Sate kere, bisa berharga murah juga berharga mahal

Jika Madura begitu khas dengan makanan sate, maka Solo memiliki makanan khas ala sate juga, namanya sate kere. Banyak sekali warung makan untuk kalangan bawah, juga menengah menyajikan sate kere ini.

Mereka ada yang membuat langsung sate kere untuk disajikan kepada penggemarnya. Model seperti ini dilakukan Riyanti, pelaku usaha aneka kuliner yang mengusung nama brand Recipe Ummi Qu”. Ada pula tempat makan yang menyajikan sate kere langsung dari para pembuatnya, seperti angkringan Lawang Djoendjing.

Menurut pemilik Recipe Ummi Qu, Riyanti, sate kere memang berbeda dengan sate yang dijual seperti pada umumnya itu misalnya sate kambing. Jadi, daging yang dipakai bukan daging kambing dll, tapi menggunakan bagian daging yang harganya murah.

DikisahkanRiyanti berdasarkan cerita yang ia dengar, pada jaman dahulu, orang ingin makan sate jadi susah karena harganya yang mahal. Maka dicari bahan dari bagian daging yang harganya murah, harganya bias separoh dari daging biasa untuk sate.

“Menggunakan jeroan daging yang murahan, sate gembus itu dari ampas tahu(tahu gembus),” kata Riyanti kepada Soloraya.com, Minggu (27/11).

sate-kere-tenan-1

Sate kere. (Soloraya.com)

Misalnya saja dengan menggunakan koyor dari kulit kikil yang adaditengah-tengahnya. Caranya dengan diseset. Cara penyajian sate kere bias dimasak langsung dengan bumbu, atau dibuat setengah matang baru diberi bumbu basah dari bawang, garam dan gula Jawa.

Ada pula yang menggunakan toping sambal kacang. Menurut Riyanti, sate kere tidak kalah popular dengan sate-sate biasanya. Harganya pun tidak selalu murah tapi juga bias mahal. Hal ini tergantung tempat jualan sate kerenya itu.

“Jadi istilahnya jualan tempat,” kata Riyanti.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: