Lima wahana wisata keluarga Agrowisata Sondokoro

Selain sebagai obyek wisata edukasi-sejarah mengenai sejarah pabrik gula (PG) Tasikmadu, agrowisata Sondokoro juga merupakan tempat wisata keluarga yang populer di Karanganyar.

Berbagai jenis wahana wisata berada di tempat wisata yang ada di PG Tasikmadu.

Lokasi di lingkungan sekitar pabrik yang sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata mendorong PTP Nusantara IX  menjadikan PG Tasikmadu pada tahun 2006 sebagai kawasan wisata yang diberi nama agrowisata Sondokoro.

Ada beragamwahana wisata keluarga di agrowisata Sondokoro ini yang keberadaannya menarik perhatian pengunjung: Berikut lima wahana wisata yang ada di agrowisata Sondokoro.

1.Wahana wisata air:

Agrowisata Sondokoro memiliki wahana wisata air yang berisi cukup banyak fasilitas seperti waterboom, air mancur, air cerdas, kolam renang, perahu naga. Untuk menikmati fasilitas wahana wisata air ini pengunjung bisa membayar tiket masuk.

Untuk menikmati waterboom misalnya, pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000,00. Perahu naga harganya Rp 10 ribu, air mancur, Rp 5000,00.

perahu-naga

Perahu naga. (Soloraya.com

2. Wahana edukasi

Agrowisata Sondokoro memiliki wahana wisata edukasi mengenai sejarah dengan keberadaan pabrik gula (PG) Tasikmadu yang masih berdiri dengan bagus meski sudah berdiri sejak 1871 atau lebih dari 140 tahun lampau.

Selain bangunan pabrik, di kawasan agrowisata juga dipamerkan instalasi mesin penggilingan tebu yang digunakan mulai tahun 1926 yang dipamerkan pada museum mesin giling.

Selain itu juga ada sejumlah peninggalan Mangkunegoro IV, raja Mangkunegaran yang mendirikan PG Tasikmadu, sekitar pertengahan tahun 1870an.

Peninggalan Mangkunegara IV yang dipamerkan kepada pengunjung Agrowisata Sondokoro adalah kereta pengantin milik Mangkunegaran, gerbong dan  bendi  buatan tahubn 1874 dan 1875 serta lokomotive ‘Done’ yang dibuat pada tahun 1850.

lokomotive-doon

Lokomotive ‘Doon’. (Soloraya.com)  

3. Wahana wisata petualangan

Wahana ini berisi fasilitas flying fox, rumah pohon, jembatan,dll yang tiket masuknya Rp. 5000,00. Wahana wisata adventure ini cukup di senangi kalangan anak-anak dan remaja yang memenuhi wahana pada hari libur.

Selain itu, anak-anak juga bisa bermain motor mini elektrik di sekitar locomotive ‘Doon’ yang berada tidak jauh dari pintu masuk agrowisata

jembatan

Wahana petualangan. (Soloraya.com)

4, Wahana wisata satwa

Di Agrowisata Sondokoro juga memiliki beberapa satwa langka yang berada didalam kandang besi seperti ayam, burung, hingga kera. Satwa ini ditempatkan didekat museum mesin giling dan air mancur.

Sementara kera berada di tengah-tengah taman hijau di sebelah barat agak jauh dari panggung hiburan. Sejumlah satwa juga ditempatkan di kandang disisi selatan pintu masuk waterboom.

satwa

Wahana satwa. (Soloraya.com)

5. Wahana kereta api 

Di agrowisata Sondokoro keberadaan kereta dianggap penting oleh pengelola. Pengelola menjalankan empat kereta api sekaligus dengan dua diantaranya adalah sepoor klasik, sepoor teboe, sepoor sakarosa kereta kelinci.

Jika sepoor teboe menggunakan rel tidak sampai area dekat pabrik, maka sepor sakarosa dengan gerbong yang lebih banyak berjalan hingga mendekati area pabrik. Sedang kereta kelinci menyatu dengan taman yang berada di barat panggung hiburan.

kereta-klasik

Kereta Sakarosa menjadi perhatian pengunjung. (Soloraya.com)

Agrowisata Sondokoro juga didominai taman dengan rerumputan menghijau serta pohon-pohon yang usianya mencapai ratusan ribu tahun.

Dengan fasilitas bangku taman dan sejumlah fasilitas bermain anak-anak seperti kereta kelinci, ayunan, rumah balon, kora-kora serta makanan dan minuman yang dijajakan pedagang,  taman di agrowisata Sondokoro sangat menyenangkan untuk dinikmati keberadaannya.

Di agrowisata Sondokoro ini juga disediakan fasilitas restoran, homestay, juga audio visual mengenai sejarah PG Tasikmadu. Bagi wisatawan yang ingin membeli souvenir, bisa mendatagi stand souvenir yang berada di sisi utara pintu masuk waterboom.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: