Menu New York Sirloin Steak, daging sapi alot jadi empuk dengan teknik masak sous vide

Pengelola restoran dengan nuansa Amerika tahun 50-an di Solo Baru ini pasti sedang sumringah senyumannya. Double Decker nama restoran tersebut. Dalam satu bulan terakhir, menu promo mereka laris manis bak kacang goreng dibeli pengunjung restoran.

Nama menu promo bulan Oktober di Double Decker ini adalah New York Sirloin Steak. Menurut  Sales & Marketing Double Decker, S. Intan Permata dan diamini Chef Double Decker, Imam Bukhori, selama hampir satu bulan ini, setiap hari 300 menu New York Shirloin Steak habis dinikmati pengunjung restoran.

“Kemarin aja jam enam (sore) sudah habis. Rata-rata jam tujuh jam delapan sudah habis,” terang Imam Bukhori kepada Soloraya.com, Jum’at (28/10).

“Kita juga sudah siapkan untuk promo November ini tetap menggunakan New York Sirloin Steak dengan bonus menu Honey Glazed Salmon Steak. Cuma nanti salmonnya lebih kecil, kurang dari 100 gram,” kata Intan Permata.

sirloin-steak

Menu New York Sirloin Steak. (Soloraya.com)

Lalu bagaimana New York Sirloin Steak ini dimasak? Imam Bukhori menjelaskan,  menu makanan daging sapi impor ini menggunakan teknik masak sous vide yang saat ini sedang ngetren jadi cara memasak di Jakarta.

Teknik sous vide ini adalah cara memasak daging yang keras (alot) dengan cara divacuum dengan plastik sehingga kedap udara lalu dimasak pada suhu rendah dengan media air. Suhu rendahnya mencapai 50 derajat celcius.

Proses memasak New York Sirloin Steak ini diakui Imam Bukhori  bisa mencapai empat jam sebagai waktu normal memasaknya. Dengan teknik Sous vide ini berarti memasak pori-pori daging dengan suhu rendah dan pelan-pelan tekstur daging akan berubah.

Hasilnya nanti tingkat keempukannya berubah dan menghadirkan tekstur daging yang berbeda. “Jadi mau daging apapun, (dimasak dengan teknik sous vide) bisa empuk.Jadi daging yang saat dipotong warnanya merah nanti bisa berubah,” kata Imam.

sirloin-steak_

Saus mushroom dan french fraise yang ada di menu New York Sirloin Steak. (soloraya.com)

Sebelum dilakukan teknik sous vide itu, daging sapi dari Australia ini diberi bumbu, digramasi kemudian dipotong-potong.  Teknik sous vide ini bisa dilakukan tidak hanya pada daging tapi juga pada unggas seperti ayam, juga pada salmon, sayur-sayuran dan telur.

“Nanti teksturnya seperti mentah tapi bisa dikatakan matang,” kata Imam. Diakui Imam pula, pihaknya harus melakukan percobaan memasak (trial) dengan teknik sous vide pada daging sapi Australia terlebih dahulu hingga beberapa kali untuk mendapatkan menu sirloin steak yang siap saji.

Saat disajikan kepada pengunjung restoran, shirloin steak ini didampingi dengan saus mushroom yang dibuat dari daging, tulang yang dioven dicampur dengan sayuran. Saus mushroom ini rasanya seperti sari pati daging.

Selain saus mushroom, shirloin steak ini juga didampingi salad dari sawi, irisan terong, dll untuk penyegaran sekaligus mencegah kolesterol.  Selain itu juga ditambahi french fraise.  Berapa harga menu New York Sirloin Steak di Double Decker mencapai Rp 59.800,00 ++.

salad-sirloin-steak

Salad pendamping daging sapi yang dijadikan menu sirloin steak. (Soloraya.com)

Imam Bukhori menyatakan teknik memasak sous vide ini di Solo baru restoran Double Decker yang membuatnya. Namun di Jakarta, teknik ini sudah ngehit beberapa bulan terakhir. Kalau di luar negeri, teknik ini sudah dikenal cukup lama.

“Yang ngomong sih banyak komen kalau kita ambil prosentase hampir 90 persen mengatakan oke belum ada kendala jadi kita tetap jalanan terus untuk promo berikutnya,” kata Imam Bukhori.

Jika bulan Oktober ini, promo menu New York Sirloin Steaknya dinamai Buy 1 get free 1 ‘New York Sirloin Steak, maka untuk bulan November nanti promonya diganti menjadi beli satu New York Sirloin Steak dapat bonus menu Honey Glazed Salmon Steak.

So, bagi Anda pecinda makanan daging sapi, mencoba New York Sirloin Steak di Double Decler tidak ada salahnya.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: