Rica-rica ayam sudah umum, coba ganti dengan rica-rica kerang laut

Jika rica-rica dengan bahan daging sudah sangat populer sebagai kuliner favorit, bagaimana dengan rica-rica kerang. Nah, itulah yang dilakukan Taufik Hidayat, warga Gondangrejo, Karanganyar yang  sudah dua tahun ini berjualan rica-rica kerang laut.

Di temui Soloraya.com pada Sabtu (10/9), Taufik Hidayat sedang menjajakan  rica-rica kerang laut yang ia klaim mengandung protein tinggi seperti yang ia tulis pada kain lapaknya yang berupa kendaraan roda dua jenis bebek.

Taufik menjajakan rica-rica kerang laut setelah sebelumnya bekerja sebagai TKI di Malaysia. Rica-rica kerang laut yang dijajakan Taufik sebenarnya hasil masakan istrinya di rumah yang diakui Taufik pintar memasak rica-rica.

Dengan mendapatkan bahan kerang dari kakak iparnya, maka sejak hampir dua tahun lalu, Taufik bergelut dengan rica-rica kerang laut yang dibuatnya memiliki dua rasa berbeda yaitu pedas manis dan pedas-asam.

rica-rica-kerang-laut

Rica-rica kerang laut  (kanan) dan kerang dara (kiri). (Soloraya.com)

Lalu bagaimana rica-rica kerang laut ini dibuat? Taufik menjelaskan, cara memasak rica-rica kerang laut sama dengan cara memasak rica-rica dengan bahan lainnya. Yaitu membuat masakan rica-rica terlebih dahulu.

Sementara untuk kerang lautnya sendiri, oleh istri Taufik dimasak hingga dua kali. Di masak pertama untuk mematangkan kerang lautnya. Sedang pada proses masak kedua, kerang laut sudah diberi lumeran masakan rica-rica.

Masakan rica-rica biasa dibuat dengan menggunakan rempah-rempah serta dan bumbu-bumbu lokal seperti bawang merah, bawang putih.

Taufik menyajikan rica-rica kerang laut ini dengan menbungkusnya dengan plastic ukuran sedang. Untuk satu bungkus plastik itu berisi enam kerang laut yang sudah berlumeran rica-rica. Satu bungkus rica-rica kerang ala Taufik Hidayat ini dijual dengan harga Rp 5.000,00.

Selain menjual rica-rica kerang laut, Taufik juga menyandingkannya dengan masakan kerang dara yang dimasak dengan kombinasi masakan rica-rica.

Setiap hari Taufik Hidayat mangkal di pinggir Alun-alun Utara sisi pojok utara sejak pukul 16.00 WIB hingga malan hari.

rica-rica-kerang-laut_

Lapak rica rica kerang laut Taufik Hidayat. (Soloraya.com)

Jika sudah sering menikmati rica-rica daging ayam atau daging lainnya, maka rica-rica kerang laut bisa menjadi pilihan berikutnya bagi pecinta makanan rica-rica.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: