Sukoharjo (Solo Baru) tuan rumah Festival Jamu ke-5

Sebanyak 500 ribu pengunjung ditargetkan akan mengunjungi festival jamu nasional tahun 2016 yang tahun ini sudah memasuki Festival Jamu ke-5. Gelaran Festival Jamu ke-5 akan digelar di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo, Jum’at-Minggu (11-13/11).

Sejumlah instansi mulai dari pemerintah maupun organisasi bidang jamu dan pariwisata terlibat dalam penyelenggaraan Festival Jamu ke-5 pada tahun 2016. Mereka adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Tengah.

Selain itu juga ada Asosiasi tour travel Indonesia (Asita) Surakarta, Dewan Pimpinan Daerah Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia (GP Jamu). Sebanyak 50 perusahaan jamu modern maupun internasional akan mengikuti Festival Jamu

Pengunjung festival bisa melihat aneka jamu seperti produk jamu buatan industri maupun tradisional. Di samping itu, pengunjung juga bisa menemukan aneka produk herbal yang dibuat dari jamu, minuman, dan makanan.

Selain memamerkan produk jamu, Festival Jamu ke-5 juga akan dimeriahkan dengan konsultasi usaha jamu dan kuliner, demonstrasi pembuatan jamu serta pembagian 5.000 cabuk rambak. Selain itu juga ada pengobaran gratis.

Dalam keterangan pers, Selasa (8/10),Prasetyo Aribowo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Tengah mengatakan, jamu mampu menjadi kuliner kontemporer yang bisa memperkaya pilihan kuliner yang ada di Solo.

jamu

Jamu. (Thinkstockphoto.com)

Mengingat juga, demikian Prasetyo Ariwibowo, kota Solo telah diresmikan sebagai tujuan kuliner nomor satu di Indonesia. Daryono, Ketua Asita Solo, mengatakan keberadaan jamu bisa dikembangkan sebagai isi dari wisata minat khusus yaitu wisata kesehatan.

Selain itu juga bisa digunakan untuk mengembangkan wisata khusus lainnya yaitu wisata kuliner. Mengingat, kata Daryono, 30 persen pendapatan pariwisata diperoleh dari sektor kuliner. Tentu ini peluang yang bagus untuk sama-sama mengembangkan wisata kuliner dalam hal ini pendapatannya serta memperkenalkan jamu itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: