Honey Glazed Salmon Steak, menu salmon berlumuran madu nan bergizi tinggi

Ikan salmon disebut sebagai jenis ikan yang memiliki nilai kesehatan yang sangat tinggi berkat sejumlah kandungan gizi yang penting bagi tubuh manusia. Tidak hanya bagi orang-orang dewasa  saja, tapi juga untuk anak-anak. Sangat banyak kandungan gizi yang ada didalam ikan salmon. Dan tentu akan menyehatkan bila digunakan sebagai bahan masakan.

Chef Double Decker Solo Baru, Imam Buchori mengatakan, kandungan gizi ikan salmon adalah berupa omega 3, kalsium, juga vitamin mulai dari A,B, D dan E. Selain itu juga ada kandungan zat besi, protein, fosfor, juga asam amino.

Karena memiliki banyak sekali kandungan gizi yang ada didalamnya,  membuat harga ikan salmon juga tinggi. Satu kilo ikan salmon harganya bisa mencapai Rp 250.000,00.

Menu salmon di Double Decker dalam satu Minggu cukup banyak menarik minat pengunjung restoran  western di Soloraya tersebut. “ Kalau menu masakan salmon disini satu Minggu bisa 150 menu bisa sold,” kata Imam Bukhori kepada Soloraya.com, Jum’at (28/10).

ikan-salmon

Menu Honey Glazed Salmon Steak. (Soloraya.com)

Salah satu menu makanan yang dibuat dengan bahan utama salmon di restoran dengan nuansa Amerika tahun 1950 ini adalah  Honey Glazed Salmon Steak. Menu ini akan menjadi menu bonus pada promo menu makanan Double Decker pada November besok.

Diterangkan Imam Bukhori, menu Honey Glazed Salmon Steak menggunakan bahan baku salmon Norwegian yang didatangkan dari Norwegia melalui supplier yang ada di Indonesia. Cara memasak ikan salmon sangat sederhana.

“Cuma di bakar, di-gril, lalu di-glazed (bening) pakai madu. Cepat. Lima menit dibakar sudah ready (siap saji),” kata Imam Bukhori. Hanya yang perlu diperhatikan adalah memasak ikan salmon ini gampang-gampang susah. Jadi pada saat proses nge-gril-nya yang harus hati-hati. Sebab kalau tidak hati-hati,ikan salmonnya bisa hanya karena saking lunaknya.

ikan-salmon_butter

Butter dan mash potato menjadi pendamping menu utama. (Soloraya.com). 

Ikan salmon Norwegian ini memiliki tekstur dan warna berbeda dengan jenis ikan salmon lainnya seperti salmon Atlantik atau salmon Tasmania/Australia. Kalau salmon Norwegian tekstur warnanya lebih merah dan terlihat pink.

“Sedang kalau salmon Atlantik atau Tasmania teksturnya lebih pucat, lebih ke putih-putihan,” kata Imam.  Saat disajikan, ikan salmon sebagai menu utama dari Honey Glazed Salmon Steak didampingi dengan tiga makanan pendamping.

Pertama adalah mash potato yang dibuat dengan menggunakan bahan kentang yang direbus sampai empuk kemudian ditumbuk hingga halus lalu dimasak memakai susu atau cream. Istilahnya kentang tumpuk. Karena cara penyajian dari mash potato ini yang ditumpuk.

ikan-salmon_mashroom-potato

Selain mash potato, juga ada salad untuk pendamping menu utama Honey Glazed Salmon Steak. (Soloraya.com)

“Ada alatnya khusus disini (untuk menumbuk kentang). Kita punya,” kata  Imam Bukhori. Kemudian juga ada butter yang dibuat dari cream yang dipadu dengan lemon lalu dimasak berbarengan dengan rasa yang muncul berupa rasa asam.

Lalu juga ada salad yang berisi irisan kol ungu, kobis merah, wortel, selada air, serta selada kriting. Berikutnya juga diletakkan jeruk lemon diatas salmon yang sudah siap santap. “ Kalau makanan sea food pasti ada lemonnya. Mereka selalu berjodoh,” kata Imam Bukhori.

Anda ingin mencoba menu ikan salmon yang mengandung banyak kandungan gizi dalam menu Honey Glazed Salmon Steak ala restoran Amerika tahun 1950 ini, sediakan dana Rp 99.800 ++ saja.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: