Es gempol, saudara es dawet dengan sensasi rasa nasi

Keberadaan es dawet sebagai salah satu kuliner minuman sudah sangat populer. Lalu bagaimana dengan es gempol? Minuman es yang satu ini barangkali tidak sepopuler es dawet. Keberadaan es gempol sebenarnya begitu dekat dengan es dawet.

Lalu seperti apa minuman es gempol itu? Jika es dawet menggunakan cendol, maka es gempol mengganti keberadaan cendol dengan gempol. Apa itu gempol? Gempol adalah bulatan nasi yang sudah dimasak.

Gempol ini berasa kenyal dan pulen. Agar jadi pulen dan kenyal, mendekati bentuk gendar yang juga terbuat dari nasi namun diberi bang. Gempol ini harus melalui proses pengukusan terlebih dahulu agar bisa kenyal dan pulen.

Selain gempol, es gempol terdiri dari sejumlah bahan seperti pleret atau kenyal tepung dari beras merah yang dimasak,adonan tepung kenyal, Cairan pemanis gula Jawa, cendol sert telasih. Semua bahan ini di masak hingga matang.

Es gempol disajikan bisa pada media seperti gelas plastik, bisa juga mangkok. Dengan satu porsi es gempol yang harganya Rp 8.000,00 –pada saat mengikuti event pameran- pecinta es dawet dapat merasakan sensasi gempol saat menikmati es gempol yang berasa kenyal.

es-gempol_

Wujud gempol. (Soloraya.com)

Rasa es dawet yang segar tentu saja tidak akan hilang karena selain menggunakan gempol, es gempol menggunakan bahan untuk minuman es dawet.

Soloraya.com menemui pelaku kuliner minuman es gempol bernama Lia di Festival Icip-icip Kuliner di sebuah plaza di kawasan Palur, pada Kamis (8/9).

es-gempol

Es gempol. (Soloraya.com)

Es gempol Elisabet begitu nama yang dipasang pada stand kuliner yang dijaga Mbak Lia pada festival kuliner tersebut. Anda pecinta es dawet yang menginginkan sensasi rasa yang berbeda dari es dawet dalam rasa es gempol, bisa menikmati es gempol Elisabet yang biasa membuka lapak di depan Orion Solo tiap siang hingga sore hari.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: