalah jantung secara signifikan setelah menggunakan minuman berenergi yang membuat mereka harus ke ruang darurat, beberapa dari mereka meninggal karena komplikasi.

Ini mungkin lebih rendah dari angka aktual dari hubungan antara minuman berenergi dengan masalah jantung. Menimbang lebih dari 20.000 perjalanan ke ruang gawat darurat yang diasosiasikan dengan penggunaan minuman berenergi setiap tahun hanya di Amerika saja.

Lebih jauh lagi, banyak studi pada manusia juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berenergi mungkin meningkatkan tekanan darah dan tingkat jantung serta mengurangi tanda penting dari fungsi pembuluh darah  yang mungkin buruk bagi kesehatan jantung.

Kebanyakan ahli percaya bahwa masalah jantung ada hubunganya dengan penggunaan minuman berenergi berdasarkan hasil dari penggunaan kafein berlebihan.

Hal ini terlihat masuk akal, sejak banyak orang yang menderita masalah jantung serius setelah meminum minuman berenergi dengan mengonsumsi lebih dari tiga minuman berenergi pada saat yang sama juga mencampurnya dengan alkohol.

Meski Anda harus waspada mengenai penggunaan minuman berenergi jika Anda punya sejarah penyakit jantung, mengonsumsi minuman berenergi berkala dan dalam jumlah yang memadai tidak akan menyebabkan masalah jantung dalam kesehatan orang dewasa yang tidak memiliki sejarah penyakit jantung

4. Mencampur minuman berenergi dengan alkohol memiliki risiko kesehatan serius

Mencampur minuman dengan alkohol sangat populer dikalangan orang dewasa muda serta mahasiswa. Namun demikian hal ini akan menghadirkan masalah kesehatan publik yang besar. Efek stimulasi pada kafein yang ada di minuman energi dapat membaliak efek depresif alkohol. Hal ini dapat membawa Anda merasa kurang meminum minuman beralkohol padahal Anda masih dalam masa perbaikan.

Kombinasi ini dapat begitu menyulitkan. Orang yang menjadikan satu minuman berenergi dengan alkohol cenderung terlapor memiliki konsumsi alkohol lebih berat. Mereka juga lebih suka untuk minum dan terdorong dan menderita terhadap luka yang berhubungan dengan alkohol.

Lebih jauh, sebuah studi melibatkan 403 anak muda dewasa Australia memperlihatkan bahwa orang akan sekitar enam kali lebih besar terkena detak jantung yang fluktuatif saat mengonsumsi minuman berenergi tercampur dengan alkohol dibanding dengan hanya meminum alkohol saja.

Pencampuran minuman energi dengan alkohol telah meningkat popularitasnya sejak pertengahan 2000, tapi pada tahun2010 Dewan Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) memaksa perusahaan untuk menghilangkan rangsangan dari minuman alkohol sehubungan adanya laporan masalah kesehatan dan kematian.

Masih ada individu atau  kelompok yang melanjutkan mencampur minuman berenerg dengan alkohol dengan caranya sendiri. Untuk alasan diatas, hal ini tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi minuman berenergi dicampur dengan alkohol.

 

Sumber: https://authoritynutrition.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: