Jika Malang ada wedang Angsle, Solo punya wedang Asle

Jika di Jawa Timur ada wedang Aangsle, maka di Solo ada wedang Asle. Cukup mirip bukan namanya? Perbedaan wedang Angsle dengan wedang asle tentu saja ada pada bahannya.

Jika wedang Angsle menggunakan kacang hijau, maka wedang Asle menggunakan nasi ketan. Demikian keterangan Mbak Nana, pedagang wedang Asle di Alun-alun Karanganyar kepada Soloraya.com pada Sabtu (10/9) sore.

Wedang Asle khas Solo dari Mbak Nana  menyajikan kombinasi agar-agar, roti, santan, serta nasi ketan yang dalam mangkuk berukuran sedang.

Khusus untuk agar-agar, santan dan nasi ketan, Mbak Nana rebus dulu hingga matang.  Sedang roti ia beli dari toko serba ada. Wedang Asle ala Mbak Nana ini dijual Rp 5 ribu untuk satu mangkok.

wedangan-asle

wedangan-asle

Pembeli bisa memilih dua macam sajian wedang Asle ini, disajikan hangat/panas atau didalam keadaan dingin. “Tapi kebanyakan pembeli memilih yang hangat,” kata Mbak Nana yang sudah berjualan wedang Asle sejak duatahun lalu.

Untuk rasa wedang Asle sendiri, tidak ada dari rasa bahan-bahan untuk membuat wedang Asle ini yang mendominasi. Bila menggunakan alasan subyektif, keberadaan nasi ketan pada wedang asle lebih enak jika disajikan secara hangat.

Penyajian wedang asle secara dingin mengingatkan orang pada es dawet dengan rasa nasi ketan yang sedikit hilang karena air wedang asle yang berubah jadi dingin.

wedangan-asle_

bahan wedangan Asle: Agar-agar, roti, ketan. (Soloraya.com)

Sebagai teman menikmati suasana sore Alun-alun Karanganyar yang menyenangkan, menikmati wedang asle hangat tentu menjadi pilihan yang tidak salah untuk di coba.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: