Ayam bakar tusuk, dibuat seperti membuat sate madura

Selain soto Karang, salah satu menu makanan yang juga jadi andalan di warung Soto Karang yang dimiliki Heru Hendryanto adalah ayam bakar tusuk. Proses pembuatan menu yang satu ini cukup unik, seperti memasak sate Madura.

Dijelaskan Heru mengenai pembuatan menu ayam bakar tusuk ini, berbeda dengan memasak ayam bakar yang biasa dilakukan warung makan lainnya. Biasanya, pemilik warung makan sudah  merebus setengah matang ayamnya dengan kecap.

Setelah ada pesanan dari pembeli, lalu dimasak lagi dengan cara dibakar. Namun ayam bakar tusuk ala warung makan soto karang berbeda proses memasaknya. “Bumbu dan cara bakarnya berbeda,” kata Heru kepada Soloraya.com beberapa waktu lalu.

Ayam bakar ala warung makan Soto Karang menggunakan ayam potong.  Jika di warung makan lain, ayam bakarnya melalui proses masak setengah matang terlebih dahulu, maka ayam bakar tusuk  di warung makan yang berada di jalan Lawu 426a, Badranasri, Cangakan, Karanganyar hanya melalui proses masak satu kali saja.

img_20161011_174144

Warung makan Soto Karang. (Soloraya.com)

Itu dilakukan ketika sudah ada pemesanan ayam bakar tusuk dari pembeli. “Jadi seperti sate madura itu. Ada pesanan dulu baru dibakar,” kata Heru. Nah, setelah ada pemesanan ayam bakar tusuk, lalu ayam bakar tusuk itu dicelupkan kedalam adonan bumbu baru kemudian dibakar.

Pembakaran ayam bakar ini menggunakan arang pada tempat masak. Untuk mematangkan ayam bakar tusuk ini menggunakan kipas. Heru menyebut proses memasak ayam bakar tusuk ini dengan cara tradisional.

“Orang tidak tahu mengapa menunggu pesanan ayam bakar tusuk disini (warung makan Soto Karang) agak lama karena prosesnya tradisional, pakai arang. Jadi kita tidak sembarangan untuk mendapatkan hasil masakan yang terbaik,” kata Heru.

Terkait bumbu apa yang digunakan untuk memasak ayam bakar tusuk ini, Heru enggan memberi penjelasan. Demikian juga dengan lama proses membakar dari ayam bakar tusuk ini, Heru hanya menjawab, “Lumayan lama.”

Heru berpandangan memasak ayam bakar hanya satu kali masak dengan dua kali proses masak berbeda. “Kalau dibakar sebentar nanti dibakar lagi, saya memaknainya beda. Jadi kalau disini (warung makan Sate Karang) ngga boleh dibakar dulu,” kata Heru.

ayam-bakar-tusuk

Ayam bakar tusuk ala warung Soto Karang. (Soloraya.com)

Di warung makan Soto Karang ini,pembeli bisa membeli  khusus ayam bakar tusuk  harganya Rp 12.000,00. Selain itu juga ada menu paket senopati yang berisi nasi, ayam potong, lalapan serta sambal dengan harga Rp 14.000,00. Jika ditambah dengan teh manis atau es teh ditambah Rp 3.000,00. Jika ditambah jeruk panas atau es jeruk bertambah Rp 4.000,00.

Anda tertarik menikmati menu ayam bakar tusuk dengan cara memasak yang tradisional, sesekali bisa mencoba menu ayam bakar tusuk ala warung Soto Karang yang ada persis di seberang jalan Alun-Alun Karanganyar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: