Air terjun Jurug Kemukus, tempat wisata air terjun paling baru di Wonogiri

Selain tempat wisata pantai, Wonogiri memiliki tempat wisata air terjun. Salah satu tempat wisata air terjun di Wonogiri berada di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri.  Tempat wisata air terjun yang berada di Kecamatan Karangtengah ini dinamai air terjun Jurug Kemukus.

Di sebut air terjun Jurug Kemukus Branjang Sewu karena air terjun pada tingkat paling atas selalu diselimuti kabut uap air menyerupai kukusan. Karena berada di Kecamatan Karangtengah, bisa dibilang lokasi obyek wisata air terjun Jurug Kemukus ini berada di wilayah Wonogiri timur.

Lokasi obyek wisata air terjun ini berada di tengah hutan yang ada di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo. Air terjun Jurug Kemukus memiliki ketinggian lebih dari 80 meter. Melihat air terjun Jurug Kemukus dari dekat, bisa dikatakan, air terjun ini memiliki tiga “tingkat ketinggian”.

Tingkat paling atas dari air terjun Jurug Kemukus ini mencapai ketinggian sekitar 30 meter. Di bawahnya ada dua air terjun masing-masing tingginya sekitar 40 meter. Air terjun tingkat pertama diapit tebing bebatuan yang tinggi serta terjal. Di titik ini, angin yang membawa uap air berembus kencang menembus celah tebing.

Demikian juga dengan air terjun ke dua dan ke tiga juga diapit tebing batu. Di bawah air terjun ini,  banyak batu-batu besar yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan alam. Jika dari arah Kecamatan Baturetno, air terjun Jurug Kemukus yang berada di Karangtengah ini berjarak sekitar 18 kilometer kearah timur.

Saat sudah berada di Kecamatan Karangtengah, perjalanan berlanjut ke arah timur hingga tujuh kilometer ke arah Dusun Ngampel. Setelah sampai di Dusun Ngampel, pengunjung yang membawa kendaraan roda empat harus turun dari kendaraan dan mulai berjalan kaki.

mas-joko-jpg

Air tejrun Jurug Kemukus. (Soloraya.com)

Sedang pengunjung yang menggunakan roda dua dan  berani menghadapi jalan yang terjal bisa  mengendarai kendaraannya  berjalan kaki menelusuri jalan setapak menuju lokasi paling dekat dengan air terjun. Jarak jalan setapak menuju kaki air terjun sekitar satu kilometer.

Perlu usaha keras untuk mencapai air terjun yang paling bawah. Sesampai di dasar air terjun Jurus Kemukus, rasa lelah akan terbayar saat menyaksikan keindahan air terjun tiga tingkat tersebut. Di titik ini, pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk serta keindahan alam yang membuat pengunjung berlama-lama di bebatuan sungai.

Namun menurut Sularso, warga Desa Purwoharjo, keindahan alam di air terjun tingkat pertama jauh lebih luar biasa ketimbang yang ada di bawah. Tentu saja ucapan Sularso tersebut harus dibuktikan. Namun bukan masalah mudah bagi pengunjung untuk bisa berada di tingkat pertama air terjun Jurug Kemukus karena pengunjung harus mendaki tebing bebatuan yang terjal.

Perlu bantuan tali tambang untuk bisa memanjat tebing yang tingginya lebih dari 40 meter. Ketika sudah sampai di ketinggian 40 meter tersebut, pengunjung bisa melihat air terjun Jurus Kemukus yang tingkat pertama. Dari titik pendakian ini, sekaligus juga bisa dilihat air terjun tingkat kedua dan ketiga.

Tidak hanya air terjun tingkat kedua dan ketiga yang bisa dilihat dari air terjun pertama ini, namun juga masih ada air terjun lainnya. Namun pengelola air terjun Jurug Kemukus yang ada di Desa Purwoharjo hingga saat ini masih mencoba untuk fokus pada tiga tingkat dari air terjun tersebut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: