Anda belum pernah membuat smoothies? Begini langkah-langkahnya

Smoothies merupakan minuman kental dari buah dengan sayuran serta beberapa bahan lain. Apakah Anda sudah pernah membuat smoothies ?

Jika belum pernah dan ingin mencobanya, cermat cara-cara  membuat smoothies berikut ini:

1. Tentukan pilihan smoothies yang akan dibuat

Tentukan jenis smoothies yang ingin berdasarkan tujuan Anda. Apakah diet, menurunkan berat badan atau membutuhkan makanan pengganti?

2. Memilih bahan cair untuk smoothies

Bahan cair yang bisa digunakan membuat smoothies adalah air yang sudah dimurnikan (sparkling water), susu almond, santan, susu mentah, susu kedelai, jus buah organik, jus buah segar, diperas, the dan yogurt tawar.

3. Pilih buah dengan tekstur creamy

Buah-buahan menjadi bahan utama membuat smoothies. Pilihlah buah bertekstur lembut, creamy serta buah dengan kandungan air yang tidak terlalu tinggi. Jadi hindari buah yang kandungan airnya tinggi untuk dijadikan bahan smoothies seperti jeruk, nanas, semangka serta melon.

Sebagai gantinya, silakan menggunakan buah alpukat, mangga, daging kelapa muda, peach, stroberi, blueberi, pir, apel, kiwi serta plum.

4. Sediakan bahan tambahan

Smoothies memerlukan bahan tambahan sebagai bahan campuran seperti buah beku, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, bit hijau, dandelion hijau, arugula, brokoli serta selada. Fungsi dari buah beku ini mempercepat proses pengentalan smoothies.

Selain itu juga membuat tekstur smoothies lebih lembut. Bahan pengental yang bisa ditambahkan misalnya es serut,biji chia,selai kacang serta yogurt. Sementara penggunaan sayuran hijau untuk menambah serat sekaligus memberi rasa gurih smoothies.

smoothies-hijau

Smoothies hijau. (Green smoothies). (Nyata.co.id)

5. Siapkan bahan rempah penguat rasa

Pada dasarnya semua smoothies tidak memerlukan tambahan pemanis atau penguat rasa. Jadi jumlah bahan penguat rasa hanya sedikit sekali dibutuhkan. Madu atau maple sirup bisa dipilih sebagai pemanis smoothies.

Bahan penguat rasa yang bisa ditambahkan adalah garam dapur, susu kedelai, bubuk, pala, kayu manis, kunyit, jahe kapulaga, pekak dan beragam rempah bubuk.

6. Proses membuat smoothies

Setelah semua bahan utama dan bahan tambahan tersedia, Anda bisa melakukan proses blender (menghancurkan) bahan-bahan tersebut. Proses blender ini berlangsung 30 sampai 60 detik tergantung pada bahan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: