Menu ayam lodho, menu gurih, enak dengan aksen pedas dan wangi

Sajian menu makanan yang berkuah santan yang terasa gurih sekaligus pedas biasanya muncul pada kari ayam atau juga opor. Namun di Trenggalek dan Tulungagung, menu berkuah santan yang guris dan pedas ini ada pada menu ayam lodho.

Kuah santan pada ayam lodho terlihat sangat kental. Ayam lodho menggunakan bahan ayam kampung serta bumbu-bumbu yang kaya rasa rempah-rempahnya seperti tumbar, jintan, merica, cabai rawit, lengkuas, serai, daun salam juga daun jeruk.

Cara membuat menu ayam lodho adalah fokus pada bahan utamanya yaitu ayam kampung terlebih dahulu. Jadi, ayam kampung dibelah dari bagian dada depan ke bawah. Kemduian dibuka hingga terbuka lebar kemudian ditaburi garam.

Setelah itu, ayam dibakar hingga setengah matang. Proses masak beralih pada membuat tumis sejumlah bumbu yang sudah dipersiapkan seperti merica, ketumbar, jintan, cabai rawit, serta lengkuas. Tambahi santan encer pada tumisan bumbu-bumbu tersebut.

ayam-lodho

Menu ayam lodho (food.detik.com)

Setelah proses menumis bumbu selesai, ayam bakar yang setengah matang tadi dimasukkan kedalam tumisan bumbu itu. Masukkan pula bumbu yang lain seperti serai, daun jeruk dan salam pada olahan ayam itu.

Pada proses masak seperti ini, hingga mendidih nantinya , api yang digunakan haruslah api dengan nyala kecil. Kemudian ayam diberi santan kental hingga kuah menjadi sangat kental atau ‘mblondho’ dalam bahasa Jawa.

Dengan satu ekor ayam kampung yang dipakai untuk membuat ayam lodho ini, bisa dinikmati hingga 6 porsi. Di Trenggalek maupun Tulungagung, menu ayam lodho dinikmati dengan nasi gurih atau juga nasi uduk serta urap sayur.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: