Mie setan, mie ayam dan bakso dengan level pedas tertinggi 60 cabe

Ada franchise jenis minuman dari Kediri yang keberadaannya cukup populer di Soloraya yaitu es Buto Ijo. Nah, untuk jenis makanan, ada pula franchise dari Kediri yang sudah masuk ke Soloraya, namanya mie setan Mbak Ning.

Mie setan Mbak Ning yang ada di Soloraya berada di dekat kampus IV Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang ada di kawasan Kartasura, Sukoharjo. Keberadaan mie setan ini menyasar segmen pasar anak muda terutama kalangan mahasiswa.

Mie setan menjadi salah satu makanan yang diikut sertakan dalam gelaran Hello Food Fest #4 bertajuk “Food Camp” di front centro, Paragon Mall, Solo padaRabu-Minggu (19-23/10).Selain mie setan, juga di-festival-kan, mie zombie yangjuga dibuat di mie setan Mbak Ning.

Perbedaan antara mie setan dan mie zombie ada pada cara memasak mie-nya. Mie setan dimasak seperti halnya cara memasak miea yam itu, dimasak dulu lalu ditiris. Kalau mie zombie, dimasak kemudian digoreng.

mie-setan

Mie Setan. 

Mengingat mie zombie menggunakan mie goreng, tentu rasanya juga akan berbeda dengan mie setan yang ditiris. Persamaan antara mie setan dan mi zombie ada pada isinya yang kurang lebih sama yaitu irisan daging ayam,daging bakso, mie, selada, seledri, potongan tomat, sawi, dan kerupuk tepung.

Persamaan antara mie setan dan mie zombie juga ada pada penggunaan sambalnya yang memiliki lima level pedas. Cabe yang digunakan tidak hanya cabe rawit tapi jenis cabe yang lain, dicampur jadi satu, digiling sehingga jadi adonan cabe.

Menurut pengakuan penjaga stand miesetan di gelaran Hello Food Fest #4, untuk level pedas pertama menggunakan sembilan cabe. Sedang untuk level paling tinggi atau level 5 menggunakan 60 cabe.

img_20161019_112944

Stand mie setan di Hello Food Fest #4. (Soloraya.com)

Mengenai harganya, walau beda cara masaknya, namun harga mie setan dan mie zombie sama saja yaitu Rp 15.000,00 untuk satu porsinya. “Yang favorit untuk mie setan level pedasnya biasanya levelnya 3 cabenya 30. Kalau yang mie zombie biasanya level 4,” kata penjaga stand mie setan.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: