Salome, makanan tradisional nomer satu di Taman Pancasila Karanganyar

Jika ada pertanyaan makanan apa yang paling popular di tempat wisata keluarga Taman Pancasila Karanganyar? Jawabannya sudah bisa diduga, salome. Jika cuaca mendukung untuk jualan, penggemar salome akan melakukan “penyerbuan” terhadap penjual salome.

Soloraya.com melihat sendiri pembeli salome hilir mudik silih berganti membeli salome kepada sejumlah pedagang salome di Taman Pancasila yang menggunakan stand dagang yang disediakan Pemkab Karanganyar.

Tak heran memang jika salome menjadi kuliner favorit pengunjung Taman Pancasila dari segala umur. Alasannya dua hal. Pertama murah, kedua enak.

Harga satu porsi salome yang berisi sekitar sepuluh cilok ukuran kecil, beberapa tahu isi cilok serta bakwan ukuran kecil cukup Rp 2.000,00 saja. Jika pembeli  membeli Rp 5.000,00 bisa mendapatkan satu salome ukuran besar berisi teluh puyuh plus sejumlah cilok kecil, beberapa tahu isi cilok dan bakwan.

Harga super murah itu sudah tentu memuaskan pembeli. Tambah memuaskan lagi setelah salome itu sudah ada didalam mulut. Rasa kenyal cilok dan lembut telur puyuh serta gurihnya bakwan yang tinggal dipilih mana dulu untuk dimakan, sungguh menimbulkan sensasi luar biasa bagi penyuka salome.

salome

Jual beli makanan tradisional Salome di Taman Pancasila Karanganyar.(Soloraya.com)

Penjual salome juga tidak lupa menghadirkan saos pedas diatas menu salome itu. Mengoleskan salome, tahu isicilok dan bakwan kecil satu per satu ke saos jelas menjadi aktifitas makan salome yang mengasyikan dan tentu saja menyenangkan hati.

Pembeli salome makan dengan lahapnya salome meski pada saat Soloraya.com melakukan reportase di lokasi para penjual salome sedang terjadi hujan, Rabu (5/10).

Sejumlah pedagang salome ini mulai menjajakan salome mereka dari pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB jika situasi tidak turun hujan. Tapi, seperti sudah ditulis diatas, pada saat situasi hujan pun, mereka masih bisa menangguk pembeli.

Bagi pembeli, tentu tak ada ruginya membeli salome Rp 2000,00 sambil berteduh di stand jualan para penjual salome ini. Sudah tidak terkena hujan, bisa menikmati kenyal pedasnya salome.Sungguh menyenangkan.

Seperti yang sudah ditulis diatas juga, salome yang dijual oleh sejumlah penjual di Taman Pancasila Karanganyar terdiri dari tiga menu yaitu cilok, tahu isi adonan cilok matang, serta bakwan berukuran mini.

salome_

Makanan tradisional Salome. (Soloraya.com)

Namun ada pula penjual salome di tempat ini yang tidak menggunakan bakwan mini. Ukuran butiran cilok yang dijual ada dua ukuran yaitu kecil dan besar. Ukuran yang besar berisi satu telur puyuh.Cilok terbuat dari tepung terigu dan teping kanji. Sementara bakwan dibuat dengan menggunakan bahan tepung terigu, bawang putih, daun bawang, merica, serta ketumbar. Anda penikmat kuliner murah dan enak di Soloraya, pastikan salome menjadi pilihan utama.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: