Gabungan durian dan ketan ini cita rasanya begitu lezat

Bagaimana cara membuat durian sticky rice ala Queen Bee? Untuk durian yang dipakai, menurut Nancy menggunakan durian yang memang memiliki cita rasa tinggik. Untuk membedakan mana durian yang enak dan tidak enak ada sejumlah cara.

Pertama, dari kejauhan durian sudah terasa menyengat baunya. Saat durian di buka, semerbak bau durian yang kuat tersebut makin kuat setelah durian di belah.  Untuk memasak ketannya, membutuhkan treatment yang berbeda.

Ketan yang akan digunakan untuk mengisi menu durian sticky rain dimasak hingga dua kail. Proses makan ketan yang pertama, ketan yang sudah bersih dikukus selama 30 menit. Setelah itu, ketan diaron (dicampur) dengan santan hingga mengeluarkan minyak dan kembali dikukus selama satu jam.

“Untuk ketan durian ini, setelah dimasak lalu didiamkan selama lima jam.  Kalau ngga seperti ituk, durian jadi tidak terasa,” terang Nancy.

duriandurian

Durian sticky rice. (Soloraya.com)

Satu porsi durian sticky rice ini harganya Rp 20.000,00. Menurut Nancy, harga durian sticky rice relatif lebih mahal ketimbang dessert dengan bahan ketan lainnya seperti mango sticky rice yang harganya Rp 17.500,00.

“Karena pengolahan durian sticky rice yang relatif lebih sulit dari mango sticky rice. Jadi harganya memang lebih mahal,” kata Nancy kepada soloraya.com, Kamis (29/9).

Durian sticky rice di warung Queens Bee spesial dessert termasuk dessert most wanted. Dalam satu Minggu, durian sticky rice bisa dipesan 300 porsi hanya untuk keluar kota saja seperti ke Batam, bahkan keluar negeri yaitu Singapura.

Rahasia pengiriman masakan ketan ini agar tidak rusak atau basi ada pada proses memasak ketan yang memang harus benar-benar matang. Sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kecuali untuk santannya. Memang harus disimpan di lemari es dulu agar tidak rusak.

Perihal rasa, durian sticky rice menggabungkan rasa durian yang lezat, serta ketan yang enak. Kombinasi durian, ketan dan saos santan membuat cita rasa lezat dan lumer.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: