Suka makanan rica-rica? Coba saja rica-rica bekicot Eromoko

Hewan bekicot sudah cukup sering didengar bisa dijadikan bahan makanan. Ternyata, bekicot bisa dijadikan bahan makanan rica-rica ataupun sate. Lalu dimana bisa menyantap rica-rica bekicot ini di Soloraya?

Rica-rica bekicot bisa ditemukan di Wonogiri, di Lingkungan Ngrawan, Kelurahan Ngunggahan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri yang juga merupakan wilayah perbatasan antara Eromoko-Wuryantoro.

Warung hik Kartikasari ini persis berada di tepi tikungan pohon Asem atau orang lebih senang menyebutnya dengan Sorsem yang masih berada di jalan raya Eromoko-Wuryantoro. Karena masih berada di dekat jalan raya besar, maka keberadaan hik Kartikasari ini mudah terlihat oleh pengguna jalan raya baik dari arah utara ke selatan (Purwantoro) atau sebaliknya (Eromoko).

Rica-rica bekicot di hik Kartikasari terasa kenyal serta empuk saat berada di lidah. Selain itu juga ada rasa pedas mrica atau lada yang cukup kuat. Bau rica-rica bekicot ini lebih ke bau dengan aroma rempah-rempah.

Cara memasak rica-rica bekicot ini adalah mencuci daging bekicot yang sudah didapat dari pemasok. Untuk menghilangkan lendir bekicotnya, maka dicuci dengan campuran garam lalu direbus dengan campuran rempah-rempah.

rica-rica-bekicot

Rica-rica bekicot.

Setelah masa perebusan hingga seperempat jam, daging bekicot sudah lunak (empuk). Lalu dimasak dengan cara memasak rica-rica. Dan menu rica-rica bekicot pun sudah siap disajikan kepada pelanggannya.

Dalam sehari, sekitar 200 tusuk rica-rica bekicot habis dimakan pengunjung hik Kartikasari. Nah, 200 tusuk rica-rica bekicot tersebut sama dengan 5 kg daging bekicot. Untuk harga satu tusuk rica-rica bekicot ini mencapai Rp 2.000,00.

Hik Kartikasari dimiliki Junaedi, warga asli Cawas, Klaten. Junaedi mendapatkan daging bekicot tersebut dari saudara perempuan yang masih keluarga dekatnya (bulik) yang menjadi pemasok bekicot kepada Junaedi setelah mencari hewan dengan nama latin Achatina Fulica itu.

Anda pecinta makanan rica-rica, bisa mencoba rica-rica bekicot di hik Kartikasari yang mulai buka pada pukul 15.00 hingga 03.00 dini hari.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: