Ayam Bledhek Hj Boe Hadi, daging ayam merah yang kenyal alot jadi menu empuk pedas

Di Kabupaten Karanganyar, rumah makan dengan menu utama ayam sangat banyak jumlahnya. Salah satunya adalah warung makan Ayam Bledhek Hj Boe Hadi yang kepunyaan  Nasution. Warung makan milik pengusaha muda ini, dapat dibilang bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Karanganyar. Menu  Ayam Bledhek Hj Boe Hadi ini memiliki sejumlah ciri khas.

Seperti pada rasa yang lezat, renyah, empuk hingga ke tulangnya, juga wujud ayamnya yang besar. Selain itu, ciri khas lainnya adalah adanya pelengkap menu utamanya berupa sambal mentah dengan rasa ‘bledhek’. Artinya, sambat mentah sebagai pendamping ayam bledhek ini rasanya sangat pedas tapi nikmat dirasakan.Selain diolah dengan digoreng, menu Ayam Bledhek di warung ini juga diolah dengan cara dibakar dan rasanya pun tidak kalah enak.

Menu Ayam Bledhek Hj Boe Hadi ini terdiri dari paket menu ayam merah goreng special dihargai Rp 12,5 ribu yang berisi ayam goreng special,  nasi,  sambel, lalap dan kremes. Harga tersebut untuk satu porsi. Untuk menu ayam merah goreng special non paket dengan isi yang sama harganya Rp 17 ribu. Berikutnya ada paket menu ayam putih berupa ayam putih/potong, nasi, sambal, lalapan dan kremes dengan harga satu porsi Rp 10,5ribu.

Sedang  menu ayam putih yang non paket dengan isi sama harganya Rp 13,5 ribu. Selain itu juga ada menu ayam utuh atau ingkung dipatok harga Rp 65 ribu saja. Untuk minumannya, selain minuman standar juga disediakan menu es krim. Penggunaan ayam merah sebagai menu makanan dari ayam sebenarnya cukup jarang dilakukan pelaku usaha warung makan dengan menu utama ayam. Alasannya, tekstur daging ayam merah yang kenyal cenderung a lot seperti ayam kampung.

ayam-bakar-bledhek

Ayam bakar Bledhek. (Soloraya.com)

Namun juru masak di warung makan Ayam Bledhek Hj Boe Hadi ini mampu menjadikan daging ayam merah yang kenyal-a lot jadi daging yang empuk dan bumbu yang harum. Rahasia memasak daging ayam merah yang kenyal alot jadi empuk?  Nasution mengaku tidak ada rahasia khusus. Hanya menggunakan bumbu kualitas bagus dari Kalasan.

Sedang cara masaknya koki andalan Ayam Bledhek, maka daging ayamnyanya menjadi empuk dan harum berbumbu dengan kayu bakar. Jika biasanya memasak daging ayam menggunakan pengawet, maka di warung ini diganti dengan cara mengolah daging yang baik dan benar. Bagaimana caranya? “Salah satunya dengan memasak ayam dengan api kecil selama 8 jam agar bumbu merasuk dan matang sempurna.” kata Nasution.

Warung makan Ayam Bledhek Hj Boe Hadi saat ini ada di tiga lokasi. Pertama di di depan BRI Jumantono, Kecamatan Jumantono, Karanganyar. Lokasi kedua di barat Masjid Agung Jumapolo, Kecamatan Jumapolo, Karanganyar. Lokasi ketiga berada di kecamatan Karangpandan, tepatnya di Bangsri, pinggir jalan raya Solo – Tawangmangu. Menurut  Nasution, warung makan Ayam Bledhek diawali dari di warung makan kecil di Jumantono.

ayam-bledhek

Menu aAyam bledhek

Awalnya menyajikan menu sederhana yang khas yakni ayam goreng dengan sambel bledhek yang terasa mentah dengan rasa pedas yang nikmat.  Lama kelamaan, respon yang didapat dari pengunjung cukup bagus lalu mulai dibuka cabang warung Ayam Bledhek di Jumapolo dan Karangpandan.

Setiap hari, dari tiga warung Ayam Bledhek Hj Boe Hadi ini menghabiskan sekitar sekitar 500 ekor ayam. Pengunjung warung makan Ayam Bledhek Hj Boe Hadi ada yang datang dari Karanganyar juga luar Karanganyar. Pengunjung dari luar Karanganyar seringnya datang dari Jogja, Solo, Semarang serta beberapa daerah di Jawa Timur yang sedang menikmati liburan di Tawangmangu atau kebun teh Kemuning.

Sementara pelanggan lokal berasal dari instansi pemerintah dan swasta, selain juga komunitas olahraga, juga otomotif. Haryanto, salah satu pembeli ayam Bledhek Hj Boe Hadi mengatakan Ayam Bledhek memiliki  rasa yang enak dan empuk. Untuk harganya relatif terjangkau, Haryanto mengaku sebagai pelanggan ayam bledhek ingkung sebagai oleh-oleh. Ia mengaku ayam Bledhek ingkung memiliki rasa enak dan khas.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: