Bagaimana Mengetahui Sudah Berlebihan Konsumsi Minuman Energi

Minuman energi adalah minuman yang mengandung bahan yang dipasarkan untuk meningkatkan performa energi dan mental. Red Bull, 5-Hour Energy, Monster, AMP, Rockstar, NOS serta Full Throttle adalah contoh populer produk minuman berenergi.

Minuman berenergi berisi bahan kafein untuk men-stimulasi fungsi otank dan meningkatkan kesiapan dan konsentrasi. Bagaimanapun, jumlah kafein berbeda dari produk ke produk lainnya. Daftar berikut memperlihatkan isi kafein pada beberapa minuman energi

Produk Ukuran produk Jumlah Kafein
Red Bull 8.4 ons (250 ml) 80 mg
AMP 16 ons (473ml) 142 mg
Monster 16 ons (473 ml) 160 mg
Rockstar 16 ons (473 ml) 160 mg
NOS 16 ons (473 ml) 160 mg
Full Throttle 16 ons (473 ml) 160 mg
5-Hour Energy 1.93 ons (57 ml) 200 mg

 

Semua informasi kafein di tabel ini diolah dari websit perusahaan atau dari pemberi informasi kafein, jika perusahaan tidak membuat daftar kandungan kafein. Secara umum, minuman berenergi juga mengandung beberapa bahan lain.

Beberapa bahan umum lain yang yang ada di minuman berenergi selain kafein adalah sebagai berikut:

1. Gula: Biasanya menjadi sumber utama kalori yang ada didalam minuman berenergi, meski beberapa tidak berisi gula dan ramah terhadap karbohidrat rendah.

2.Vitamin B:Memainkan peranan penting dalam memindahkan makanan yang Anda makan menjadi energi  tubuh Anda.

3. Bahan asam amino: seperti taurine dan L-Carnitine. Keduanya secara alami diproduksi oleh tubuh dan punya beberapa peranan pada beberapa proses biologi.

4. Ekstrak herbal: Guarana sepertinya termasuk bahan yang memberi tambahan kafein, sedangkan ginseng memungkinkan memiliki efek positif pada fungsi otak.

Minuman energi

Minuman berenergi. 

Haruskah semua orang minum minuman berenergi? Berapa Banyak Bila Berlebihan?

Sebagian besar masalah kesehatan melibatkan minuman berenergi berdasarkan pada kandungan kafeinnya. Paling penting,  rekomendasi secara umum adalah orang dewasa mengonsumsi tidak lebih dari 400 gram kafein per hari.

Masalahnya adalah banyak minuman energi dijual dalam wadah yang lebih luas dari 8 ons (237 ml), Sebagai tambahan, beberapa kandungan lebih kafein, terutama “tembakan energi” seperti 5-Hour Energy, yang memilki 200mg kafein hanya didalam ukuran 1.93 ons (57ml).

Diatas itu semua, beberapa minuman energi juga mengandung ekstrak herbal seperti guarana, sumber alami kafein yang berisi sekitar 40 gram kafein per gram.

Perusahaan minuman berenergi tidak harus menampilkan kandungan energi untuk dimasukkan daftar kandungan kafein pada produk label, yang berarti total kandungan kafein mengandung banyak minuman yang secara drastis diremehkan.

Berdasarkan pada tipe dan ukuran minuman energi yang Anda konsumsi. Meski kadang minum minuman berenergi  sepertinya tidak menyebabkan keburukan, Jadi mungkin bijaksana untuk menghindari konsumsi sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi minuman berenergi, batasi mereka pada tidak lebih dari 16 ons (473ml) dari standart minuman energi tiap hari dan coba untuk membatasi semua minuman kafein lainnya untuk menghindari asupan kafein yang terlalu berlebihan.

Wanita hamil dan wanita dalam perawatan, anak-anak dan remaja harus menghindari semua minuman berenergi

Sesekali minum minuman berenergi sepertinya tidak akan membuat masalah. Untuk mengurangi potensi masalah, batasi konsumsi minuman energi hingga 16 ons (473ml) harian dan hindari  semua minuman berkafein.

Sumber: authoritynutrition.com

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: