Mi Lethek Bu Mendes, jangan terkecoh namanya. Tapi rasakan nikmat mi-nya

Salah satu kuliner khas Yogyakarta adalah mi lethek. Di sebut mi lethek karena memang tampilan mi-nya yang terlihat kurang menarik dipandang mata. Namun kalau soal rasa, mi lethek jelas tidak kalah enaknya dengan mi lainnya.

Cukup banyak warung mi lethek yang ada di DIY. Salah satunya adalah warung Mi Lethek Mbah Mendes yang berada di dua lokasi yaitu di Bantul dan Sleman. Warung Mi Lethek Bu Mendes di Bantul berada di Jalan Parangtritis Km. 3,5 Sewon, Bantul.

Sedang lokasi yang ada di Sleman berada di Dusun Sarirejo, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Sedang untuk jam buka warungnya, warung Mi Lethek Mbah Mendes Sleman lebih lama bukany, mulai dari jam 08.00 hingga 22.30.

Sementara untuk warung Mie Lethek Bu Mendes yang ada di Jalan Parangtritis buka dari jam 16.00 hingga 22.30. Bisa dibilang warung Mi Lethek Bu Mendes belum terlalu lama muncul yaitu pada November 2014.

Namun begitu, saat ini, keberadaaannya sudah begitu populer dengan pelanggan yang banyak. Jika Anda merasa penasaran ingin mencoba mi lethek, bisa saja mendatangi dua warung Mi Lethek Bu Mendes ini.

Mi yang dipakai pada mi lethek berasal dari bahan tepung tapioka atau ketela. Rasanya diklaim tidak kalah enak dengan mi lainnya. Mi lethek terlihat seperti bihun dengan tampilan yang lebih kusam.

Di warung milik Bu Mendes ini, mi lethek bisa diolah dalam berbagai menu seperti mi lethek godog, mi lethek goreng, plencing goreng dan plencing godog serta beberapa menu menarik lainnya.

Cara membuat mi lethek godog mirip seperti membuat bakmi jawa godog. Mi lethek dimasak bersama beberapa sayuran, telur dan daging ayam kampung. Sayuran-sayuran yang ikut dimasak adalah wortel, sledri serta loncang.

mi-letheg-godog

Mi letheg godog. (travel.kompas.com)

Memasak mi godog tentu saja harus melibatkan kuah. Nah mi lethek godog menggunakan kuah dari kaldu ayam kampung yang rasanya sangat gurih. Maka dengan racikan yang sesuai dari bumbu-bumbu yang digunakan, menu mi lethek godog terasa gurih dan pedas.

Cita rasa pedas pada mi lethek godog berasal dari penggunaan bawang putih serta kemiri. Untuk menu mi lethek goreng kurang lebih bercita rasa yang sama dengan mi lethek godog. Sedang untuk menu plencing godog dan goreng memiliki cita rasa yang manis dan pedas.

Mengapa cita rasa menu godog dan goreng berbeda dengan mi lethek godog juga goreng ? Hal ini terjadi karena dua menu tersebut menggunakan tambahan kecap dan irisan cabai rawit.

Perlu diketahui, menurut pemilik warung Mi Lethek Bu Mendes, Hanung Sudibyono, mi lethek godog dan menu mi lethek lainnya tidak menggunakan bumbu penyedap rasa (msg). warung dengan makanan tradisional yang sehat menjadi konsep yang diusung Hanung.

“Semua makanan yang ada di sini diolah tanpa menggunakan bumbu penyedap atau msg,” ujar Hanung seperti dilansir travel.Kompas.com. Aneka menu mi lethek yang juga rendah gula tersebut dapat dinikmati mulai dari harga Rp 15.000.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: