ini dia empat minuman penghangat badan saat cuaca hujan

Musim hujan yang menghasilkan udara dingin paling enak dimanfaatkan untuk menikmati minuman hangat. Berikut empat minuman hangat mengandung rempah sebagai teman menghadapi cuaca dingin sesudah muncul hujan:

1. Teh jahe

Menikmati teh pada saat cuaca dingin adalah pilihan yang sangat pintar. Bila ingin menikmati teh dengan rasa lain pada saat hujan datang,  bisa menggunakan bahan rempah-rempah. Nah, Rempah yang sangat cocok digunakan untuk membuat bahan minuman pada saat cuaca dingin adalah jahe.

Keberadaan jahe bisa digunakan untuk menghangatkan badan. Jika ingin menikmati teh jahe yang lebih istimewa, bisa memberi tambahan rempah-rempah lainnya seperti kapulaga dan biji adas.

Bagaimana cara membuat teh jahe istimewa ini? Pertama sangrai kapulaga dan biji adas di atas panci dengan api yang sedang selama 1 menit. Lalu masukkan air dan irisan jahe. Kemudian api bisa dikecilkan. Masak selama 10-15 menit sesuai keinginan. Jika sudah mencapai kepekatan rasa yang diinginkan, angkat teh dan saring.

teh-jahe

Teh jahe. (iStock)

2.. Kopi kayu manis

Minuman selah teh yang dinikmati pada saat cuaca sedang hujan adalah kopi. Agar agar lebih wangi rasanya, kopi tersebut bisa ditambahi kayu manis bubuk. Nah aroma manis dari kayu manis bisa digunakan sebagai pengganti gula.

Caranya, seduh kopi bubuk dengan air panas. Lalu tambahkan gula dan susu bagi Anda yang  suka. Aduk-aduk dengan batang kayumanis dan diamkan hingga hangat.

kopi-kayu-manis

kopi-kayu-manis. (iStock)  

3. Susu rempah madu

Susu hangat sangat enak saat diminum panas-panas.Agar mendapat rasa yang lebih mantap, sbisa ditambahi madu dan rempah. Caranya dengan dimasak terlebih dahulu.Masak susu putih dalam panci. Tambahkan kayumanis, kapulaga dan cengkih. Aduk rata dan angkat ketika sudah mendidih. Tambahkan madu saat akan disajikan.

susu-rempah-madu

Susu rempah madu. (iStock)

4.Jeruk nipis sereh

Jeruk nipis juga sesuai dibuat jadi minuman panas karena rasa yang hangat hingga segar saat dinikmati. Cara membuat jeruk nipis sereh adalah  merebus air secukupkan dengan 1-2 batang serai yang dimemarkan hingga mendidih. Angkat, tambahkan madu dan dan air jeruk nipis dari 1-2 butir jeruk nipis. Aduk rata dan nikmati selagi hangat.

jeurk-nipis-sereh

jeurk-nipis-sjeurk-nipis-serehereh

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: